Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab, Gejala, Cara Mencegah Dan Cara Mengatasi Jerawat Punggung

Cara mengatasi jerawat punggung - Jerawat merupakan masalah kulit yang pernah dialami semua orang. Jerawat biasa muncul di kulit wajah, meskipun bukanlah penyakit kulit yang serius, namun jerawat dapat merusak penampilan sehingga harus segera diatasi. Namun yang akan kita bahas kali bukanlah jerawat yang biasa muncul di kulit wajah. Melainkan jerawat yang tumbuh di punggung atau biasa disebut dengan jerawat punggung.

Jerawat punggung merupakan kondisi kulit yang umum diderita semua orang. Namun bukan berarti tidak mengganggu, sama halnya jerawat diwajah, jerawat punggung juga sangat mengganggu sekali, terutama ketika memakai baju, mengeringkan tubuh dengan handuk, memakai tas punggung, bahkan ketika duduk bersandar. Kondisi ini akan diperparah ketika jerawat meradang, punggung akan terasa perih bahkan ketiak bergesekan dengan baju atau kaos.

Jika jerawat wajah biasanya dialami wanita karena kesalahan perawatan kulit wajah yang salah, jerawat punggung lebih banyak diderita pria. Lalu apasebenarnya penyebab munculnya jerawat pada punggung. Berikut penyebab jerawat punggung.
Cara Mengatasi Jerawat Punggung
Cara Mengatasi Jerawat Punggung

Penyebab jerawat punggung

1. Kulit berminyak

Sama halnya dengan jerawat pada kulit wajah yang disebabkan oleh kulit berminyak, jerawat punggung juga disebabkan oleh kulit yang berminyak. Selanjutnya jumlah kelenjar sebasea dipunggung yang lebih banyak akan menyebabkan timbulnya kulit mati sehingga menimbulkan jerawat pada punggung.

2. Jarang membersihkan tubuh

Tubuh yang kotor dan jarang dibersihkan juga menjadi penyebab munculnya jerawat pada punggung. Kuman-kuman dan juga debu yang menempel pada punggung akan mengakibatkan pori-pori pada kulit di punggung tertutup sehingga muncul jerawat punggung.

3. keringat

Keringat juga menjadi penyebab utama munculnya jerawat punggung. Keringat yang keluar setelah melakukan aktifitas berat seperti fitness, olah raga, bekerja berat dan aktivitas lainnya akan menyebabkan kulit menjadi lembab dan jerawat serta jamur akan mudah muncul.

4. Pakaian yang salah atau pakaian kotor

Menggunakan pakaian yang salah seperti pakaian yang terlalu ketat sehingga tidak memberikan sirkulasi udara yang baik pada kulit punggung juga penyebab munculnya jerawat punggung. Selain itu pakaian yang kotor atau jarang dicuci juga menjadi penyebab munculnya jerawat punggung. Oleh sebab itu pakailah pakaian yang sesuia dan bersih agar terhindar dari jerawat punggung.

5. Alergi

Bila anda memiliki alergo terhadap sesuatu seperti alergi terhadap makana tertentu juga dapat menjadi penyebab utama munculnya jerawat punggung. Tidak hanya makanan saja, alergi terhadap debu, atau bahan pakaian yang tidak cocok juga dapat menyebabkan munculnya jerawat punggung.

6. Penggunaan kondisioner

Kondisioner harusnya dipakai dirambut, namun kondisioner sering kali menetes kepunggung. Sedangkan kondisioner mengandung silikon jika terkena kulit akan menyebabkan kulit berjerawat. Oleh sebab itu ketika anda memakai kondisioner, baiknya anda hati-hati dan segera dibersihkan jangan sampai menetes ke punggung ataupun kulit wajah.

7. Tas punggung yang berat

Tas punggung yang berat juga menjadi penyebab munculnya jerawat punggung. Tas punggung yang berat akan  membuat keringat terjebak di punggung sehingga kulit punggung tidak bisa bernafas, akibatnya punggung akan tumbuh jerawat.

8. Farfum atau minyak wangi

Farfum atau minyak wangi yang anda gunakan juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat punggung. Jika farfum atau minyak wangi tersesebut tidak cocok dengan kulit anda akan menyebabkan masalah pada kulit salah satunya jerawat punggung.

9. Sabun mandi

Sama halnya dengan farfum, sabun mandi yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga menjadi penyebab utama munculnya jerawat punggung. Tidak hanya itu saja, sabun yang tidak cocok biasanya akan menyebabkan gatal-gatal dan kulit yang memerah atau meradang.

Gejala jerawat punggung

Gejala yang muncul akibat jerawat punggung biasanya si penderita akan merasa tidak nyaman seperti gatal-gatal pada punggung, akan muncul benjolan-benjolan kecil pada punggung dan biasanya punggung akan berwarna hitam atau merah serta muncul bintik-bintik kecil. Si penderita juga akan merasa perih ketika menggunakan pakaian yang kasar, tidak nyaman ketika duduk bersandar.

Cara mencegah jerawat punggung

Ada banyak cara untuk mencegah munculnya jerawat pada punggung. Namun yang paling utama adalah dengan menjaga kebersihan badan kita. Nah berikut beberapa cara untuk mencegah munculnya jerawat punggung.

