Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Rambut Bercabang dan Cara Merawatnya

rina

Penyebab rambut bercabang dan cara merawatnya - Rambut bercabang, yaitu rambut yang membelah menjadi dua atau lebih bagian. Setiap orang pasti menginginkan rambut yang sehat dan tidak bercabang. Siapapun itu, baik itu pria maupun wanita pasti menginginkan rambut yang sehat dan bisa diatur dengan mudah.

Untuk membuat rambut anda lebih sehat dan lebih cantik, tentunya harus dilakukan perawatan yang optimal agar rambut tetap sehat. Perawatan yang baik dan benar akan menambah kesan kecantikan, ketebalan, dan kesehatan pada rambut. Namun jika perawatan itu salah atau tidak cocok malah akan membuat rambut menjadi rusak dan bahkan bercabang-cabang.

Rambut yang bercabang biasanya disebabkan karena faktor kebiasaan yang kurang baik untuk kesehatan rambut. Sehingga rambut akan semakin rusak akibat kebiasaan yang dilakukan. Agar anda lebih berhati-hati dengan kebiasaan anda, anda perlu mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan rambut anda bercabang.
Penyebab Rambut Bercabang dan Cara Merawatnya
Penyebab Rambut Bercabang dan Cara Merawatnya

Penyebab rambut bercabang

1. Defisiensi nutrisi

Setiap kali anda keluar ruangan, tentu rambut anda akan lebih banyak berhadapan dengan panas terik matahari, polusi udara, dan juga kotoran lainnya yang dapat merusak rambut. Sebab itu rambut membutuhkan banyak nutrisi agar bisa tetap terjaga dan melawan polusi. Anda bisa lebih banyak memberikan vitamin B, zat besi, dan protein nabati, yaitu dari kacang-kacangan, sayuran hijau, buah jeruk, kiwi, telur, dan lain sebagainya.

2. Pengaruh sinar ultraviolet

Alangkah baiknya anda menggunakan peindung kepala jika ingin keluar ruangan, agar rambut tidak berpaparan langsung dengan polusi dan panasnya sinar matahari. Pengaruh dari itu semua akan membuat rambut anda menjadi rusak dan bahkan bercabang. Menggunakan pelindung atau penutup rambut seperti topi ataupun kerudung akan membuat rambut anda tetap aman dan sehat.

3. Gesekan berlebihan pada rambut

Menggosok rambut terlalu keras menggunakan handuk juga akan membuat rambut anda rusak dan bercabang. Bukan hanya itu, menyisir rambut terlalu keras pun akan membuat rambut anda menjadi bercabang. Hindari hal-hal semacam itu yang berhubungan dengan gesekan pada rambut secara langsung dan keras.

4. Pengaruh cuaca

Cuaca juga menjadi salahs atu faktor penyebab rambut anda bercabang. Mungkin saja anda sering memaparkan rambut anda dibawah panasnya sinar matahari, sehingga rambut anda menjadi rusak, kering, dan bercabang. Sebaiknya gunakan penutup rambut jika anda ingin keluar dicuaca yang panas.

Baca juga : Cara mengatasi rambut kering

5. Bahan kimia

Bahan kimia memang kurang baik untuk kesehatan rambut. Apalagi jika dilakukan secara berlebihan, misalnya obat-obatan untuk rambut. Itu akan membuat rambut anda menjadi rusak dikemudian waktu. Sebab itu anda perlu menggunkaan bahan-bahan alami untuk perawatan dambuta anda tanpa harus menggunakan bahan kimia.

Baca juga : Cara mengatasi rambut mengembang

6. Kebiasaan mencatok rambut

Alat catok untuk rambut memang dapat membuat rambut anda menjadi lebih indah dan bisa lebih mudah untuk diatur. Namun tahukah anda jika kebiasaan mencatok dapat merusak rambut anda. Pertumbuhan rambut anda akan terhambat. Bukan hanya itu, rambut akan beresiko pecah dan bercabang.

7. Terlalu panjang

Rambut yang terlalu panjang juga akan beresiko besar terhadap kerusakan. Rambut terlalu panjang kemungkinan besar akan mengalami masalah percabangan pada ujungnya. Hal ini disebabkan karena usia rambut yang sudah terlalu lama dan tanpa ada perawatan yang baik dan benar. Sehingga rambut akan mudah rontonk dan bercabang.

Cara perawatan rambut bercabang

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab dari rambut bercabang. Selanjutnya anda perlu melakukan perawatan rambut anda agar bisa lebih cantik, lembut, halus, tebal, dan pastinya sehat. Namun ketika anda melakukan perawatan, anda juga perlu menghindari kebiasaan buruk yang dapat merusak rambut seperti diatas.

Untuk perawatan rambut, anda tidak perlu menggunakan obat untuk menyatukan rambut yang bercabang. Karena seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa penggunaan bahan kimia seperti obat-obatan itu kurang baik untuk rambut. Gunakan cara alami yang tidak membahayakan rambut anda.Berikut ini cara perawatan rambut bercabang:

1. Masker rambut alami

Anda bisa membuat masker rambut alami sendiri. Untuk bahannya anda tidak usah bingung. Anda bisa menggunakan bahan seperti alpukat, minyak zaitun, dan bahan lainnya. Anda bisa memulai membuat masker dengan menghaluskan alpukat dan tambahkan minyak zaitun. Aplikasikan pada rambut dan juga berikan pijatan selama 5 menit agar peredaran darah bisa lancar dan nutrisi pun meresap secara maksimal.

