Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Gigi Kuning Dan Cara Mengatasinya

Leni Fauziah

Penyebab Gigi Kuning Dan Cara Mengatasinya - Gigi kuning merupakan masalah yang serius bagi semua orang. Ya gigi yang kuning membuat orang menjadi tidak percaya diri, hal ini dikarenakan gigi merupakan salah satu hal penting dalam penampilan dan gigi kuning dapat membuat penampilan menjadi tidak maksimal.

Gigi yang sudah menguning dalam waktu yang cukup lama tentunya akan sulit untuk dihilangkan. Sikat gigi saja tidak mampu untuk mengatasi gigi kuning. Ada teknik sendiri untuk mengembalikan gigi kuning menjadi putih kembali.

Untuk membuat gigi menjadi putih kembali tentu bukanlah hal yang mudah, namun jika anda termasuk orang berduit, anda bisa pergi ke dokter gigi dan melakukan perawatan disana. Namun bagi anda yang memiliki kantong pas-pasan tentu hal itu sangat memberatkan, karena biaya dokter gigi tidaklah murah. Namun anda tak perlu khawatir, ada cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gigi kuning anda.
Penyebab Gigi Kuning Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Gigi Kuning Dan Cara Mengatasinya

Penyebab gigi kuning

Sebelum kita membahas bagaimana cara alami mengatasi gigi kunging, Kita cari tahu dulu apasaja penyebab gigi kuning, sehingga kita dapat menghindarinya dan gigi kita tetap putih dan sehat. Berikut penyebab gigi kuning.

1. Malas membersihkan gigi

Penyebab pertama gigi menjadi kuning adalah karena anda malas memberihkan gigi. Ya gigi yang jarang dibersihkan akan membuat sisa-sisa makanan menempel pada gigi dan akhirnya gigi menjadi kotor dan menguning, Tidak hanya itu saja, gigi yang jarang dibersihkan juga akan menyebabkan masalah lainnya sperti sakit gigi, gusi berdarah, bau mulut, gigi berlubang dan lain sebagainya. Oleh sebab itu anda diwajibkan untuk menjaga kebersihan gigi dengan minimal menggosok gigi 2 kali dalam sehari.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi  gigi sensitif

2. Merokok

Meskipun pada bungkus rokok tidak dituliskan bahwa merokok dapat menyebabkan gigi kuning speti yang dituliskan merokok dapat menyebabkan penyakit kanker, namun pada kenyataan rokok dapat menyebabkan gigi kuning dan merusak gigi. Kandungan nikotin dalam rokok menjadikan ruang mulut menjadi asam, nikotin akan menempel pada gigi sehingga menjadikan gigi kuning.

3. Kopi

Kopi juga menjadi biang masalah pada gigi. Meskipun kopi memiliki banyak manfaat, namun kopi kurang baik untuk gigi. Kebiasaan minum kopi akan menjadikan gigi menguning, tidak hanya menguning saja, bahkan kopi juga dapat membuat gigi berwwarna hitam. Anda bisa lihat gigi orang-orang yang gemar minum kopi, kebanyakan mereka mimiliki gigi kuning dan hitam.

4. Teh herbal

Teh herbal memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Namun terlalu sering mengkonsumsi teh herbal akan menjadikan gigi menjadi kuning. Oleh sebab itu anda jangan terlalu sering mengkonsumsi teh herbal.

5. Alkohol

Alkohol tidak baik untuk kesehatan, alkohol dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti obesitas, diabetes, kanker, stroke hingga serangan jantung. Selain penyakit berbahaya tersebut, kebiasaan  minum alkohol juga dapat merusak gigi. Alkohol akan membuat gigi menjadi kuning dan berlubang, oleh sebab itu hindarilah alkohol.

Baca juga : Bahaya alkohol untuk kesehatan dan kecantikan

6. Permen karet

Permen karet juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Sebenarnya tidak hanya permen karet saja, melainkan semua permen tidak baik untuk gigi, namun permen karet yang memiliki dampak paling buruk terhadap gigi. Kandungan gula pada permen karen juga dapat merusak gigi hingga akhirnya menyebabkan sakit gigi.

7. Genetik atau keturunan

Faktor gen atau keturunan juga dapat menjadi penyebab gigi kuning. Jika anda memiliki orang tua dengan gigi kuning, mungkin anda juga akan memiliki gigi yang kuning pula.

8. Minuman bersoda

Minuman bersoda juga dapat membuat gigi kuning dan merusak gigi. Minuman bersoda dapat mengikis elemel gigi anda sehingga membuat gigi rusak.

Baca juga : Bahaya minuman bersoda untuk kesehatan dan kecantikan

9. Makanan manis

Makana manis merupakan musuh utama gigi. Makanan manis seperti kue, cokelat, bronis dan lain sebagainya dapat merusak dan membuat gigi menjadi kuning. Oleh sebab itu baiknya anda hindari makanan-makanan manis agar gigi selalu sehat dan putih bersih.

10. Obat-obatan

Ada juga beberapa obat yang dapat membuat gigi menjadi kuning, sebagai contoh obat antibiotik. Obat anti biotik dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Baiknya anda jangan terlalu sering menggunakan obat-obatan.

11. Penyakit

Adapula beberapa penyakit yang memperngaruhi warna gigi, sebut saja penyakit diabetes, ya penyakit diabetes dapat membuat gigi menjadi kuning. Masa kehamilan juga menjadi penyebab gigi menjadi kuning.

