Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Manfaat Masker Mentimun dan cara Membuatnya

Manfaat masker mentimun dan cara membuatnya - Mentimun adalah salah satu buah yang dihasilkan dari tanaman jenis suku labu-labuan. Untuk kesehatan, mentimun memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menurunkan darah tinggi.

Mentimun banyak dipilih karena mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dan jug kecantikan. Kandungan didalam mentimun diantaranya, Vitamin A, B, dan C, magnesium, kalium, silika, dan mangan. Kandungan yang dimiliki timun sangatlah membantu dalam menyembuhkan dan merawat tubuh dari berbagai macam gangguan.

Kandungan air yang melimpah dalam mentimun juga dapat memberikan efek menyegarkan, melembutkan, dan menyejukkan bagi tubuh. Selain itu  semua, masih banyak lagi manfaat yang bisa diambil dari buah yang satu ini.Salah satunya adalah untuk kecantikan, yaitu sebagai masker. Berikut ini beberapa manfaat masker mentimun dan cara membuatnya:

Manfaat Masker Mentimun dan cara Membuatnya
Manfaat Masker Mentimun dan cara Membuatnya

Manfaat masker mentimun

1. Mentimun bisa meremajakan kulit

Mentimun adalah salah satu buah alami yang dapat dimanfaatkan untuk meremajakan kulit. Kandungan air yang melimpah dalam mentimun, mampu membuat kulit anda tampak lebih lembut, halus, dan juga tetap terjaga kelembapannya.

Baca juga : Manfaat masker tomat

2. Mentimun dapat mengurangi bintik hitam

Kulit yang terdapat bintik hitam akibat sinar matahari, tentu akan membuta penampilan menjadi kurang maksimal. Dengan menggunakan mentimun yang diparut, anda bisa mengurangi bintik-bintik hiam tersebut dengan cara dioleskan pada kulit anda secara merata.

3. Mentimun dapat mengurangi lingkaran hitam pada mata

Lingkaran hitam atau bisa disebut dengan mata panda, akan terlihat sangat tidak nyaman saat berpenampilan. Kandungan antioksidan pada mentimun juga mampu mengurangi dan bahkan menhilangkan secara perlahan lingkaran hitam yang terdapat dibagian sekitar mata. Gunakan secara teratur untuk hasil maksimal.

Baca juga : Cara alami mengatasi kerutan dibawah mata

4. Mentimun berkhasiat untuk mengencangkan pori-pori yang terbuka

Mentimun memiliki khasiat sebagai toner yang sangat baik bagi kulit. Anda bisa memanfaatkan mentimun dengan mencampurkan sari cuka apel, perasan lemon, putih telur, sari lidah buaya, dan tomat untuk menutupi atau menyamarkan pori-pori yang besar. Selain itu, mentimun juga bisa membuat pori-pori semakin mengecil secara perlahan.

5. Mentimun dapat mengurangi bengkak pada kantung mata

Kandungan asam askorbat dalam mentimun mampu mengatasi masalah mata yang membengkak. Dapat mengurangi retensi air akibat mata yang bengkak. Dengan memanfaatkan mentimun, anda bisa dengan mudah mengatasi masalah mata membengkak secara perlahan.

Baca juga : Manfaat masker madu

6. Mentimun berkhasiat untuk perawatan sunburn atau terbakar matahari

Ketika anda berada dibawah terik matahari yang terlalu lama, tentu kulit anda akan semakin terbakar. Untuk mengatasi masalah kulit yang terbakar akibat sengatan terik matahari, anda bisa menggunakan mentimun untuk perawatan. Mentimun memiliki khasiat yang dapat mendinginkan kulit. Mentimun dapat membuat kulit lebih sejuk, lembut, lembab, dan segar.

