Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Gusi Bengkak Berdarah Dan Cara Mengobatinya

Leni Fauziah

Penyebab gusi bengkak dan cara mengatasinya - Gusi bengkak, gusi berdarah, sariawan, gigi berlubang merupakan masalah mulut yang harus segera di obati. Gusi bengkak memiliki rasa sakit luar biasa, bahkan tak jarang sakitnya sampai kepala. Banyak orang yang mengeluh tidak nyaman karena mengalami gusi bengkak. Seperti halnya sakit gigi, gusi bengkak juga sangat menyiksa sekali.

Gusi merupakan jaringan kokoh berwarna pink karena terdapat pembuluh darah kecil-kecil dan rapat, gusi membungkus tulang rahang atas dan bawah dan juga menempel pada bagian bawag gigi, sehingga apa yang dialami gigi akan berdampak juga pada gusi.

Sekarang ini banyak sekali produk yang dijual dipasaran untuk mengatasi gusi bengkak atau gusi berdarah. Namun anda juga harus mengerti dan berhati-hati dalam memilih obat yang ada dipasaran. Hal ini dikarenakan tidak semua produk dipasaran aman untuk anda gunakan. Baiknya anda berkonsultasi terlebih dulu pada dokter.

Namun jika anda tak mau repot konsultasi ke dokter, anda bisa mengobati gusi bengkak atau berdarah dengan menggunakan ramuan alami. Dengan ramuan alami yang kita buat sendiri dari bahan-bahan alami tentunya akan lebih aman ketimbang menggunakan obat yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Sebelum kita membahas tentang gusi bengkak atau gusi berdarah kita cari tahu dulu penyebab gusi berdarah tersebut. Gusi bengkak biasanya diawali dengan munculnya kemerah-merahan yang melingkari gusi, saat menyikat gigi sering keluar darah tanpa kita sadari. Nah berikut beberapa penyebab gusi bengkak atau berdarah.
Penyebab Gusi Bengkak Berdarah Dan Cara Mengobatinya
Penyebab Gusi Bengkak Berdarah Dan Cara Mengobatinya

Penyebab gusi bengkak dan berdarah

1.Radang gusi (Gingivitis)

Radang gusi atau disebut juga dengan istilah gingivitis merupakan penyebab gusi bengkak yang paling sering terjadi. Radang gusi merupakan keadaan gusi yang sakit yang menjadi iritasi dan membengkak. Banyak sekali orang yang mengalami gingivitis atau radang gusi tanpa disadari. Namun jika radang gusi ini tidak cepat tangani tidak hanya menyebabkan gusi bengkak saja, namun juga dapat membuat gigi copot.

2. Infeksi

Penyebab gusi bengkak lainnya yaitu dikarenakan infeksi. Infeksi ini biasanya terjadi karena adanya kuman, bakteri, jamur maupun virus sehingga membuat gusi bengkak. Hal ini akan diperparah jika anda memiliki riyawat penyakit herpes, anda akan perpotenti terserang herpes akut gingivostomatis.

3. Kehamilan

Ketika memasuki masa kehamilan, anda juga akan mengalami gusi bengkak. Hal ini wajar dan hampir dialami semua ibu hamil. Hormon tubuh selama kehamilan dapat meningkatkan aliran darah pada gusi hingga menyebabkan gusi membengkak.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi  gigi sensitif

4. Malnutrisi

Kekurangan vitamin, terutama vitamin B dan C dapat menyebabkan gusi bengkak. Vitamin C sangat berperan penting dalam pemeliharaan dan perbaikan gigi dan gusi. Jika vitamin C anda turun, maka hal itu dapat menyebabkan masalah pada gigi dan juga gusi termasuk gusi bengkak.

5. Karang gigi

Sisa makanan yang menempel pada gigi dan terus dibiarkan akan menjadi karang gigi yang akan sulit sekali untuk dihilangkan. Nah karang gigi tersebutlah yang nantinya akan menjadi sarang kuman, bakteri yang dapat menyebabkan gusi bengkak.

Baca juga : Cara mudah menghilangkan karang gigi

6. Gigi berlubang

Gigi berlubang juga menjadi salah satu penyebab gusi bengkak. Jika anda tidak menjaga dan merawat gigi anda, bukan tidak mungkin gigi menjadi berlubang dan keropos hingga akhirnya menjadikan gusi bengkak.

7. Kawat gigi

Pemakaian kawat gigi atau behel juga dapat menyebabkan gusi bengkak. Pemasangan kawat gigi yang terlalu rapat dengan gusi akan memberikan tekanan pada gusi, sehingga gusi akan mengalami iritasi dan bengkak.

Baca juga : Bahaya menggunakan kawat gigi

8. Makanan tak sehat

Mengkonsumsi makanan tak sehat juga menjadi penyebab gusi bengkak. Hindarilah makanan yang banyak mengandung gula. Gula tidak baik untuk gigi dan gusi.

