Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab, Cara Mengatasi Dan Cara Mencegah Panu

Penyebab, Cara Mengatasi Dan Cara Mencegah Panu - Panu merupakan penyakit kulit yang sering diderita oleh kebanyakan orang. Panu disebabkan oleh jamur yang bernama Pityrosporum ovale. Panu sejenis penyakit kulit yang tidak berbahaya, namun kalau dibiarkan akan cukup mengganggu, hal ini dikarenakan rasa gatal yang ditimbulkannya, belum juga jika panu muncul dikulit yang terlihat, pasti akan membuat anda menjadi malu.

Ya panu selain menimbulkan rasa gatal, panu juga sangat mengganggu penampilan. Penyakit panu kerap dikaikan dengan pola hidup yang jorok seperti jarang mandi, jarang membersihkan tubuh dan lain sebagainya. Oleh sebab itu orang yang menderi penyakit panu biasanya akan menjadi bahan ejekan teman-temannya.

Bagian tubuh yang biasanya terserang oanu adalah punggung, lengan, perut, dada, dan leher. Panu biasanya menunjukan gejala-gejala seperti rasa gatal pada kulit, warna kulit berubah menjadi putih, merah, coklat atau warna lainnya tergantung pigmen pada kulit. Warna kulit inilah yang sangat mengganggu penampilan. Nah sahabat sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengatasi panu, kita cari tahu dulu penyebab dari penyakit panu.
Penyebab, Cara Mengatasi Dan Cara Mencegah Panu
Penyebab, Cara Mengatasi Dan Cara Mencegah Panu

Penyebab penyakit panu

1. Keringat yang berlebihan

Panu bisa disebabkan oleh keringat yang berlebih. Setiap orang pasti memiliki keringat, namun ketika berkeringat tidak langsung dibersihkan dapat menyebabkan masalah kulit seperti panu. Hal ini dikarenakan kulit menjadi lembab dan jamur penyebab panu mudah untuk berkembang biak.

2. Pakaian yang ketat

Pakaian yang ketat juga dapat menyebabkan penyakit panu. Hal ini dikarekana pakaian yang ketat akan membuat kulit tidak bisa bernafas, selain itu pakaian yang ketak akan membuat keringat tidak bisa terserap sehinggga kulit menjadi lembab dan tumbuh jamur seperti panu.

3. Gesekan kulit

Kulit yang sering mengalami gesekan juga dapat menjadi penyebab munculnya panu. Gesekan antara kulit dengan benda lain seberti baju, celana dan lain sebagainya akan menyebkan kulit menjadi gatal hingga akhirnya muncul panu.

4. Penggunaan antibiotik yang terlalu lama

Obat-obatan selalu menimbulkan efek samping, nah penggunakan obat-obatan atau antibiotik juga dapat berpengaruh pada kulit seperti iritasi pada kulit atau muncul jamur pada kulit seperti panu. 

5. Sering menggunakan pakaian kotor

Pakaian yang kotor juga menjadi penyebab munculnya jerawat, hal ini karena bakteri yang terdapat pada pakaian akan dengan mudah pindah ke kulit dan menjadikan kulit muncul panu.

6. Sering tukar pakain atau handuk denga orang lain

Percuma anda selalu menjaga kebersihan jika anda sering join atau tukar pakain dengan orang lain. Orang yang memiliki kulit bermasalah dapat menular pada anda lewat pakaian atau handuk sehingga mengakibatkan munculnya panu.

Cara alami mengatasi panu

Untuk mengatasi panu ada banyak cara, anda bisa menggunakan saleb atau obat yang dijual di apotik terdekat. Namun anda juga dapat menggunakan cara alami dan tradisional untuk mengatasi panu. Ada banyak bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan panu. Namun bahan alami tersebut tidak bisa memberikan efek instan pada penyakit panu, melainkan secara perlahan. Nah berikut beberapa bahan dan cara alami untuk mengatasi panu

1. Lengkuas

Bahan alami pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi panu adalah lengkuas. Lengkuas biasa digunakan sebagai salah satu penyebab masakan. Siapkan beberapa lengkuas dan kupas hingga bersih dan cuci dengan air. Tumbuk hingga halus kemudian campur dengan minyak tanah dan anda oleskan secara rutin pada pagi haru setelah mandi dan malam hari sebelum tidur, secara perlahan panu akan hilang.