1. Menjaga kebersihan tubuh

Cara pertama tentu kita harus menjaga kebersihan tubuh kita. Minimal kita mandi 2 kali sehari. Jika kita merasa tidak nyaman ketika tubuh berkeringat, baiknya segeralah ambil handuk untuk membersihkan keringat anda. Jangan biarkan kulit punggung anda lembab karena keringat.

2. Gunakan pakaian yang bersih dan nyaman

Seperti yang telah dijelaskan diatas jika pakaian yang kotor dan ketat menjadi penyebab munculnya jerawat punggung. Oleh sebab itu anda baiknya selalu menggunakan pakaian yang bersih, dan nyaman untuk digunakan. Selain itu gunakanlah pakaian dengan bahan yang halus sehingga tidak membuat kulit terasa gatal.

3. Jangan terlalu sering menggunakan tas ransel

Tas ransel akan menjebak keringat di punggung sehingga kulit punggung tidak bisa bernafas dan tidak mendapatkan sirkulasi udara, akibantnya punggung akan menjadi lembab dan berjerawat. Oleh sebab itu hindarilah menggunakan tas punggung atau tas ransel.

4. Gunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit

Sabun yang kita gunakan juga sangat berpengaruh pada kulit kita. Jika kita mengguakan sabun yang tidak sesuai, maka hal ini akan menyebabkan kulit iritasi, gatal-gala hingga muncul jerawat. Oleh sebab itu menggunakan sabun yang cocok dengan jenis kulit akan mencegah munculnya jerawat pada punggung.

Cara mengatasi jerawat punggung

Setelah kita membahas penyebab, gejala serta cara mencegah jerawat punggung, lalu bagaimana cara mengatasi jerawat punggung agar kulit punggung kembali halus dan mulus. Berikut cara mengatasi jerawat punggung.

1. Lakukan scrube pada punggung

Cara paling ampuh untuk mengatasi jerawat punggung yaitu dengan melakukan scrub pada punggung. Dengan melakukan scrub pada punggung akan mengangkat sel kulit mati yang menutupi jerawat, sehingga jerawat akan cepat sembuh. Anda tidak perlu menggunakan scrub yang kasar karena dapat melukai kulit, anda menggunakan scrab yang lembut dengan bahan alami seperti gula, madu, jeruk nipis dan lain sebagainya.

2. Lemon

Lemon memang merupakan bahan alami yang sangat ampuh untuk mengatasi jerawat. Tidak hanya jerawat pada kulit wajah saja, namun  jerawat pada punggung bisa kita basmi menggunakan lemon. Lemon kaya akan vitamin C, B, karbohidrat dan fospor yang baik untuk kulit. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda peras jeruk lemon, kemudian anda oleskan air perasan tersebut pada kulit punggung yang berjerawat, diamkan selama beberapa menit baru anda bilas hingga bersih.

3. Aspirin

Aspirin merupakan obat demam, namun aspirin juga dapat kita gunakan untuk mengatasi jerawat punggung. Tidak hanya punggung saja, aspirin juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Cara penggunaannya cukup sederhana, yaitu anda ambil 15 butir aspiri lalu anda lembutkan hingga menjadi seperti pasta, oleskan pada kulit punggung, diamkan hingga mengering dan bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu, maka jerawat punggung akan musnah.

4. Kulit jeruk

Kulit jeruk juga dapat menjadi solusi jerawat punggung. Caranya anda keringkan terlebih dulu kulit jeruk, kemudian anda rendam ke dalam air. Haluskan menggunakan belender dengan dicampur sedikit susu, setelah itu anda oleskan pada punggung dan diamkan selama 20 menit baru anda bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Sejuta manfaat kulit jeruk untuk kesehatan dan kecantikan

5. Asam salisilat

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan asam salisilat. Campurkan asam salisilat dengan sedikit air, lalu anda gunakan air tersebut untuk mandi. Baiknya anda gunakan asam salisilat yang memiliki kandungan minimal 1,25%.

6. Putih telur dan mentimun

Putih telur dan mentimun memang bukanlah bahan alami yang asing untuk perawatan kulit. Keduanya sering digunakan sebagai masker wajah karena manfaatnya yang dapat membuat kulit menjadi cantik alami. Nah dalam hal ini putih telur dan mentimun juga dapat menjadi obat ampuh untuk mengatasi jerawat punggung. Caranya yaitu anda lembutkan mentimun dengan blender, kemudian anda campurkan dengan putih telur dan oleskan pada kulit punggung. Diamkan hingga kering dan bilas dengan air hingga bersih.

7. Tomat

 Seperti lemon, putih telur dan juga mentimun, tomat juga merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi jerawat pada kulit wajah. Tidak hanya jerawat pada kulit wajah saja, jerawat pada punggung juga dapat kita musnahkan dengan menggunakan tomat. Caranya yaitu anda jadikan tomat sebagai masker, lalu oleskan pada punggung, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingg bersih.

8. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida merupakan obat krim yang bisa anda beli diapotek terdekat. Obat ini ampuh untuk mengatasi jerawat.

9. Sabun anti bakteri

Sabun memang berpengaruh besar terhadap kulit. Nan kondisi punggung yang berjerawat disebabkan oleh kuman, untuk itu anda bisa menggunakan sabun anti kuman untuk mengatasi jerawat punggung.

Demikianlah informasi tentang penyebab, gejala, cara mencegah dan cara mengatasi jerawat punggung. Meskipun bukan penyakit berbahaya, jerawat punggung membuat kita tidak nyaman. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimasih.