Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Cara Alami Merawat Kulit Wajah Berjerawat

Leni Fauziah

Cara merawat kulit berjerawat - Kulit berminyak dan berjerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi kepada siapa saja, terutama mereka yang masih berusia remaja, atau masa puber. Namun walaupun masalah yang umum terjadi, kulit berminyak dan berjerawat sangatlah mengganggung, selain membuat wajah nyaman, kulit berminyak dan berjerawat membuat kita menjadi tidak percaya diri. Penampilan tidak bisa sempurna karena kulit wajah yang berminyak dan berjerawat.

Kulit berminyak dan berjerawat disebabkan oleh banyak hal diantaranya produksi hormon yang tidak seimbang, salah pilih kosmetik, makanan-makanan yang banyak mengandung lemak, atau karena gen yang diturunkan oleh orang tuanya.Walaupun demikian, bukan berarti kulit berminyak dan jerawat tidak bisa di atasi, anda bisa mengatasi masalah kulit ini dengan menggunakan berbagai prosuk kecantikan, namun jika anda tidak ingin ambil resiko anda juga dapat melakukan perawatan sengan cara yang alami.

Berbicara tentang masalah kulit berminyak dan berjerawat, kali ini kami akan memberikan cara efektif untuk merawat kulit wajah yang berminyak dan berjerawat. Berikut cara alami merawat kulit wajah berjerawat dan berminyak.
Cara Alami Merawat Kulit Wajah Berjerawat
Cara merawat kulit berjawat

1. Rajin mencuci wajah
Untuk menghindari wajah yang berminyak, anda harus rajin mencuci wajah. Jika wajah sudah tak lagi berminyak, jerawatpun tidak akan muncul. Oleh sebab itu diwajibkan bagi anda untuk mencuci wajah minimal 2 kali sehari menggunakan sabun khusus wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda. Atau anda juga bisa mencuci wajah setiap selesai beraktivitas, namun cukup 2 kali saja dalam sehari dalam penggunaan sabun khusus wajah, penggunaan sabun yang berlebih dapat membuat kulit terkikis dan berbahaya jika kulit terkena paparan sinar matahari.

2. Masker mentimun

Mentimun yang selama ini kita angga sebagai makanan lalapan ternyata memiliki khasiat ampuh untuk mengurangi produksi minyak dan yang pasti dapat mencegah jerawat. Mentimun mengandung zat astringent yang bisa digunakan untuk mengurangi minyak pada kulit wajah. Untuk penggunaannya ada dua cara yang pertama yaitu anda potong tipis-tipis mentimun kemudian anda tempelkan pada kulit wajah anda dan diamkan beberapa menit hingga meresap. Yang kedua yaitu dengan cara melembutkan mentimun dengan cara diblender hingga menjadi bubur. Kemudian anda oleskan pada kulit wajah sampai merata, diamkan beberapa menit baru anda basuh dengan air dingin. Kulit wajah akan menjadi segar dan produksi minyak akan berkurang, jerawatpun akan hilang.

Baca juga : Manfaat masker mentimun 

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin c dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Jeruk nipis memiliki khasiat untuk kulit yang sudah banyak dibuktikan para wanita, bahkan sudah banyak para wanita yang mengganti produk kecantikan mereka dengan jeruk nipis karena alami dan tanpa efek samping. Jeruk nipis selain dapat mengurangi produksi minyak dan mengatasi masalah jerawat, jeruk nipis juga dapat membuat kulit menjadil lebih kencang dan awet muda. Untuk penggunaannya sendiri anda bisa menjadikan jeruk nipis sebagai masker wajah. Sama dengan halnya mentimun, untuk penggunaan jeruk nipis ada 2 cara yaitu yang pertama dengan memotong jeruk nipis menjadi tipis kemudian anda tempelkan pada kulit wajah. Anda juga bisa mencampurkannya dengan putih telur, diamkan beberapa menit baru anda basuh dengan air hingga bersih. Untuk cara kedua, anda ambil air jeruk nipis dengan cara diperas, oleskan air perasan jeruk nipis tersebut pada wajah secara merata, diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian basuh dengan air dingin. Dengan demikian anda akan merasakan perbedaan pada kulit wajah anda.

4. Air mawar

Air mawar juga dapat dijadikan cara untuk merawat kulit wajah berjerawat. Cucilah wajah anda dengan air rendaman air mawar setiap hari pada pagi hari, maka anda akan terbebas dari masalah kulit berminyak dan berjerawat. Kandungan Astrigent yang terdapat pada mawar dapat mengurangi produksi minyak di kulit wajah.

5.Tomat, dan kentang

Anda bisa menggunakan tomat atau kentang untuk mengatasi masalah kulit berjerawat. Iris tipis-tipis salah satu dari keduanya, kemudian anda kemudian usapkan pada kulit wajah sebelum anda tidur. Namun sebelumnya wajah anda harus sudah anda bersihkan terlebih dahulu. Setelah anda oleskan anda diamkan hingga pagi hari, dipagi hari anda basuh dengan air hangat, setelah itu basuh kembali dengan air dingin agar pori-pori kulit kembali menutup.

Baca juga : Manfaat masker tomat dan cara membuatnya

6. Putih telur

Putih telur selain dapat membuat wajah menjadi lebih cerah dan kencang, putih telur juga mampu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Caranya yaitu menjadikan putih telur sebagai masker wajah. Pisahkan putih telur dengan kuning telur, kocok putih telur hingga berbusa, kemudian anda oleskan pada kulit wajah anda secara merata, diamkan beberapa menit hingga kering, baru anda bersihkan dengan air hangat.

7. Menggunakan masker pepaya

Pastikan anda menggunakan pepaya yang sudah matang. Blender pepaya hingga lembut kemudian anda gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 1 jam, baru anda bersihkan dengan air hingga bersih. Kandungan pepain yang terdapat pada pepaya dapat mengontrol produksi minyak di wajah, selain itu juga dapat membantu mengurangi peradangan. Anda bisa rutin menggunakan pepaya sebagai masker wajah, karena selain jerawta yang hilang, kulit wajah akan menjadi lebih halus dan cerah.

Demikianlah cara merawat kulit yang berjerawat. Selain anda melakukan perawatan diatas, anda juga perlu menghindari berbagai hal yang dapat menyebabkan wajah berminyak dan berjerawat, anda perlu menghindari atau setidaknya mengurangi makanan yang berlemak dan gorengan, karena kedua makanan tersebut dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit, akibatnya jerawatpun akan muncul. Anda juag bisa membaca artikel penyebab jerawat dan cara mengatasi jerawat dalam satu malam.