Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab, Cara Mengatasi. Dan Cara mencegah Penuaan Dini

Penyebab dan cara mengatasi masalah penuaan dini - Penuaan merupakan hal yang pasti akan dialami oleh semua makhluk hidup termasuk manusia. Penuaan adalah siklus kehidupan yang tidak bisa dihindari oleh siapun. Tanda penuaan biasanya muncul ketika seseorang menginjak usia 30 tahun keatas. Namun tanda penuaan akan menjadi masalah serius jika muncul ketika seseorang masih berusia muda atau sering juag disebut dengan penuaan dini.

Penuaan dini tentunya sangat mengganggu sekali, terlebih bagi wanita. Penuaan dini akan menjadikan seseorang terlihat lebih tua dibanding dengan usia yang sebenarnya. Tidak hanya itu saja, penuaan dini juga akan mengurangi kecantikan seseorang, sehingga akan mengurangi daya tarik dan pesona seseorang.

Penuaan dini biasanya ditandai dengan munculnya kerutan diatau garis halus disekitar mata. Tanda-tanda tersebut akan membuat kulit anda menjadi kendur dan terlihat tua. Tentu anda tidak maukan terjadi pada kulit anda. Orang yang sudah berusia diatas 30 tahun saja selalu berusaha menjaga kulitnya agar selalu terlihat awet muda, bagaimana dengan anda yang masih berusia muda, tentu tak mau jika anda mengalami tanda penuaan dini.

Untuk mengatasi masalah penuaan dini ada banyak cara. Anda bisa pergi ke dokter sepesialis kulit atau ke klinik kecantikan untuk melakukan perawatan atau konsultasi dengan masalah penuaan yang anda alami tersebut. Anda juga dapat menggunakan krim anti penuaan. Namun cara tersebut tentunya akan memakan biaya yang tidak murah. Nah bagi anda yang memiliki kantong pas-pasan anda tak perlu khawatir, ada banyak cara alami untuk mengatasi masalah penuaan dini. Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi masalah penuaan dini kita cari tahu terlebih dulu apasaja penyebab penuaan dini.
Penyebab, Cara Mengatasi. Dan Cara mencegah Penuaan Dini
Penyebab, Cara Mengatasi. Dan Cara mencegah Penuaan Dini

Penyebab penuaan dini

1. Sinar matahari

Sinar matahari memang baik untuk kesehatan dan kecantikna kulit, namun sianr matahari yang berlebihan dapat merusak kulit. Sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi kering hingga akhirnya muncul kerutan juga garis halus dikulit yang merupakan tanda penuaan dini. Sinar matahari yang paling bahaya yaitu kekita jam 10 pagi hingga jam 3 sore. Baiknya anda hindari keluar rumah pada jam tersebut, jika memang terpaksa anda gunakan pelindung seperti tabir surya, baju tertutup dan lain sebagainya.

2. Polusi udara

Polusi udara atau kondisi udara yang buruk juga akan membuat kulit menjadi tidak sehat. Kulit akan menjadi menua jika anda sering berada ditempat dengan polusi udara yang buruk. Asap kendaraan, asap pabrik dan lain sebagainya akan membuat kulit menjadi tidak sehat, nah baiknya anda sering menggunakan pembersih wajah sehabis berpergian adar asap atau debu yang menempel bisa langsung dihilangkan.

3. Radikal bebas

Radikal bebas merupakan efek dari polusi udara, seperti yang telah kami jelaskan dipoin sebelumnya. Radikal bebas akan membuat kulit kering dan mengganggu pertumbuhan kolagen. Untuk mencegah hal ini anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih.

4. Kelembaban udara

Kelembaban udara yang tidak stabil juga mempengaruhi kulit kita. Negara kita yang memiliki iklim tropis tentunya memiliki kelembaban udara yang tidak stabil dan hal ini menyebabkan kulit menjadi cepat menua. Oleh sebab itu anda harus melindungi kulit anda dengan baik.

5. Merokok

Kita semua tahu jika merokok tidak baik untuk kesehatan. Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti serangan jantung dan kanker paru-paru. Selain itu rokok juga menjadi penyebab penuaan dini. Nikotin yang terdapat pada rokok akan membuat sel kulit kekurangan cairan hingga ahirnya kulit menjadi kering dan kehilangan elasitasnya. Meroko juga mengganggu peredaran darah sehingga membuat kulit menjadi pucat dan sel kulit banyak yang mati, sehingga kulit akan nampak lebih tua.

6. Alkohol

Alkohol juga tidak baik untuk kesehatan. Alkohol dapat menyebabkan obesitas, seranga jantung hingga stroke. Alkohol juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Kebiasaan minum alkohol akan menyebabkan penurunan kondisi kulit. Orang yang kecanduan alkohol juga akan memiliki pola makan yang buruk dan hal ini juga akan mempengaruhi nutrisi pada kulit. Kebiasaan minum alkohol akan membuat kulit menjadi kering dan menua.