Cara membuat masker mentimun

Setelah anda mengetahui manfaat dari masker mentimun, anda bisa langsung mempraktikkan cara pembuatan maskernya. Cara pembuatannya cukup mudah dan tidaklah rumit. Anda pun tidak membutuhkan waktu yang lama untuk meraciknya. Berikut cara atau langkah-langkahnya:
1. Siapkan mentimun yang sudah matang sebanyak 1-2 buah dan air jeruk nipis dan putih telur
2. Cuci bersih mentimun  untuk menghilangkan kotoran
3. Blender mentimun yang telah dicuci hingga benar-benar halus
4. Saring jus mentimun dan buang ampasnya
5. Tambahkan perasan air jaruk nipis pada air perasan mentimun, lalu aduk hingga rata
6. Tambahkan sedikit putih telur dan aduk campuran tersebut hingga menjadi seperti pasta
7. Lalu aplikasikan masker tersebut pada kulit anda.

Baca juga : Manfaat masker kentang

Cara menggunakan masker mentimun

Setelah anda selesai membuat masker mentimun, kini saatnya anda mengaplikasikan atau menggunakan masker tersebut pada kulit anda. Untuk cara penggunaannya cukup mudah. Simak berikut ini cara penggunaan atau pengaplikasian masker mentimun:
1. Anda dapat mencuci wajah anda hingga bersih agar terhindar dari kotoran, lalu oleskan masker mentimun yang telah anda buat pada kulit wajah anda. Jangan lupa juga untuk bagian mata bisa dioleskan secara merata. Bagi yang memiliki kantong mata hitam dan tebal, anda bisa mempertebal olesan masker mentimun pada area tersebut.
2. Biarkan masker tersebut meresap kedalam pori-pori kulit wajah. Tunggu hingga 15-20 menit. Jangan dioles apapun sebelum terasa sedikit mengeras atau sekitar 15-20 menit.
3. Bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih, setelah beberapa saat anda bisa membilasnya kembali menggunakan air dingin untuk menutupi pori-pori kulit wajah anda.
4. Bersihkan wajah anda dengan menggunakan lap handuk halus dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan. Jangan pernah anda menggosok kulit wajah anda agar tidak terjadi iritasi atau lecet. Anda bisa menggunakan handuk yang bisa menyerap air dengan baik, jangan menggunakan handuk basah.

Efek samping

Setiap makanan baik itu buah-buahan ataupun sayuran dan juga makanan lainnya tentu memiliki efek samping, baik yang dikonsumsi berlebihan maupun hanya sedikit. Efek samping dari setiap makanan tentu berbeda-beda. Untuk mentimun, berikut ini ada beberapa efek samping dari mentimun:

1. Dapat menyebabkan alergi

Mentimun dapat menyebabkan tubuh anda menjadi alergi, terutama pada rongga mulut yang mengalami gatal dan sedikit pembengkakan. Untuk mencegahnya, anda bisa memasak mentimun terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

2. Dapat menyebabkan masalah gastritis dan gangguan pencernaan

Pada beberapa orang, mentimun juga bisa menyebabkan ganguan pencernaan dan juga gastritis. Hal ini disebabkan karena mentimun mengandung senyawa yang disebut cucurbitacin. Senyawa ini mampu membuat pencernaan bekerja kurang baik atau kurang maksimal.

Baca juga : Manfaat masker pepaya

3. Dapat menyebabkan keracunan dan kebotakan

Mentimun mengandung bahan-bahan kimia tertentu. Jika mentimun dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan akan menyebabkan seseorang menjadi keracunan dan jangka panjang kebotakan. Mungkin keracunan ini tidak terlalu parah dan masih bisa ditangani dengan baik. Untuk menghindari hal ini, anda bisa menghindari mentimun yang berkulit keriput dan rasa yang agak pahit. Itu yang bisa menyebabkan seseorang menjadi keracunan.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat dan cara membuat masker mentimun. Semoga penjelasan diatas membuat anda puas dan bermanfaat. Terimakasih.