Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Dan Cara Mengobati Gigi Berlubang

Leni Fauziah

Penyebab Dan Cara Mengobati Gigi Berlubang - Gigi berlubang merupakan masalah kesehatan gigi yang sangat menyiksa sekali. Banyak orang yang mengeluhkan sakit gigi. Gigi berlubang disebabkan oleh adanya kerusakan pada gigi atau karena gigi keropos. Hal ini biasanya karena gaya hidup yang tidak sehat seperti seringnya mengkonsumsi makanan yang dapat merusak gigi.

Gigi berlubang bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak, remaja, orang dewasa ataupun orang tua. Namun anak kecil yang paling rentan mengalami gigi berlubang. Hal ini dikarenakan kebiasaan anak kecil yang suka makan makanan manis seperti kue, bronies, pasta dan permen. Makanan manis adalah musuh utama gigi, karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi seperti gigi berlubang. Selain itu enamel gigi pada anak-anak belum matang dan mudah keropos sehingga sangat mudah sekali mengalami gigi berlubang.

Tanda-tanda gigi berlubangpun bervariasi, hal ini tergantung dengan seberapa luas lubang gigi tersebut dan dimana letak gigi berlubang tersebut. Saat lubang masih kecil mungkin tidak menunjukan tanda apapun. Namun jika lubang sudah membesar, anda akan merasakan sakit luar biasa, terutama ketima sedang makan. Berikut gejala gigi berlubang.
Penyebab Dan Cara Mengobati Gigi Berlubang
Penyebab Dan Cara Mengobati Gigi Berlubang

Gejala gigi berlubang

- Timbulnya rasa sakit luar biasa pada gigi
- Gigi menjadi sensitiv
- Muncul lubang pada gigi
- Tesara nyeri ketika minum air hangat atau air dingin
- Permukaan gigi berwarna cokelat, hitam ataupun putih
- Timbul rasa nyeri ketika menggigit sesuatu

Baca juga : Cara mengobati gusi bengkak

Penyebab gigi berlubang

Ada banyak hal yang menjadi penyebab gigi berlubang. Pola makan dan jenis makanan merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Namun tidak hanya faktor makanan saja. Ada banyak hal yang dapat mengakibatkan gigi berlubang. Berikut beberapa penyebab gigi berlubang.

1. Makanan yang terlalu manis

Seperti yang telah dijelaskan diatas jika makanan manis merupakan musuh utama gigi. Makanan manis dapat mneyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi seperti gigi berlbang, kerak gigi, sakit gigi dan lain sebagainya. Gula yang terkandung pada makanan manis akan menempel pada gigi dan akan menyebabkan gigi berlubang.

Baca juga : Bahaya dibalik makanan manis

2. Jarang menggosok gigi atau tidak menjaga kebersihan mulut

Idealnya orang harus menggosok gigi sehari minimal 2 kali. Nah jika anda jarang menggosok gigi tentunya akan banyak sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga akan membuat gigi keropos dan berlubang. Oleh sebab itu anda harus rajin menggosok gigi untuk mencegah gigi berlubang dan untuk mengatasi bau mulut.

3. Merokok

Meroko dapat menyebabkan berbagai masalah serius pada kesehatan. Seperti yang telah tertulis pada bungkus rokok jika merokok dapat menyebabkan penyakit kanker, gangguan kehamilan, stroke hingga serangan jantung. Tidak hanya itu saja, rokok juga dapat merusak gigi, menyebabkan bau mulut dan membuat kulit  cepat menua. Tembakaua yang terdapat pada rokok dapat menghambat produksi air liur. Sehinggakan menjadi masalah bagi mulut termasuk menyebabkan gigi berlubang.

Baca juga : Dambak buruk rokok untuk kesehatan dan kecantikan kulit

4. Alkohol

Alkohol juga merupakan minuman memabukan yang menjadi biang kerok berbagai penyakit. Dalam hukum islam alkohol diharamkan karena memang dapat menyababkan berbagai penyakit serius hingga kematian mendadak. Alkohol juga memiliki efek buruk pada gigi, alkohol mengandung pemanis buatan yang dapat membuat gigi keropos dan berlubang. Oleh sebab itu hentikanlah kebiasaan minum alkohol.

5. Karang gigi

Banyaknya karang gigi yang tidak dibersihkan juga menjadi penyebab utama masalah gigi berlubang. Karang gigi akan merusak gigi secara perlahan. Hal ini dikarenakan karang gigi menjadi sarang kuman dan bakteri yang menjadi penyebab gigi berlubang.

Baca juga : Cara mudah atasi karang gigi

6. Mulut kering

Mulut kering tidak hanya menyebabkan bau mulut, namun juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada gigi. Mulut kering yang kekurang air liur akan membuat kuman cepat berkembang. Hal ini dikarenakan air liur yang bertugas  menghilangkan kuman tidak ada, sehingga kuman berkembang cepat dan menyebabkan gigi berlubang.

Baca juga : Cara mengobati sariawan

Cara mencegah gigi berlubang

1. Menjaga kebersihan mulut

Cara pertama untuk mencegah gigi berlubang tentung anda harus menjaga kebersihan mulut anda. Anda diwajibkan sikat gigi 2 kali dalam sehari, jangan  lupa berkumur setiap setiap selesai makan.