7.Nutrisi yang buruk

Nutrisi yang buruk juga menyebabkan kondisi kulit yang buruk. Nutrisi yang seimbang akan membuat kulit menjadi kering dan cepat keriput. Setiap hari kulit membutuhkan sel-sel baru untuk melawan sinar matahari, polusi ataupun radikal bebas. Oleh sebab itu nutrisi sangat penting untuk kulit.

8. Kurang tidur atau sering begadang

Bisa anda lihat orang yang sering begadang atau mereka yang kurang istirahat. Mereka memiliki kulit yang nampak tua dari usia mereka. Hal ini dikarenakan begadang atau kurang tidur dapat menyebabkan penuaan.  Orang yang begadang akan mengakibatkan regenerasi kulit terganggu, oleh sebab itu usahakan tidur secara teratur sesuai dengan jadwal yaitu 8 jam dalam semalam.

9. AC

Bagi anda yang selalu berada diruangan ber-AC harus melakukan perawatan ekstra pada kulit anda. Hal ini dikarenakan AC juga berpengaruh buruk pada kecantikan kulit. Untuk mencegah hal ini anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih.

10. Stress

Beban pikiran yang berat seperti stres juga akan berdampak buruk pada kecantikan kulit kita. Jika anda mengalami stres baiknya anda istirahat dan berlibur, jangan terlalu memaksakan, selain tidak baik untuk kesehatan, stres juga tidak baik untuk kecantikan kulit. Kulit akan cepat menua jika anda sering mengalami stres.

11. Kafein

Nah bagi anda penggemar kopi, baiknya anda kurangi. Hal ini dikarenakan kafein yang terdapat pada kopi berpengaruh buruk pada kecantikan kulit. Kafein akan membuat kulit dhidrasi dan kekurangan cairan, akibatnya kulit akan kering dan cepat keriput.

Baca juga : Dampak buruk kafein bagi kesehatan dan kecantikan kulit

12. Makanan

Ada banyak makanan yang tidak baik untuk kulit seperti makanan manis, makana asin dan makanan yang tak sehat lainnya. Hindarilah makanan-makanan yang tidak sehat.

Cara mengatasi penuaan dini

1. Menggunakan madu

Cara pertama yaitu menggunakan madu. Pasti kita semua tahu akan khasiat madu dalam dunia kecantikan. Madu dapat menghilangkan keriput, mencerahkan kulit, menghaluskan kulit dan berbagai manfaat lainnya. Nah dalam hal ini madu juga dapat mengatasi masalah penuaan dini. Anda gunakan madu sebagai masker wajah. Aplikasikan madu pada kulit wajah dan leher, diamkan selama 30 menit kemudian anda bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rtin seminggu 2 kali, maka tanda-tanda penuaan seperti keriput ataupun garis halus akan hilang dengan sendirinya.

2. Pisang

Bahan alami berikutnya yaitu pisang. Pisang juga merupakan bahan alami yang sering digunakan wanita untuk perawatan kulit wajah. Anda bisa menggunakan pisang sebagai masker wajah. Menurut dokter pisang merupakan bahan alami yang paling ampuh untuk menyamarkan tanda penuaan seperti keriput ataupun garis halus. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda hancurkan pisang hingga lembut menyerupai krim, baru kemudian anda aplikasikan pada kulit wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit baru anda bilas hingga bersih.

3. Kentang dan bengkoang

Seperti bahan alami yang telah disebutkan sebelumnya, kentang dan bengkoang juga kerap dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan. Kentang dan bengkoang mampu menjaga kelembaban dan elasitas kulit, selain itu keduanya juga dapat mencerahkan kulit. Nah dengan demikian kedua bahan tersebut juga dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah penuaan dini. Haluskan kedua bahan tersebut, kemudian anda gunakan sebagai masker wajah, baiknya anda gunakan pada malam hari sebelum tidur, baru anda basuh dipagi hari sengan air hangat.

4. Minyak zaitun dan lemon

Cara berikutnya yaitu dengan mengkombinasikan antara minyak zaitun dan lemon. Minyak zaitun mengandung nutrisi serta antioksidan yang baik untuk kulit, sementara lemon berfungsi untuk membersihkan, mencerahkan dan mengencangkan kulit. Kombinasi dari keduanya akan sangat ampuh untuk mengatasi tanda penuaan seperti keriput ataupun garis halus dikulit. Gunakan campuran keduanya sebagai masker wajah dan anda bisa melakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Minyak kelapa

Selain minyak zaitun masih ada minyak lain yang dapat membantu anda mengatasi masalah penuaan dini, yaitu minyak kelapa. Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi kerutan dikulit. Anda cukup mengoleskan minyak kelapa kekulit anda. Namun perlu diingat, minyak kelapa yang anda pakai adalah minyak kelapa alami bukan buatan pabrik.

