Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Cara Cepat Menghilangkan Kapalan

Cara Cepat Menghilangkan Kapalan - Kapalan merupakan masalah kulit yang umum dialami semua orang. Kapalan lebih sering dialami oleh mereka yang sering melakukan pekerjaan keras. Meskipun kapalan cukup familiar dimasyarakat, namun tidak banyak orang yang tahu apa pengertian sebenarnya dari kapalan tersebut. Kapalan merupakan penebalan atau pengeresan lapisan kulit yang terjadi karena respon pertahanan kulit terhadap gesekan, tekanan yang terjadi secara terus menerus. Kapalan biasanya terjadi pada telapak tangan dan kaki, hal ini dikaranakan keduanya kerap mengalami gesekan.

Terbentuknya kapalan pada kulit untuk melindungi kulit dari luka akibat gesekan dari benda-benda keras. Kapalan sendiri bukanlah hal yang berbahaya dan sebenarnya tidak perlu untuk dihilangkan. Namun kapalan juga sering membuat tidak nyaman, terasa nyeri juga mengganggu penampilan.

Ada banyak cara untuk menghilangkan kapalan pada kulit. Untuk menghilangkan kapalan pada kulit tentunya kita harus menghindari penyebabnya yaitu anda harus menghindarkan kulit anda dari gesekan atau tekanan dari benda keras. Dengan demikian kapalan akan mengempis dengan sendirinya.
Cara Cepat Menghilangkan Kapalan
Cara Cepat Menghilangkan Kapalan

Cara sederhana menghilangkan kapalan

1. Merendam dengan air hangat

Langkah sederhana untuk menghilangkan kapalan yaitu dengan merendamnya dengan air hangat. Rendam kaki atau tangan yang kapalan dengan air hangat selama 20 menit, setelah itu anda gosok dengan air apung. Jangan sekali-sekali menggunting atau memotong kapalan dengan benda tajam, hal ini dapat menyebabkan infeksi. Lakukan cara ini setiap hari hingga kapalan benar-benar hilang.

2. Mengunakan asam salisilat

Jika cara diatas kurang efektif, anda bisa menggunakan asam salisilat. Asam salisilat memiliki sifat keratolitik yang berarti dapat melarutkan protein yang menyebabkan kapalan. Anda mendapatkan larutan asam salisilat pada apotek terdekat. Cara penggunaannya yaitu ambil kapas dengan luas sesuai permukaan kapalan. Cuci bersih kulit yang kapalan dengan sabun dan keringkan, tuangkan larutan asam salisilat pada kapas, kemudian tempelkan pada kulit yang kapalan, ingat hanya pada kulit yang kapalan saja. Hal ini dikarenakan jika terkena kulit normal akan terasa seperti terbakar. Tutup dengan plaster dan ganti kapas setelah mandi yaitu pagi dan sore hari.

Cara alami untuk menghilangkan kapalan

Selain 2 cara sederhana tersebut anda gunakan dapat menggunakan cara alami dengan bahan-bahan alami yang terdapat di sekitar anda. Berikut cara alami yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan kapalan.

1. Bawang putih

Bawang putih tidak hanya ampuh untuk menghilangkan jerawat saja. Bawang putih juga ampuh untuk mengatasi kapalan. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda haluskan bawang putih kemudian anda balurkan pada kulit yang kapalan. Diamkan selama semalam dan lakukan setiap hari hingga kapalan benar-benar hilang.

Baca juga : Sejuta manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan

2. Cengkeh dan lemon

Kombinasi antara cengkeh dan lemon dapat mengikis kulit yang kapalan. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda camputkan cengkeh dengan air lemon dan biarkan selama 15 menit. Setelah 15 menit anda keluarkan cengkehnya dan gunakan air lemonya untuk anda usapkan pada kulit yang kapalan. Anda bisa melakukan beberapa kali dalam sehari.

3. Lemon

Jika anda tidak menemukan cengkeh anda juga bisa menggunakna lemon saja untuk menghilangkan kapalan pada kulit anda. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda tempelkan kulit lemon pada kulit yang kapalan, kemudian anda plester dan diamkan selama beberapa jam. Lakukan cara ini setiap hari hingga kapalan hilang.

4. Baking soda

Caranya berikutnya yaitu dengan menggunakan baking soda. Caranya yaitu anda campurkan baking soda dengan air hangat, lalu anda rendam kulit anda yang kapalan dengan air tersebut selam kurang lebih 15 menit atau 20 menit. Anda juga bisa menggosoknya dengan batu apung agar lebih maksimal.

5. Getah bunga kamboja

Bunga kamboja yang merupakan bunga hias, atau juga bunga yang sering kita jumpai diare apemakanan ini juga ampuh untuk mengatasi kulit kapalan. Banyak orang yang sudah membuktikannya. Caranya yaitu anda teteskan getah kamboja pada kulit yang kapalan. Namun cara ini bukan cara instan, jadi anda harus beberapa kali melakukan cara ini agar kapalan bisa hilang.

6. Pepaya mentah

Cara alami berikutnya yaitu dengan menggunakan pepaya mentah. Pepaya mentah mampu mengobati kulit yang kapalan, caranya yaitu anda haluskan pepaya mentah, kemudian anda oleskan pada kulit anda yang kapalan. Lakukan cara ini 3 kali sehari secara rutin maka kapalan akan hilang.

7. Kentang

Kentang kerap dijadikan sebagai masker kulit untuk mencerahkan kulit serta mengatasi jerawat. Kentang juga dapat kita gunakan untuk menghilangkan kapalan. Caranya yaitu anda parut kapalan hingga halus dan taburkan pada kulit yang kapalan, bungkus dengan kain bersih dan diamkan selama beberapa jam. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

8. Kopi

Kopi juga dapat menjadi obat alternatif untuk mengatasi kulit kapalan. Caranya yaitu anda ambil sisa bekas kopi, kemudiann anda gosokan pada kulit anda yang kapalan dan biarkan kopi tersebut hingga mengering, baru anda bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara teratur 2 kali dalam sehari, maka kapalan akan hilang.

Baca juga : Cara mengobati kutu air

Kapan harus kedokter

Kapalan memang masalah kulit yang tidak berbahaya, namun dalam beberapa kasus kapalan juga dapat menjadi penyakit yang sangat berbahaya. Jika sudah demikian, haru ada penanganan khusus dari dokter. Lalu kapan harus kedokter. Berikut ciri-ciri kapalan yang harus ditangani dokter.
- Kapan terasa sakit, meradang, memerah dan membengkak
- Jika anda memiliki penyakit diabetes, maka cara diatas jangan dilakukan, namun anda wajib konsultasi kepada dokter
- Jika cara diatas sudah anda lakukan namun tidak membuahkan hasil. Maka anda disarankan untuk pergi ke dokter.
Demikianlah cara cepat menghilangkan kapalan secara alami dan aman. Kapalan merupakan masalah kulit yang tidak berbahaya, namun dapat membuat tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Semoga tips diatas bermanfaat. Terimakasih.