Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kulit Mengelupas

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kulit Mengelupas - Kulit mengelupas adalah hal yang wajar terjadi pada semua orang. Kulit mengelupas terjadi secara alami dan terjadi rutin setiap bulannya. Tidak heran jika kita sering menemukan kulit mengelupas dibagian kulit tertentu. Mengelupasnya kulit disebabkan karena pergantian sel kulit yang telah mati dengan sel kulit yang baru, atau disebut dengan regenerasi kulit.

Pengelupasan kulit memang sesuatu yang alami dan terjadi pada semua orang, hal itu normal. Namun jika kulit mengelupas sering terjadi atau berlangsung cukup lama, mungkin ada masalah yang terjadi pada kulit anda. Kulit mengelupas yang terlalu sering terjadi dan berlangsung cukup lama tentunya sangat mengganggu sekali, selain membuat tidak nyaman kulit mengelupas juga mengganggu penampilan. Nah jik hal ini sudak terjadi harus dilakukan tindakan untuk mengatasi kulit mengelupas tersebut.
Penyebab Dan Cara Mengatasi Kulit Mengelupas
Penyebab Dan Cara Mengatasi Kulit Mengelupas

 Penyebab kulit mengelupas

Kulit mengelupas biasanya diiringi dengan rasa gatal, pengeringan pada kulit, iritasi dan munculnya ruam. Nah berikut ini beberapa penyebab kulit mengelupas.

1. Kulit kering

Penyebab utama kulit mengelupas adalah kulit kering. Bagi anda yang memiliki kulit kering akan memiliki resiko kulit mengelupas lebih tinggi. Kulit kering biasanya karena jarang mendapatkan perawatan. Kulit kering ini akan diperparah jika sering bersentuhan dengan air sabun berbahan kimia, krim zat keras, air panas, cuaca panas, cuaca dingin, sengatan sinar matahari secara langsung. 

2. Terbakar sinar matahari

Terik sinar matahari terutama pada jam 10 siang hingga jam 3 sore dapat merusakn kulit. Salah satu efek buruk pada kulit yaitu membuat kulit mengelupas dan terbakar. Sebelum mengelupas, kulit akan terasa gatal, panas, kering setelah beberapa saat kulit akan gelap memerah dan akhirnya mengelupas.

3. Salah pemakaian kosmetik

Bagi para wanita baiknya anda lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik atau produk kecantikan lainnya. Kini banyak produk kecantikan palsu yang dapat merusak kulit. Tidak hanya itu saya, prodyk kecantikan asli namun tidak sesuai dengan jenis kulit juga dapat membuat kulit menjadi iritasi dan mengelupas. Jadi anda harus lebih selektif dalam memiliki kosmetik dan produk kecantikan.

4. Alergi

Jika anda memiliki alergi seperti alergi dengan makanan tertentu, atau alergi dengan cuaca, polusi dan debu, kemungkinan besar hal itu dapat membuat kulit mengelupas. Reakasi yang ditimbulkan biasanya diawali dengan rasa gatal dan kulit memerah.

5.Obat-obatan

Ada beberapa jenis obat-obatan yang memang berfungsi untuk membuat kulit mengerlupas, seperti krim anti jerawat, krim pengangkat sel kulit mati dan lain sebagainya. Obat-obatan tersebut bertujuan untuk mendorong sel kulit mati dan meregenerasinya dengan sel kulit baru.

6. Cuaca ekstrim

Cuaca ekstirm seperti kemarau berkepanjangan  atau musim yang tak menentu sering kali membuat kulit menjadi kering dan mengelupas.

7. Bekas luka

Penyebab kulit mengelupas berikutnya adalah karena adanya luka pada kulit. Kulit yang terluka akan mengalami regenerasi kulit seringga sel kulit mati akan terangkat atau mengelupas dan digantikan dengan sel kulit yang baru. 

Cara mengetasi kulit mengelupas

Kebanyak orang lebih memilih lotion untuk mengatasi kulit mengelupas. Namun sebaiknya sebelum anda menggunakan lotion alangkah baiknya anda mencoba untuk menggunakan bahan-bahan alami terlebih dulu. Dengan menggunakan bahan alami selain lebih murah juga lebih aman untuk digunakan. Nah berikut beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi kulit mengelupas.