6. Anggur hijau

Anggur hijau merupakan salah satu buah segar yang banyak disukai orang. Namun tahukah anda jika anggur hijau juga dapat kita mnafaatkan untuk mengatasi masalah penuaan dini. Anggur hijau dapat kita gunakan untuk mengatasia penuaan dini caranya sangat mudah sekali yaitu anda belah anggur hijau kemudian anda gosokan pada kulit anda secara  merata dan diamkan selama 20 menit baru setelah itu anda bilas dengan air hangat. Lakukan cara tersebut setiap hari maka tanda penuaan akan hilang.

7. Kulit semangka

Siapa bilang kulit semangka hanyalah sampah yang tidak memiliki manfaat. Kulit semangka yang kita anggap sebagai sampah ini dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah penuaan. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda gosokan kulit semangka pada kulit wajah anda secara merata.

Baca juga : Manfaat semangka untuk kecantikan kulit

8. Nanas

Cara alami berikutnya yaitu menggunakan nanas, seperti cara sebelumnya yaitu anda ambil daging nanas kemudian anda gosokan pada kulit anda secara lembut dan merata, diamkan selama 20 menit baru kemudian anda bilas hingga bersih.

9. Mentimun

Mentimun merupakan buah yang memiliki kandungan air hingga 90 persen. Mentimun dapat membanti mencegah dehidrasi kulit, dehidrasi sendiri akan menyebabkan kulit kering sehingga cepat keriput. Nah gunakan masker mentimun untuk mengatasi penuaan dini, caranya mudah sekali, anda iris tipis mentimun kemudian anda tempelkan pada kulit wajah anda selama beberapa menit.

Baca juga : Manfaat masker mentimun dan cara membuatnya

10. Buah alpukat

Buah alpukt juga merupakan buah yang baik untuk mengatasi tanda penuaan, terutama yang berada disekitar mata. Lembutkan buah alpukat kemudian anda aplikasikan pada kulit wajah anda, diamkan selama 20 menit baru anda bilas hingga bersih.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker alpukat

Cara mencegah penuaan dini

Ada banyak cara untuk mencegah penuaan dini, namun yang terpenting adalah gaya hidup yang sehat. Gaya hidup sangat berpengaruh pada kecantikan kulit anda. Lalu bagaimana saja cara untuk mencegah agar kita selalu awet muda dan terhintar dari penuaan diri. Berikut cara ampun untuk mencegah penuaan dini.

1. Perbanyak minum air putih

Salah satu penyebab peenuaan dini adalah karena kulit kekurangan cairan atau dehidrasi. Oleh sebab itu anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih agar terhindar dari dehidari juga penuaan dini.

Baca juga : Manfaat luar biasa air putih untuk kesehatan dan kecantikan

2. Menjaga kebersihan kulit

Menjaga kebersihan kulit merupakan hal yang wajib anda lakukan untuk terhindar dari penuaan dini. Kulit yang kotor akan menyebabkan radikal bekas juga kuman berkembang biak sehingga regenerasi kulit juga akan terganggu dan akhirnya elasitas kulit akan hilang dan akhirnya muncul tanda-tanda penuaan seperti keriput atau garis halus dikulit.

3. Istirahat yang cukup

Kurang istirahat atau sering begadang akan membuat regenerasi kulit terganggu hingga akhirnya kulit akan rusak dan tanda penuaan akan muncul, oleh sebab itu istirahatlah yang cukup yaitu tidur 8 jam dalam semalam.

4. Olah raga

Jangan pernah lupakan untuk berolah raga. Olah raga akan memperlancar peredaran darah sehingga kulit akan akan cantik, kenyal, lembab dan tidak pucat.

5. Hindari rokok kopi dan juga alkohol

Seperti yang telah dijelaskan diatas jika rokok, kopi juga alkoho tidak baik untuk kulit. Ketiganya dapat membuat kulit kehilangan elasitas dan kelembaban hingga akhirnya kulit akan nampak tua. Oleh sebab itu anda hindari ketiganya agar kulit anda selau cantik dan sehat.

6. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran memiliki banyak vitamin, nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kulit. Oleh sebab itu perbanyaklah mengkonsumis buah dan sayuran.

7. Kurangi paparan sinar matahari

Untuk mencegah terjadinya penuaan dini sebisa mungkin anda hindari paparan sinar matahari terutama dijam jam esktrim yaitu jam 10 siang hingga jam 3 sore. Sinar matahari pada jam tersebut dapat merusak kulit, sehingga menyebabkan penuaan pada kulit.

8. Melakukan perawatan secara teratur

Cara terakhir untuk mencegah penuaan dini tentunya anda harus selalu melakukan perawatan pada kulit anda. Anda bisa menggunakan krim malam, krim pelembab atau lain sebagainya.

Demikianlah informasi tentang penyebab, cara mengatasi dan cara mencegah penuaan dini. Penuaan dini memang momok yang menakutkan bagi semua wanita. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu anda dalam merawat kulit anda. Terimakasih. Baca juga cara mudah agar awet muda