Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Leni Fauziah

Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan - Tidur merupakan aktivitas penting yang harus dilakukan orang untuk menjaga kesehatan. Tidur berfungsi untuk mengembalikan tenaga setelah aktivitas seharian, selama tidur pula sel-sel tubuh akan mengalami perbaikan, oleh sebab itu tidur sangat penting, dan waktu tidur yang ideal adalah 8 jam dalam semalam, jika kurang tidur tubuh akan menjadi lemas dan pucat.

Kurang tidur tidak hanya berdampak buruk bagi kesejatan saja, namun juga berdampak buruk bagi kecantikan kulit. Hal ini dikarenakan regenerasi sel kulit yang terganggu akibat kurang tidur. Ketika kurang tidur tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yaitu hormon peneyabab stres yang memicu peradangan dan kerusakan kulit. 

Ada banyak dampak buruk yang disebabkan kurang tidur. Apasa saja dampak buruknya? Berikut bebebepa dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan dan kecantikan kulit.
Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan

1. Stres dan depresi

Seperti yang telah dijelaskan diatas jika kurang tidur akan menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon kortisol yaitu hormon penyebab stres. Selain itu juga akan menyebabkan sistem imun tubuh melemah sehingga seseorang yang kurang tidur akan mudah mengalami stres dan depresi. Tidak hanya itu saja, kurang tidur juga membuat emosi seseorang menjadi tidak terkontro, orang akan mudah marah meskipun dengan hal yang sepele sekalipun.

2. Sistem kekebalan tubuh menurun

Orang yang kurang tidur tubuhnya akan menjadi lemah, lesu dan tidak bersemangat dengan demikian tubuh akan sangat mudah terserang berbagai penyakit. Sistem kekebalan tubuh akan menurun sehingga tidak bisa bekerjsa secara optimal dalam melawan bakteri dan virus jahat.

3. Obesitas

Orang yang bedagang pada malam hari akan selalu merasa lapar dan akan makan makananan apapun, akibatnya berat badan akan naik derastis hingga akibatnya obesitas. Obesitas sendiri dapat mengundang berbagai penyakit serius seperti diabetes, tekanan darah tinggi, stroke hingga serangan jantung. Bagai mengerikan sekali bukan, oleh sebab itu istirahat atau tidurlah yang cukup.

4. Menurunkan daya ingat

Dampak buruk kurang tidur berikutnya yaitu daya ingat menurun. Orang yang sering begadang akan  mudah lupa, otak menjadi tumpul sehingga orang akan kesulitan untuk berkonsentrasi. Bagi anda yang masih duduk dibangku sekolah, begadang adalah hal yang dilarang karena akan sangat mengganggu. Selain itu begadang juga akan membuat tubuh mengantuk sehingga mengganggu aktivitas.

5. Gangguan tidur berat

Orang yang sudah terbiasa bedagang akan mengalami gangguan tidur akut sehingga akan mengalami kesulitan tidur dimalam hari. Jika sudah demikian baiknya anda konsultasi kepada dokter karena sudah pada tahab berbahaya, tubuh akan mudah lelah, kepala pusin dan dapat menyebabkan kematian mendadak.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi masalah mata lelah

6. Mati mendadak

Dampak paling fatal dari kurang tidur adalah mati mendadak. Ya hal ini bisa terjadi pada orang yang sering begadang. Hal ini dikarenakan begadag dapat memancing penyakit serius seperti penyakit stroke, diabetes, tekanan darah tinggi higga seranga jantung.

7. Kecelakaan lalu lintas

Nah yang paling banyak terjadi dari akibat dampak buruk kurang tidur adalah kecelakaan lalu lintas. Tentu kita sudah sering mendengar kecelakaan lalu lintas akibat supir mengantuk. Hal ini dikarenakan sang supir kurang tidur.

Dampak buruk kurang tidur bagi kecantikan kulit

1. Mata panda

Dampak buruk pertama dari kurang tidur bagi kecantikan adalah munculnya mata panda. Mata panda atau lingkaran hitam yang terdapat disekitar mata diakibatkan karena mata mengalami kelelahan entah karena kurang tidur atau karena terlalu lama berada didepan komputer. Mata panda akan mengganggu penampilan anda oleh sebab itu tidurlah yang cukup.

2. Keriput

Kurang tidur akan menyebabkan peningkatan inflamasi yang mengurangi produksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan molekul yang memberikan efek berkilau, lembab, kenyal pada kulit. Sehingga jika kulit kekurangan kolagen kulit akan mengalami keriput dan kusam.

3. Penuaan dini

Penuaan dini merupakan momok paling menakutkan bagi semua wanita, dan penuaan dini disebabkan salah satunya karena kurang tidur. Kurang tidur akan mengganggu regenerasi sel kulit yang rusak, akibatnya regenerasi tidak dapat berjalan optimal sehingga akan mempercepat penuaan.

4. Jerawat dan alergi

Inflamasi yang tinggi tidak hanya membuat kulit keriput saja, namun juga akan membuat kulit mudah berjerawat dan alergi. Kulit akan mudah mengalami iritasi sensitif dan lain sebagainya.

Demikianlah dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, oleh sebab itu tidur atau istirahatlah secara teratur dan cukup. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.