1. Madu

Bahan alami pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi kulit mengelupas adalah madu. Sudah bukan rahasia lagi jika madu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Madu sudah sangat populer sekali digunakan sebagai masker wajah. Madu selain dapat mencerahkan kulit, madu juga dapat mengangkat sel kulit mati, menyamarkan bintik hitam dan mengatasi masalah kulit mengelupas. Caranya yaitu anda oleskan madu murni pada kulit yang mengelupas. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air.

2. Lemon

Lemon atau jeruk nipis juga merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk perawatan kulit. Lemon dapat mengatasi jerawat, komedo mengangkat sel kulit mati dan yang pasti mengatasi kulit yang mengelupas. Caranya sangat mudah sekali, anda campurkan air perasan lemon dengan gula, gunakan campuran tersebut sebagai minyak gosok. Lemon ini tidak hanya akan membuat kulit mengelupas hilang, namun juga akan membuat kulit lembab dan cantik.

3. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal akan manfaatnya untuk ksehatan dan kecantikan rambut. Namun tidak hanya untuk rambut saja, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit, salah satunya yaitu untuk mengatasi kulit mengelupas. Caranya yaitu oleskan getah atau gel lidah buaya pada kulit yang mengelupas, diamkan beberapa menit dan bilas dengan air hingga bersih.

4. Pisang

Pisang tidak hanya enak dimakan, namun pisang juga memiki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Pisang sudah sering digunakan masker untuk perawatan kecantikan. Nah salah satu manfaat dari masker pisang ini yaitu untuk mengatasi kulit yang mengelupas. Caranya yaitu anda lembutkan pisang, anda bisa mencampurkannya dengan yougurt, kemudian anda oleskan pada kulit yang mengelupas. Anda juga bisa menggunakan kulit pisang bagian dalam dengan cara digosokan secara perlahan pada kulit yang mengelupas tersebut.

5. Minyak zaitun 

Sudah bukan rahasia lagi jika minyak zaitun adalah salah satu bahan alami untuk perawatan kulit. Nah anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi kulit mengelupas. Caranya anda oleskan pada kulit yang mengelupas. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan bahan alami lain seperti lemon, air mawar, putih telur ataupun susu.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga dapat menjadi obat mujarap untuk atasi kulit mengelupas. Minyak kelapa sangat ampuh untuk melembabkan kulit mengatasi kulit kering, kusam, berminyak dan mengelupas. Caranya yaitu anda oleskan pada kulit yang mengelupas pada malam hari sebelum tidur dan diamkan hingga pagi hari.

7. Minyak wijen

Selain minyak zaitun dan minyak kelapa, minyak wijen juga dapat anda gunakan untuk mengatasi kulit mengelupas. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda oleskan minyak wijen pada kulit yang mengelupas sambil anda pijat secara lembut.

Baca juga : Manfaat luar biasa minyak wijen untuk kesehatan dan kecantikan

8. Pepaya

Pepaya mengandung pepain dan antioksidan yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk kulit mengelupas. Pepaya juga dapat melembabkan dan mengahaluskan kulit. Caranya anda lembutkan pepaya yaitu dengan cara dibelender kemudian anda gunakan masker seperti biasa pada kulit yang mengelupas.

9. Mentimun

Mentimun mengandung lebih dari 90% air sehingga sangat baik untuk melembankan kulit, mengatasi kulit kering dan mengatasi berbagai masalah kulit lainnya, salah satunya mengatasi kulit mengelupas. Mentimun akan memberikan efek dingin pada kulit sehingga akan mempercepat penyembuhan. Buat mentimun kemudian anda oleskan pada kulit yang mengelupas, atau anda juga bisa memotong tipis mentimun lalu anda tempelkan pada kulit yang mengelupas.

10. Cuka

Cuka juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi kulit mengelupas. Caranya cukup anda oleskan cuka pada kulit yang mengelupas dan diamkan selama semalam, maka anda akan melihat hasilnya.

11. Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan vitamin dan anti oksidan yang mampu mencegah kerusakan kulit dan menjaga kecantikan kulit. Apel dapat anda gunakan untuk mengatasi kulit mengelupas, caranya ambil satu bauh apel, anda lembutkan dengan cara dibelender, oleskan pada kulit yang mengalami pengelupasan.

Demikianlah informasi tentang cara mengetasi kulit mengelupas. Kulit mengelupas merupakan hal alami yang terjadi pada semua orang. Namun jika kulit mengelupas terjadi dalam waktu yang lama, maka anda harus segera mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.