2. Hindari pewarnaan rambut

Pewarnaan rambut menggunakan bahan-bahan kosmetik memang memberikan keindahan bagi rambut. Namun alih-alih keindahan rambut ini justru akan membuat rambut anda menjadi rusak secara perlahan. Kandungan kimia yang terdapat didalamnya dapat menghambat pertumbuhan rambut anda yang baru. Sebab itu anda perlu menghindari pewarnaan rambut.

3. Hindari hair dryer

Hari dryer atau alat pengering rambut memang dapat membuat rambu anda mudah untuk dirapikan. Namun tahukah anda bila efek panas yang ditimbulkan alat ini ternyata dapat membuat rambut anda menjadi rusak, kering, dan bercabang. Hindari penggunaan hair dryer berlebihan agar rambut anda tetap terjaga kesehatannya.

4. Memotong rambut secara rutin

Setiap orang memiliki hormon yang berbeda-beda, sebab itu ada yang rambutnya cepat tumbuh dan ada juga yang tumbuhnya lambat. Anda perlu mengetahui berapa lama rambut anda akan tumbuh setelah dipotong. Jika anda sudah bisa mengetahui, lakukan pemotongan secara rutin untuk menghindari rambut bercabang.

5. Haluskan dengan kondisioner

Jangan lupa gunakan konsisioner selalu sehabis keramas. Penggunaan kondisioner akan membuat rambu anda menjadi tahan lembab, lebih halus, mudah dirapikan, dan juga memperkecil resiko rambut bercabang. Lakukan perawatan ini secara rutin. Perawatan rutin menggunakan kondisioner akan membuat rambut selalu tampak sehat.

Cara mengatasi rambut bercabang

Jika rambut anda telah terlanjur bercabang, anda perlu melakukan penanganan secara cepat agar tidak berkelanjutan dan membuat rambut lebih rusak. Anda perlu mengatasinya dengan berbagai cara berikut ini:

Minimalkan kerusakan rambut anda dengan menggunakan hair treatment. Gunakanlah setelah habis cuci rambut atau keramas. Penggunaan konsisioner dengan ph yang seimbang setiap setelah keramas akan menjaga rambut anda tetap lembab, lembut, halus, dan juga menghindarkan dari kerusakan.

Carilah krim yang benar-benar diformulasikan khusus untuk mengatasi rambut rusak, salah satunya adalah bercabang. Lakukan perawatan menggunakan krim ini seminggu dua kali. Dan apabila rambut telah membaik, cukup lakukan sekali dalam seminggu secara rutin.

Jangan terbiasa mengeringkan rambut anda dengan cara menggosok-gosokkan menggunakan handuk. Gesekan keras ini akan membuat rambut anda menjadi rusak dan bercabang. Gunakan handuk yang bertekstur halus atau berbahan katun alami. Gunakan dengan cara menepuk-nepuk secara perlahan agar tidak terjadi gesekan terlalu keras.

Hindari penggunaan air panas atau hangat terlalu sering. Penggunaan air panas atau hangat untuk keramas akan menjadikan rambut anda rentan terhadap kerusakan. Bukan hanya panasnya air, namun juga panasnya terik matahari. Untuk menghindarinya selalu gunakan topi atau kerudung setiap keluar ruangan.

Untuk memulihkan kesehatan rambut anda, anda perlu mengkonsumsi berbagai macam makanan yang tinggi protein. Rambut memiliki bahan utama sama halnya dengan kuku, yaitu keratin. Bila kuku anda kelihatan kusam, maka kemungkinan juga rambut anda ikut bermasalah. Lakukan perawatan dari dalam lebih penting. Konsumsi makanan bergizi dan bisa mendukung kesehatan rambut anda. Hindari makanan berkalori dan tinggi kolesterol.

Lakukan pemotongan secara rutin untuk menghindari rambut anda bercabang terlalu banyak. Dan juga gunakan sisir rambut berjaring untuk mengurangi kerontokan pada rambut saat disisir dalam keadaan basah atau lembab. Serta hindari hairdryer, curling iron, flat iron, dan alat alat styling dengan panas yang terlalu sering. Maksimal penggunaan styling rambut dua kali dalam seminggu.

Jangan terlalu sering mengikat atau mengucir rambut anda. Apalagi saat sedang tidur. Hal ini akan membuat rambut menjadi rusak, kering, dan bercabang. Karena rambut yang dikucir terlalu lama akan kehabisan oksigen. Jadi, usahakan untuk tidak terlalu lama atau sering mengucir rambut. Dan pastikan juga anda tetap menjaga tubuh anda tetap terhidrasi dan tercukupi asupan mineral. Konsumsi air putih atau mineral secara rutin agar tubuh tetap terhidrasi.