Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

10 Cara Ampuh Mengatasi Kebotakan

Leni Fauziah

Cara ampuh mengatasi kebotakan - Kebotakan adalah masalah yang serius bagi semua orang. Kebotakan bisa terjadi karena faktor usia, ya usia yang sudah lanjut menyebabkan kerontokan pada rambut, namun kebotakan juga bisa terjadi pada mereka yang masih diusia muda. Kebotakan menjadi masalah serius karena dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang, terlebih bagi wanita, kebotakan adalah musibah terbesar, karena bagi wanita rambut adalah mahkota sekaligus aset kecantikan yang sangat penting. 

Banyak cara untuk mengatasi masalah rambut rontok atau kebotakan. Mungkin anda juga sudah melakukan banyak hal untuk mengatasi masalah kebotakan yang sedang anda alami tersebut, namun belum juga ada hasil. Tapi anda tak boleh putus asa, masalah kebotakan bisa anda atasi jika anda melakukan cara mengatasi kebotakan secara serius dan benar.

Untuk mengatasi masalah kebotakan, anda perlu tahu terlebih dulu penyebab kebotakan yang sedang anda alami tersebut, sehingga anda bisa menyimpulan dan dapat mengatasi kebotakan dengan benar. Nah sahabat sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengatasi kebotakan, kita cari tahu terlebih dulu penyebab kebotakan.
10 Cara Ampuh Mengatasi Kebotakan
Cara Ampuh Mengatasi Kebotakan

Penyebab utama dari kebotakan

1. Stres

Stres merupakan penyebab utama dari kebotakan. Stres emosional yang berat dapat menyebabkan rambut rontok dan memperburuk masalah rambut, sehingga berakibat pada kebotakan. Jadi tak heran jika banyak manager, profesor atau orang pekerjaanya banyak mikir memiliki kepala botak. Rambut mereka rontok karena terlalu sering mikir dan stres. Nah sahabat jika anda ingi terhindar dari kebotakan, tentu anda juga harus menghindari stres, bersantailah dan berlibur ketikan anda merasa beban pikiran anda terasa berat. Berlibur adalah cara terbaik untuk mengatasi stres.

Baca juga : Dampak buruk stres bagi kesehatan dan kecantikan

2. Gen

Gen juga merupakan faktor penyebab kebotakan. Jika anda memiliki ayah atau ibu yang botak, bukan tidak mungki anda juga akan mengalami kebotakan, hal ini dikarenakan gen yang mereka turunkan kepada anda. Jika memang kebotakan anda disebabkan oleh gen, kemungkinan besar akan sulit untuk diatasi.

3. Usia

Usia yang sudah tidak muda lagi tentu akan membuat kekuatan menurun termasuk kekuatan rambut, akibatnya rambut akan rontok hingga berakitbat kebotakan. Orang yang memiliki usia diatas 50 tahun akan mengalami kerontokan pada rambutnya sehingga mengakibatkan kebotakan.

4. Penyakit

Kebotakan juga bisa terjadi karena penyakit yang anda derita. Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan kerontokan rambut, sebut saja ALS, penyakit pada sel-sel saraf otak dan sumsum tulang belakang yang mengontrol gerakan otot.

5. Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi untuk tubuh dan rambut akan menyebabkan rambut mudah rontok dan juga tidak sehat. Asupan nutrisi selain sangat penting untuk kesehatan tubuh juga untuk kesehatan serta kesuburan rambut. Jika rambut anda kekurangan nutrisi bukan tidak mungkin rambut anda akan rontok, oleh sebab itu cukupilah kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

6. Rokok

Tidak banyak orang yang tahu jika roko juga dapat menyebabkan kebotakan pada rambut anda. Nikotin yang terdapat dalam rokok dapat mempersempit pembuluh darah, hal ini menyebabkan nutrisi yang mengalir kerambut berkurang dan pertumbuhan rambut terhambat, akibatnya rambut mengalami kerontok yang berakhir dengan kebotakan.

7. Alkohol

Sama dengan halnya dengan rokok, alkohol juga tidak baik untuk kesehatan. Alkohol dapat menyebabkan obesitas, kencing manis, kanker hingga serangan jantung, alkohol juga dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, selain itu bagi rambut alkohol dapat menyebabkan kerontokan hingga kebotakan. Alkohol akan menyerap zat besi dan menghambat penyerapan zinc, sehingga rambut kekurangan nutrisi.

8. Obat-obatan

Obat-obatan juga dapat mengakibatkan kerontokan pada rambut. Obat yang memiliki efek kerontokan pada rambut diantaranya adalah obat pengencer darah, obat asam urat, obat komoterapi, terlalu banyak vitamin A, kontrasepsi,  dan obat anti depresi, namun efek obat ini biasanya akan berhenti jika anda menghentikan mengkonsumsi obat ini.

Baca juga : Cara mengatasi rambut kering

Cara mencegah kebotakan

Untuk mencegah kebotakan anda harue mengenali terlebih dulu tentang keadaan rambut anda. Setelah itu anda harus tahu apakah ada faktor dari luar yang dapat menyebabkan kebotakan, jika ada tentu anda harus menghindarinya. Ketika anda ingin menanipulasi rambut juga tidak boleh semena-mena, anda tidak boleh terlalu keras ataun sering dalam menarik rambut. Hindari mengikat, mengepang, mengeriting rambut dan juga hindari mengeringkan rambut dengan hairdryer.

Untuk mencegah kebotakan perawatan juga penting, anda perlu melakukan perawatan seperti menggukan sampo, kondisioner dan produk rambut lainya yang cocok dengan rambut anda. Jangan sampai kerena ingin rambut cantik malah rambut anda rontok hingga menjadi botak.