Cara mengobati gusi bengkak

Setelah kita mengetahui penyebab gusi bengkak. Saatnya kita membahas bagaimana cara mengobati gusi bengkak. Ada banyak cara untuk mengobati gusi bengkak. Anda bisa membeli obat diapotek atau toko terdekat, namun kami tidak menyarankan hal itu. Kami akan memberikan beberapa metode pengobatan tradisional yang dapat menjadi obat alami yang ampuh untuk mengobati gusi bengkak. Berikut cara alami mengobati gusi bengkak.

Baca juga : Cara cepat atasi bau mulut

1. Menggunakan garam

Cara pertama untuk mengobati gusi bengkak yaitu dengan menggunakan garam. Garam memang sudah populer sekali untuk mengatasi gusi benkak. Caranya sangat mudah sekali, campurkan 1 sendok garam dengan air hangat, lalu anda gunakan untuk berkumur. Anda lakukan cara diatas 3 kali dalam sehari, maka gusi bengkakpun akan sembuh.

Baca juga : Manfaat luar biasa garam untuk kecantikan

2. Jus lemon

Jus lemon kaya akan vitamin C yang baik untuk gusi. Ambil jeruk lemon, peras dan ambil airnya, lalu campurkan dengan air hangat, anda gunakan untuk berkumur atau bisa juga anda minum. Biarkan selama beberapa detik didalam mulut sebelum anda muntahkan atau anda telan. Lakukan cara ini setiap hari untuk mengatasi gusi bengkak.

Baca juga : Manfaat lemon untuk kulit wajah

3. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satuny yaitu untuk mengobati gusi bengkak. Namun anda disarankan untuk menggunakan minyak cengkeh asli. Caranya sangat mudah yaitu anda oleskan minyak cengkeh tersebut pada gusi yang bengkak. Lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari maka gusi bengkak akan sembuh.

Baca juga : Manfaat cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan

4. Menggunakan madu

Madu memang memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Nah dalam hal ini madu dapat menjadi obat alami untuk mengatasi gusi bengkak. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda oleskan madu pada gusi bengkak 3 kali dalam sehari, Namun anda harus menggunakan madu alami asli bukan yang sudah tercampur dengan bahan pengawet.

5. Pijatan gusi

Anda juga bisa melakukan pijatan gusi untuk mengatasi gusi bengkak. Anda bisa melakukannya sendiri yaitu dengan menggunakan jari telunjuka anda. Bersihkan jari telunjuk anda lalu pijatkan pada gusi yang sakit. Dengan cara ini gusi bengkak akan cepat sembuh.

Baca juga : Cara mengobati sariawan

6. Perbanyak minum air putih

Dengan minum banyak air putih akan membantu menghilangkan kuman dan bakteri yang terdapat pada mulut. Dengan hilangnya kuman dan bakteri tersebut, gusi bengkakpun akan cepat sembuh. Selain itu memperbanyak minum air putih juga dapat membantu memproduksi air liur. Seperti yang kita ketahui jika air liur akan membunuh kuman yang ada dalam mulut.

7. Bawang merah

Bumbiu dapur yang biasa digunakan sebagai penyedap makanan yaitu bawang merah juga dapat menjadi obat ampuh untuk mengatasi gusi bengkak. Bawang merah memiliki yang dapat meredakan pembengkakan. Caranya adalah campurkan bawang merah pada air garam lalu anda gunakan untuk berkumur. Cara ini sangat ampuh, namun  banyak orang yang enggan menggunakannya. Hal ini dikarenakan bawang merah menyebabkan bau mulut yang tak sedap.

Baca juga : Sejuta manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan

8. Kulit andong

Siapkan kulit dari tanaman andong dan garam secukupnya. Cuci kulit andong hingga benar-benar bersih kemudian anda kunyah bersama dengan garam dapur lalu anda tempelkan pada gusi yang bengkak.

9. Baking soda

Cara alami berikutnya yaitu dengan menggunakan baking soda. Gunakan baking soda untuk berkumur. Baking soda akan mengurangi sakit pada gusi dan mencegah penyebaran bakteri penyebab gusi bengkak.

Baca juga : Manfaat baking soda untuk kulit wajah

10. Daun sirih dan kunyit

Siapkan 10 helai daun sirih, campurkan dengan kunyit dan garam secukupnya. Berikan air secukupnya kemudian anda masak hingga mendidih. Setelah itu anda saring dan ambil sarinya. Gunakan sarinya tersebut sebagai obat atau bisa juga untuk anda minum.

Baca juga : Manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan

Demikianlah informasi tentang penyebab gusi bengkak dan cara mengobatinya. Banyak obat yang bisa kita beli diapotek atau diparasan, namun cara alami jauh lebih baik dan aman. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.