Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Obat Alami Untuk Atasi Mata Merah

Leni Fauziah

Obat Alami Untuk Atasi Mata Merah - Mata merah atau mata yang mengalami iritasi pastinya sangat mengganggu selai, selain mengganggu pengelihatan, mata merah juga membuat tidak nyaman serta membuat penampilan tidak bisa maksimal. Bahtak tak jarang bawang wanita yang tak berani keluar rumah akibat malu karena mata merah. Karena hal ini pula mata merah juga harus segera diatasi.

Mata merah selain mengganggu pengelihatan, mata merah sering juga menyebabkan mata terasa gatal. Untuk mengobati mata merah anda bisa menggunakan obat tetes mata. Obat tetes mata merupakan cara terbaik untuk mengatasi mata merah. Namun anda juga tidak boleh sembarang memilih obat mata, hal ini dikarenakan obat mata memiliki kualitas yang berbeda-beda.

Selain menggunakan obat tetes mata, anda juga disarankan untuk melakukan treatment alami. Mata merupakan salah satu indra yang memiliki peran sangat vital, jadi jangan sampai dibiarkan mengalami iritasi dalam waktu yang lama. Iritasi yang terjadi pada mata disebabkan oleh peradangan pada bola mata karena faktor alergi, polusi, bakteri, dan lain sebagainya. 

Untuk mengatasi mata merah atau mata iritasi ada banyak cara. Namun anda tetap disarankan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dulu. Meskipun anda menggunakan obat mata, namun resep dari dokter sangatlah penting. Selain menggunakan obat tetes mata, anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami. Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi mata merah. Kita bahas dulu penyebab mata merah.
Obat Alami Untuk Atasi Mata Merah
Obat Alami Untuk Atasi Mata Merah

Penyebab mata merah

1. Debu dan polusi

Debu dan polusi menjadi faktor utama penyebab mata merah. Ketika mata terkena debu, mata akan terasa perih sehingga menjadi kemerahan. Sama halnya dengan polusi seperti  terkena asap yang pekat atau udara yang koto, mata akan menjadi gatal, perih dan merah. Dalam hal ini disarankan anda untuk tidak mengucek mata  anda.

Baca juga : Bahaya lensa kontak atau softlens 

2. Alergi

Mata merah juga bisa disebabkan karena alergi. Alergi bisa menyebabkan mata gatal dan memerah. Alergi biasanya terjadi karena mata terkena debu, bulu binatang, serbuk sari bunga atau lain sebaginya. Nah jika memang anda memiliki alergi, baiknya anda hindari alergi tersebut.

3. Mata mengalami infeksi

Penyebab berikutnya karena mata mengalami infeksi. Infeksi bisa terjadi karena infeksi bakteri, virus jamur dan lain sebagainya. Infeksi ini biasanya disertai dengan pembengkakan pada kelopak mata. Jika anda mengalami hal ini baiknya anda periksakan mata anda pada dokter spesialis mata.

Baca juga : Penyebab dan cara mencegah mata katarak 

4. Penyakit glaukoma

Penyakit glaukoma adalah penyakit yang menyerang saraf pengelihatan mata akibat peningkatan tekanan bola mata yang disertai dengan kerusakan lapang pandang. Penyakit ini dibedakan menjadi 2 yaitu tenang dan akut. Jika hal ini terjadi pada anda baiknya anda segera pergi ke dokter sbelum semakin burk terjadi pada mata anda.

Baca juga : Penyebab dan cara mengobati mata minus

5. Kurang istirahat

Terlalu lama didepan komputer akan membuat mata lelah sehingga memerah. Kurang tidur atau sering begadang juga menjadi penyebab mata merah. Oleh sebab itu istirahatlah jika mata anda lelah. Anda juga disarankan untuk tidur 8 jam dalam semalam.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi masalah mata lelah

Cara alami mengobati mata merah

Selain menggunakan obat tetes mata, ada juga beberapa cara alami untuk mengobati mata merah. Cara alami ini bisa anda lakukan sendiri dirumah. Berikut cara alami mengobati mata merah.

1. Mentimun

Mentimun menjadi obat mujarap untuk mengatasi mata panda atau kantung mata dan juga mata merah. Mentimun megandung banyak air yang memberikan efek dingin pada mata. Caranya sangat mudah sekali, yaitu anda iris tipis mentimun setelah itu tempelkan pada mata diamkan beberapa menit dan rasakan kenyamananya. Mata merah akan hilang dengan sendirinya.

2. Air mawar

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan air mawar. Cara ini merupakan cara peraktis dan efektif untuk mengobati mata merah. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda cuci mata anda dengan air mawar 2 sampai 3 kali dalam sehari, maka mata merah akan hilang secara perlahan.

Baca juga : Sejuta manfaat air mawar untuk kesehatan dan kecantikan

3. Kentang

Sama halnya dengan mentimun. Kentnag juga merupakan bahan alami untuk atasu mata panda dan mata merah. Caranya sangat mudah sekali, yaitu anda iris tipis kentang kemudian anda tempelkan pada mata selama beberapa menit. Kentang akan mendinginkan mata dan membuat mata menjadi rileks.

4. Daun sirih

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan daun sirih. Sediakan 2-3 lembar daun sirih dan cuci hingga benar-benar bersih. Rebus daun sirih tersebut dengan air hingga mendidih, lalu diamkan hingga dingin. Setelah dingin anda gunakan air tersebut sebagai obat untuk mencuci mata yang merah atau obat tetes mata.

5. Getah daun patikan kebo

Daun patikan kebo mungkin terdengar asing bagi kebanyakan orang. Namun sebenarnya tanaman ini tumbuh banyak disekita kita. Nah untuk menggunkan daun patikan kebo sebagai obat mata sangatlah mudah yaitu anda teteskan getah daun patikan kebo pada mata anda. Lakukan 2 kali dalam sehari sebanyak 2 sampai 3 tetes.

6. Susu murni

Susu murni juga dapat menjadi obat mujarap untuk atasi mata merah. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda gunakan kapas, kemudian nada tetesi dengan susu murni, baru kapas tersebut anda tempelkan pada mata anda yang sakit. Cara ini cukup ampuh yang bisa anda coba.

Baca juga : Cara menjaga kesehatan mata

7. Air hangat

Air hangat juga bisa menjadi cara untuk mengobati mata merah. Caranya yaitu anda bersihkan terlebih dulu mata anda hingga benar-benar bersih. Setelah itu anda kompres menggunakan air hangat.

Demikianlah obat alami untuk mengatasi mata merah. Jika anda mengalami mata merah atau gatal, baiknya anda jangan menggaruknya. Hal itu dikarenakan dapat memperburuk keadaan. Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk mata seperti wortel dan lain sebagainya. Menjaga kebersihan mata juga tidak boleh anda lupakan. Semoga informasi diatas bermnafaat. Terimakasih.