2. Perbanyak minum air putih

Air putih akan membantu membersihkan sisa makana yang menempel pada gigi. Dengan demikian air putih juga akan mencegah gigi berlubang.

Baca juga : Manfaat luar biasa air putih untuk kesehatan dan kecantikan

3. Buah-buahan

Buah-buahan sering disebut sebagai makanan penccuci mulut. Hal ini memang buah-buahan dapat membantu membersihkan mulut dan gigi dari sisa-sisa makanan yang menembel. Anda bisa mengkonsumsi buah setelah selesai makan untuk membersihkan mulut dan gigi anda dari sisa makanan.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi  gigi sensitif

4. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk tulang dan gigi

Susu dan makanan atau minuman yang mengandung kalsium tinggi tentunya sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi. Dengan demikian gigi anda akan kuat dan tidak mudah keropos atau berlubang.

5. Mengurangi kebiasaan mengemil

Kebiasaan mengemil selain dapat membuat berat badan naik, kebiasaan mengemil juga tidak baik untuk gigi. Setiap mengkonsumsi makanan ringan, hal itu akan dibebarengi dengan serangan asam pada gigi. Jika gigi terus-terusan diserang asam, maka lama-kelamaan gigi akan keropos dan berlubang.

Cara mengobati gigi berlubang

Untuk mengobati gigi berlubang, anda disarankan untuk pergi ke dokter gigi. Dokter gigi lebih paham dengan masalah gigi berlubang dan cara mengobatinya. Namun untuk pergi ke dokter gigi tentunya diperlukan biaya yang tidak sedikit. Nahh bagi anda yang enggan pergi ke dokter gigi, anda bisa mengatasi gigi berlubang dengan cara alami. Berikut cara alami mengatasi gigi berlubang.

Baca juga : Cara cepat dan aman membersihkan karang gigi

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis menjadi obat alami pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gigi berlubang. Kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis sangat ampuh untuk mengobati gigi berlubang. Caranya yaitu anda teteskan air perasan jeruk nipis pada gigi yang berlubang. Hal ini akan terasa perih, namun gigi berlubang akan cepat sembuh.

Baca juga : Sejuta manfaat dari jeruk nipis

2. Garam

Dari dulu garam memang selalu menjadi obat ampuh untuk mengatasi masalah gigi termasuk gigi berlubang. Kandungan yodium yang terdapat pada garamlah yang dapat membuat gigi berlubang cepat sembuh. Caranya yaitu campurkan garam dengan air hangat, lalu gunakan untuk berkumur. Lalukan berkali-kali maka rasa sakit pada gigi berlubang akan hilang.

3. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh juga akan akan vitamin C yang baik sekali untuk mengatasi gigi berlubang. Caranya yaitu anda ambil belimbing wuluh, kemudian anda besihkan dan anda kunyah menggunakan gigi yang berlubang atau sakit. Hal ini akan terasa perih, namun akan cepat sembuh.

4. Lada

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan lada. Caranya yaitu anda campurkan lada dan garam dengan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pasta lada tersebut pada gigi berlubang dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini berulang kali hingga gigi berlubang sembuh.

5. Cengkeh

Cengkeh juga merupakan rempah-rempah yang dapat menjadi obat gigi berlubang. Cengkeh memiliki sifat anti-inflamasi, anti bakteri, antioksidan dan sifat anestesi. Caranya yaitu anda semprotkan minyak cengkeh pada kapas kemudian anda tempelkan pada gigi yang berlubang. Anda juga cempurkan minyak cengkeh pada air untuk anda gunakan berkumur.

Baca juga : Manfaat cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan

6. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antioksidan dan antibiotik yang sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Caranya yaitu anda tumbuk bawang putih dan campurkan sedikit garam lalu anda oleskan pada gigi yang berlubang. Ulangi cara ini hingg gigi berlubang sembuh.

Baca juga : Sejuta manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan

7. Bawang merah

Tidak hanya bawang putih saja yang dapat mengatasi gigi berlubang. Bawang merah juga dapat mengatasi gigi berlubang. Bawang merah memiliki sifat antimikroba dan antiseptic yang ampuh untuk menyembuhkan sakit gigi. Caranya yaitu kupas bawang merah, kemudian anda kunyah dengan gigi yang berlubang, kalau tidak bisa menguyah, anda gosokan secara perlahan pada gigi yang berlubang.

8. Daun jambu biji

Daun jambu biji juga dapat menjadi obat untuk sakit gigi atau gigi berlubang. Caranya ambil beberapa lembar daun jambu biji, kemudian anda bersihkan dan anda kunyah, Kalau anda tidak bisa mengunyahnya. Anda bisa menumbuknya lalu anda oleskan pada gigi berlubang anda.

9. Biji asam jawa

Sangrai beberapa butir biji asam jawa hingga kering sempurna. Tumbuk hingga halus kemudian anda oleskan pada gigi yang berlubang. Biji asam jawa sering digunakan orang jaman dulu untuk mengobati sakit gigi.

Baca juga : Bahaya menggunakan kawat gigi

Demikianlah informasi tentang penyebab dan cara mengatasi gigi berlubang. Gigi berlubang akan menyebabkan sakit luar biasa, oleh sebab itu harus segera diobati. Semoga informasi diatasi bermanfaat. Terimakasih.