Setelah kita mengatahui penyebab kebotakan, kini kita cari tahu bagaimana cara mengatasi masalah kebotakan pada rambut kita. Nah ada beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kebotakan. Cara alami ini lebih efektif ketimbang anda menggunakan obat yang akan memiliki efek buruk dimasa yang akan datang. Berikut cara alami mengatasi kebotakan.

Cara alami mengatasi kebotakan

1. Mengatasi kebotakan dengan telur

Telur tidak hanya bermanfaat untuk kulit wajah saja. Namun telur juga memiliki manfaat untuk kecantikan rambut. Jika putih telur dapat mengatasi rambut kering dan kusam, nah untuk mengatasi kebotakan pada rambut kita menggunakan kuning telur. Jadikanlah kuling telur sebagai masker rambut, aplikasikan pada rambut dan kulit kepala sambil anda pijat, diamkan beberapa 15 menit, setelah itu cuci rambut anda dengan sampo untuk menghilangkan bau amis. Anda bisa melakukan cara ini 4 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga : Manfaat masker kuning telur dan cara membuatnya

2. Menggunakan cuka

Cuka mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Cuka mengandung kalium dan enzim yang dapat merangsang pertumbuhan rambut dan juga mencegah ketombe. Dengan memanfaatkan cuka sebagai masker rambut, rambut anda akan kembali tumbuh lebat dan masalah kebotakanpun akan terasatasi.

3. Teh hijau

Tak perlu diragukan lagi akan manfaat teh hijau untuk kesehatan, namun tidak hanya untuk kesehatan saja, teh hijau juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan salah satunya yaitu untuk mengatasi masalah kebotakan pada rambut. Teh hijau sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau mampu memperlancar sirkulasi darah pada rambut sehingga rambut akan mendapatkan nutrisi dengan baik dan tumbuh dengan baik. Caranya yaitu anda seduh teh hijau kemudian anda aplikasikan pada rambut dan kulit wajah, bungkus dengan handuk dan diamkan selama kurang lebih 20 menit baru anda bilas hingga bersih.

Baca juga : Sejuta manfaat teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan

4. Minyak kelapa

Cara alami untuk mengatasi kebotakan berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan sangat baik. Tidak hanya itu saja, dengan minyak kelapa, ketombepun akan hilang dengan seketika. Usapkan minyak kelapa secara merada pada rambut hingga kulit kepala sambil anda pijat, diamkan selama 20 menit dan lihat hasilnya ketombe hilang seketika, dan jika anda melakukan cara ini secara teratur, rambut anda akan tumbuh lebat dan kebotakan akan hilang.


5. Minyak zaitun

Minyak zaitu memang sejak jaman dulu sering digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Nah dalam hal ini minyak zaitu juga dapat mengatasi masalah kebotakan. Teteskan beberapa tetes minyak zaitun setelah anda keramas, baiknya anda lakukan pada malam hari dan diamkan hingga pagi hari, baru dipagi hari anda bersihkan hingga bersih.

6. Santan

Hampir sama dengan minyak kelapa, santan juga dapat mengatasi kebotakan. Santan kaya akan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh rambut. Santan akan merangsang pertumbuhan rambut, aplikasikan santan pada kulit kepala dan rambut diamkan selama beberapa menit dan basuh dengan air hingga bersih.

7. Kulit apel

Jika anda makan apel jangan anda buang kulitnya. Kulit apel bisa kita manfaatkan  untuk mengatasi kebotakan, hal ini dikarenakan kulit apel mengandung polifenol yang dapat memerangi masalah kerontokan pada rambut. Haluskan kulit apel, kemudian anda aplikasikan pada kulit kepala dan dimakan selama 20 menit setelah itu abda basuh dengan air hingga bersih.

8. Lada hitam

Lada hitam juga dapat menjadi solusi alternatif untuk mengatasi masalah kebotakan. Campurkan lada hitam dengan yougurt hingga berbentuk seperti pasta. Gosokan pada rambut seperti ketika anda sedang keramas diamkan beberapa menit setelah itu bilas hingga bersih.

9. Biji kemiri

Biji kemiri memiliki kandungan nutrisi yang dapat menghitamkan dan menyuburkan rambut. Caranya yaitu anda bakar biji kemiri hingga hangus setelah itu anda giling sampai lembut. Oleskan pada rambut pada malam hari dan biarkan hingga pagi hari. Dipagi hari anda bersihkan dengan sampo.

Baca juga : Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan dan kecantikan rambut

10. Lidah buaya

Kurang sempurna rasanya jika membahas tentang masalah rambut tanpa membahas tentang lidah buaya. Tentu bagi kita semua lidah buaya bukanlah hal yang asing untuk rambut, bahkan banyak produk kecantikan rambut yang menggunakan bahan dasar dari lidah buaya. Nah lidah buaya selain dapat membuta rambut menjadi cantik, lidah buaya juga dapat mebgatasi masalah kebotakan. Oleskan gel lidah buaya pada rambut hingga kulit kepala secara merata diamakan selama 30 menit setelah itu anda bersihkan dengan air atau sampo. Bca juga khasiat lidah buaya untuk rambut

Demikianlah cara ampuh dan alami untuk mengatasi kebotakan. Anda jangan putus asa dengan masalah kebotakan yang sedang anda alami, asalkan anda mau tekun dengan cara yang telah kami jelaskan diatas, pastilah kebotakan anda dapat teratasi. Semoga tips untuk mengatasi kebotakan tersebut bermanfaat. Terimakasih.