Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Cara Alami Mengatasi Iritasi Pada Kulit

Leni Fauziah

Cara Alami Mengatasi Iritasi Pada Kulit - Iritasi Kulit merupakan kondisi dimana kulit mengalami masalah seperti gatal, alergi, kemerahan, radang bersisik dan lain sebagainya. Iritasi kulit biasanya terjadi pada orang yang memiliki kulit senditif, sehingga harus lebih berhati-hati. Iritasi pada kulit tidak hanya membuat tidak nyaman si penderita, namun juga dapat mengganggu penampilan. Hal ini dikarenakan iritasi pada kulit akan menyebabkan kulit berwarna kemerahan.

Penyebab iritasi pada kulit

1. Kotoran dan debu

Kotoran dan debu menjadi penyabab utama kulit menjadi iritasi. Ketika anda mengalami kulit yang kotor akibat debu, anda biasanya akan mengalami rasa gatal dan kulit menjadi kemerahan, hal ini dikarenakan debu menyebabkan kulit iritasi. Oleh sebab itu anda harus sering memberihkan kulit anda dari debu dan juga kotoran

2. Sinar matahari

Sinar matahari tidak hanya akan membuat kulit menjadi hitam dan terbakar, namun juga akan membuat kulit iritasi. Sinar matahari disiang yang terik dapat merusak kulit, baiknya anda hindari sinar matahari dikisaran pukul 10 siang hingga 3 sore. Jika memang terpaksa pakailah pakaian panjang atau tabir surya untuk melindungi kulit anda.

3. Kosmetik

Kosmotik juga menjadi penyebab kulit iritasi. Banyak wanita yang mengali iritasi kulit karena salah dalam penggunaaan kosmetik. Kosmetik menggunakan bahan kimia, sehingga jika tidak cocok pada kulit akan menjadikan kulit menjadi gatal dan kemerahan. Nah baiknya anda menggunakan perawatan alami karena aman dan tanpa efek samping. Namun jika terpaksa harus menggunakan kosmetik, baiknya anda konsultasi pada dokter sepesialid terlebih dulu.

4. Sabun

Sama halnya dengan kosmetik, sabun juga mengandung bahan kimia yang dapat membuat kulit iritasi. sabun yang tidak cocok terhadap jenis kulit akan mengakibatkan kulit memerah dan gatal. Hindari penggunaan sabun yang tidak cocok dengan jenis kulit anda.
Cara Alami Mengatasi Iritasi Pada Kulit
Cara Alami Mengatasi Iritasi Pada Kulit

Gejala iritasi pada kulit

Setelah kita mengetahui akan penyebab iritasi pada kulit. Sekarang kita cari tahu apasaja yang merupakan gejala awal dari iritasi pada kulit. Berikut gejala kulit mengalami iritasi.

Baca juga : Cara alami mengatasi flek hitam

1. Gatal-gatal pada kulit

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kulit yang mengalami iritasi akan terasa gatal-gatal. Hal ini biasanya disebabkan debu, pakaian kotor atau keringan yang mengakibatkan kulit menjadi gatal-gatal.

2. Warna kemerahan

Gejala berikutnya yaitu kulit mengalami kemerahan. Jika anda mengalami perubahan warna kulit menjadi kemerahan bisa jadi itu gejala awal dari iritasi pada kulit. Hal ini biasanya disebabkan oleh kosmetik atau produk kecantikan yang tidak cocok dengan kulit.

3. Benjolan dan rasa nyeri

Jika anda mengalami rasa nyeri pada kulit dan muncul benjolan pada kulit, bisa jadi itu adalah gejala awal dari iritasi atau kulit. Baiknya anda bawa ke dokter, karena benjolan yang muncul bisa jadi juga gejala dari kanker.

4. Kulit bersisik atau radang

Tidak hanya berwarna merah saja, jika kulit anda menjadi kering, bersisik, kasar dan mengeluas itu adalah pertanda anda mengalami iritasi atau alergi pada kulit.

5. Ruam dan pecah-pecah

Ruam dan pecah-pecah yang terjadi pada bagian kulit tertentu merupakan gejala awal kulit mengalami iritasi. Biasanya gejala awal ini terjadi pada kulit bagian tangan, kaki dan wajah.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi kulit mengelupas

Cara mengatasi iritasi pada kulit secara alami

Iritasi pada kulit sangatlah mengganggu, oleh sebab itu anda harus segera mengobatinya. Ada banyak cara untuk mengobati iritasi pada kulit, namun jika anda mengalami iritasi yang parah baiknya anda kedokter, dengan bantuan dokter anda akan lebih cepat menyembuhkan iritasi pada kulit. Namun anda juga bisa menggunakan cara yang alami. Berikut beberapa cara alami untuk mengatasi iritasi pada kulit.

Baca juga: Cara mengatasi penuaan dini

1. Menggunakan mentimun

Cara pertama yaitu menggunakan mentimun. Mentimun merupakan buah atau sayuran yang memiliki kandungan air yang sangat banyak. Dengan demikian mentimun dapat meringankan dan secara perlahan menyembuhkan iritasi pada kulit. Mentimun juga memberikan efek mendinginkan dan melembabkan sehingga membuat kulit menjadi lebih nyaman.