Baca juga : Bahaya menggunakan kawat gigi

12. Menggosok gigi setelah makan makanan manis

Menggosok gigi memang baik, namun menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan manis dapat berakibat buruk pada gigi. Setelah mengunyah makanan, mulut akan bersifat asam, dan untuk menetralisir hai ini, maka mengeluarkan enamel untuk melindungi gigi. Jadi jika anda terburu-buru menyikat gigi, enamel akan terbuang sia-sia dan bakteri dengan mudah bersarang pada gigi sehingga gigi menjadi kuning.

Baca juga : Kebiasaan yang dapat merusak gigi

Cara mengatasi gigi kuning

Ada banyak cara mengatai gigi kuning. Namun yang paling pasti yaitu anda harus rajin menggosok gigi. Nah untuk mengatasi gigi kuning, anda bisa langsung pergi ke dokter gigi dan berkonsultasi, namun jika anda tak mau mengeluarkan biaya besar, anda bisa melakukan perawatan sendiri dirumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut cara mangatasi gigi kuning.

Baca juga : Cara mudah meghilangkan karang gigi

1. Baking soda

Cara pertama dan cara paling ampuh adalah dengan menggunakan bakong soda. Baking soda sangat ampuh untuk mengtasi gigi kuning dan juga kerang gigi. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda campurkan baking soda dengan air perasan jeruk nipis, kemudian anda gunakan sikat gigi untuk menggososk gigi diamkan selama 5 menit, maka gigi kuning atau karang gigi akan hilang seketika.

Baca juga : Manfaat dan efek samping baking soda

2. Garam dan jeruk nipis

Cara berikutnya adalah caram dan jeruk nipis. Caranya anda cukup campurkan garam dan air perasan jeruk nipis sehingga berbentuk seperti pasta. kemudian anda gunakan sebagai pasta gigi. Namun anda tidak disarankan untuk terlalu sering menggunakan cara ini, karena garam dapat merusak gigi, jadi jika gigi kuning sudah berhasil diatasi, hentikan cara cara ini.

3. Kulit jeruk

Kulit jeruk merupakan cara tradisional, namun ampuh untuk mengatasi gigi kuning. Caranya sangat mudah sekali, yaitu anda gosokan kulit jeruk bagian dalam pada gigi berkali-kali sesuai keinginan anda, namun bagi anda yang memiliki gigi sensitif tidak disarankan menggunakan cara ini.

Baca juga : Sejuta manfaat kulit jeruk untuk kesehatan dan kecantikan

4. Arang kayu

Arang kayu yang dibiasanya kita gunakan sebagai bara api untuk membakar sate, ternyata juga dapat mengatasi gigi kuning. Caranya sangat mudah sekali. Anda gosokan arang kayu pada gigi anda, namun anda harus berhati-hati karena jika terkena gusi dapat terluka, selain itu arang kayu juga dapat merusak email gigi, jadi lakukan sewajarnya saja.

Baca juga : Cara memutihakn gigi dalam 5 menit

5. Biji buah pinang

Cara alami berikutnya yaitu dengan memanfatkan biji buah pinang. Bakar buah pinang dan tumbuk hingga halus. Gosokan pada gigi dengan bantuan sabut pinang. Lakukan secara teratur 2 kali dalam seminggu.

6. Kulit pisang

Sama halnya dengan kulit jeruk. Kulit pisang juga efektif untuk mengatasi gigi kuning. Bersihkan terlebih dulu gigi anda dengan cara gosok gigi, kemudian anda gosokan kulit pisang bagian dalam secara teratur, maka gigi anda akan putih kembali.

7. Siwak arab

Siwak arab memang sudah sangat populer untuk mengatasibau mulut dan untuk membersihkan gigi. Siwak arab biasa digunakan orang arab juga kaum muslimin untuk membersihkan gigi mereka, cara ini memang cukup ampuh untuk mengatasi gigi kuning. Anda bisa mencobanya untuk mengatasi gigi kuning anda.

8. Daun salam

Daun salam bisa digunakan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi. Caranya sangat mudah sekali, anda haluskan daun salam, kemudian anda campurkan kulit jeruk kering yang juga sudha anda haluskan, campur dengan sedikit air hingga menjadi seperti pasta. Gunakan untuk pasta gigi anda.

9. Stroberry

Stroberry merupakan buah dengan rasa masam yang banyak digemari orang. Stroberry selain memiliki banyak vitamin juga dapat memutihkan gigi. Caranya yaitu haluskan troberry dan gosokan pada gigi secara teratur, maka gigi akan putih dan bersih seperti yang anda inginkan.

Baca juga : Manfaat cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan

10. Cengkeh dan daun sirih

Cengkeh dan daun sirih biasa digunakan orang jaman dulu untuk membersihkan dan membuat gigi menjadi kuat. Namun cara ini sudah jarang dipakai, karena sudah banyak pasta gigi. Meskipun demikian, cengeh dan daun sirih ampuh untuk mengatasi gigi kuning, anda bisa menggunakan untuk menggosokan ke gigi anda atau orang dulu menyebutnya dengan  "Nginang".

Baca juga : Khasiat luar biasa daun sirih

Demikianlah informasi tentang penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya. Selain cara diatas, anda juga disarankan untuk memperbanyak minum air putih, mengkonsumsi buah dan sayuran dan yang pasti rajin menggosok gigi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.