2. Getah daun jarak

Bahan alami berikutnya yaitu dengan menggunakan getah daun jarak. Getah daun jarak cukup ampuh mengatasi berbagai masalah kulit termasuk panu. Caranya yaitu anda gosokan daun jarak pada panu anda kemudian anda oleskan getah daun jarak tersebut pada panu anda tersebut.

Baca juga : Manfaat daun jarak untuk kesehatan

3. Lidah buaya

Sudah bukan rahasia lagi jika lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan kulit. Nah dalam hal ini lidah buaya dapat mengatasi penyakit panu, tidak hanya itu saja, lidah buaya juga dapat mengatasi iritasi pada panu. Caranya yaitu anda oleskan gel lidah buaya pada panu secara teratur, maka panu dan juga masalah kulit lainnya akan hilang.

4. Bawang putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang cukup ampuh untuk mengatasi jerawat. Tidak hanya jerawat saja, penyakit panu juga bisa diatasi dengan bawang putih. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda potong bawang putih dan anda gosokan pada pada panu secara perlahan, atau anda bisa menumbuk bawang putih kemudian anda tempelkan pada panu anda.

5. Belimbing wuluh

Belimbing wulu juga ampuh untuk mengatasi panu, anda tumbuk belimbing wuluh hingga halus. Setelah halus anda campurkan dengan air kapur sirih dan oleskan pada panu anda, lakukan sehari 2 kali secara teratur maka panu akan hilang.

6. Sari cuka apel

Bahan alami berikutnya yaitu menggunakan sari cuka apel. Sari cuka apel mujarap untuk mengatasi penyakit panu. Campurkan 1 sdm sari cuka apel dengan secangkir teh dan anda oleskan pada kulit tang terdapat panu secara rutin, maka panu akan hilang dan tidak akan kembali lagi.

Baca juga : Sejuta manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan

7. Belerang

Tumbuk belerang hingga halus, kemudian anda tambahkan sedikit air perasan jeruk nipis dan minyak kelapa murni secukupnya. Campurkan hingga semua bahan tercampur rata kemudian anda oleskan pada kulit anda yang terdapat panu secara rutin. Maka panu akan hilang.

8. Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Jeruk nipis dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedom bekas luka dan yang pastinya juga panu. Caranya yaitu anda belah jeruk nipis menjadi dua dan gosokan pada panu anda, atau anda bisa mengambil air jeruk nipis dan anda campurkan denga belerang seperti yang dijelaskan pada point sebelumnya. Jeruk nipis cukup ampuh untuk mengatasi panu.

9. Daun pare

Pare merupakan sayuran yang memiliki rasa pahit namun memiliki banyak sekali manfaat dan vitamin. Caranya yaitu anda tumbuk daun pare hingga halus kemudian anda campur dengan kapur sirih dan oleskan pada panu anda secara teratur.

Baca juga : Manfaat dan efek samping pare untuk kesehatan

10. Lengkuas dan garam

Sebelum adanya obat modern seperti sekarang ini, nenek moyang kita dulu mengggunakan campuran lengkuas dan garam untuk mengatasi masalah kulit seperti panu. 

Cara mencegah panu

Untuk mencegah panu tentunya anda harus rajin membersihkan tubuh anda, minimal anda harus mandi 2 kali, jangan pernah memakai pakaian yang masih basah, memakai pakaian yang bersih dan jangan join pakaian dengan siapapun.  Gunakan pakaian yang nyaman yang bisa menyerap keringat dan udara.

Demikianlah informasi tentang penyebab, cara mengatasi dan cara mencegah panu. Panu memang bukan penyakit kulit yang serius, namun dapat mengganggu penampilan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.