2. Gel lidah buaya

Cara berikutnya yaitu menggunakn gel lidah buaya. Kita semua tentu tahu akan menfaat dari lidah buaya untuk kesehatan serta kecantikan kulit dan rambut. Nah dalam hal ini lidah buaya juga dapat menjadi obat alternatif untuk mengatasi kulit kering. Lidah buaya memiliki efek melembabkan dan mendingingkan sehingga sangat baik untuk mengatasi iritasi pada kulit. Oleskan gel lidah buaya pada kulit yang mengalami iritasi.

Baca juga : Manfaat luar biasa lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

3. Madu

Tak perlu ditanyakan lagi akan khasiat madu. Ya madu memiliki banyak sekali manfaat dalam dunia kesehatan, nah dalam kecantikan senidir madu juga memiliki banyak manfaat seperti melembabkan, menghaluskan, mencerahkan dan mengatasi berbagai masalah kulit salah satunya yaitu iritasi pada kulit. Oleskan madu pada kulit yang iritasi atau anda bisa mencampurkannya dengan masker dari mentimun.

Baca juga : Sejuta manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah dari dulu digukanan sebagai salah satu bahan alami untuk perawatan kulit. Minyak zaitun mampu mencerahkan kulit, mengatasi bintik hitam, melembabkan kulit dan lain sebagainya. Nah minyak zaitun juga dapat menjadi obat tradisional untuk mengatasi kulit iritasi. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda tinggal mengoleskan minyak zaitun pada kulit yang iritasi dengan sambil anda pijat secara lembut.

Baca juga : Sejuta manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan

5. Baking soda

Baking soda juga kerap menjadi andalan orang untuk mengatasi kulit iritasi. Caranya sangat mudah sekali, anda campurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi seperti pasta lalu anda oleskan pada kulit anda yang mengalami iritasi.

Baca juga : Manfaat baking soda untuk kecantikan kulit

6. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A serta pepain yang baik untuk ekfoliasi yaitu proses pengangkatan kulit yang mengelupas atau sel kulit mati, pepaya baik untuk menghilangkan bekas luka serta mengatasi kulit iritasi. Selain itu pepaya mengandung banyak air yang dapat melembabkan kulit, anda gunakan masker pepaya untuk anda oleskan pada kulit anda yang mengalami iritasi.

7. Susu segar

Susu segar adalah susu yang mengandung banyak lemak yang biasa digunakan untuk mencerahkan dan melembabkan kulit. Susus segar mengandung asam dan hidroxy yang membuat terkelupasnya sel kulit mati dan mengantinya dengan yang baru.

Baca juga : Manfaat menakjubkan susu untuk kesehatan dan kecantikan

8. Sari apel

Sari apel juga merupakan bahan alami yang sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Sari apel bisa anda gunakan untuk mengatasi kulit iritasi, caranya yaitu anda oleskan sari apel pada kulit yang iritasi dengan bantuan kapas. Oleskan setiap hari hingga iritasi pada kulit sembuh.

9. Menggompresnya dengan air dingin

Kompreslah kulit anda dengan air dingin. Dengan mengompres menggunakan air dingin akan membantu mengemiskan pembengkakan dan meredakan rasa nyeri serta gatal pada kulit. Gunakanlah kain atau handuk yang bersih untuk mengompres kulit anda.

10. Air mawar

Air mawar merupakan salah satu produk kecantikan alami yang dipercaya dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Air mawar mampu mengankat sel kulit mati, flek hitam, jerawat dan lain sebagainya. Air mawar juga ampuh untuk mengatasi iritasi pada kulit. Caranya yaitu anda rendam kapas pada air mawar kemudian anda tempelkan pada kulit anda.

Baca juga: Cara alami mengatasi bekas luka tanpa biaya

Cara mencegah kulit iritasi

1. Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit

Kulit iritasi salah satunya karena disebabkan oleh debu, kotoran dan bakteri. Oleh sebab itu anda harus menjaga kebersihan kulit anda.

2. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Seperti yang kita ketahaui pancaran sinar matahari yang mengandung Ultarviolet dapat merusak kulit. Sinar matahari dapat membuat kulit kering, gelap, terbakar dan iritasi. Oleh sebab itu hindarilah paparan sinar matahari secara langsung.

3. Perbanyak minum air putih

Air putih akan mencegh kulit mengalami dehidari, dengan demikin air putih akan menjaga kelembaban kulit dan mencegah iritasi pada kulit.

Baca juga : Manfaat luar biasa air putih untuk kesehatan dan kecantikan

4. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran memiliki banyak sekali vitamin dan nutrisi untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita. Oleh sebab itu perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayuran.

Demikianlah cara alami mengatasi kulit iritasi. Semoga cara diatas bermanfaat dan jika cara diatas tidak memberikan kesembuhan pada kulit anda, baiknya anda periksakan ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Terimakasih