Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Bahaya Dibalik Makanan Manis Yang Wajib Kita Ketahui

Leni Fauziah

Bahaya dibalik makanan manis - Makanan manis siapa yang tidak suka, pasti semua orang menyukai makanan manis, terutama anak-anak. Makanan manis berasal dari gula ataupun pemanis buatan. Meskipun gula memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, namun gila juga memiliki efek buruk bagi kesehatan, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

Gula memang memiliki dampak buruk bagi kesehatan, namun banyak orang yang suka dengan makanan manis. Gula memang tak seburuk lemak jenuh, garam, ataupun kalori. Hal ini yang mungkin menyebabkan orang tetap mengkonsumsi gula atau makanan manis. Padahal faktanya kebanyakan orang mengkonsumsi 500 kalori ektra hanya dari gula atau makanan manis yang mereka konsumsi dan hal ini akan sangat berbaya sekali bagi tubuh.

Dampak buruk dari makanan manis yang paling populer adalah penyakit diabetes atau kencing manis, namun tidak hanya penyakit diabetes saja yang mengancam orang yang suka dengan makanan manis. Nah dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa penjelasan mengenai bahaya dibalik makanan manis yang wajib kita ketahui.
Bahaya Dibalik Makanan Manis Yang Wajib Kita Ketahui
Bahaya Dibalik Makanan Manis Yang Wajib Kita Ketahui

1. Menyebakan diabetes

Sperti yang telah disinggung diatas jika makanan manis dapat menyebabkan penyakit diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyakit serius dan harus mendapatkan penanganan khusus. Ketika orang sering mengkonsumsi gula ataupun makanan manis akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh kita.  Hal ini akan membahayakan prangkreas dan meningkatkan resiko diabetes. 

2. Menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan

Gemuk dan perut buncit merupakan tanda seseorang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Obesitas selain membuat tubuh tidak nyaman, dan merusak penampilan, obesitas juga menyebabkan orang mudah terserang berbagai penyakit. Nah obesitas dapat disebabkan oleh gula, Gula atau makanan manis merupakan kontributor besar dalam menaikan berat badan. Gula yang tak terpakai akan menjadi timbunan lemak hingga membuat orang menjadi gemuk. Dan kelebihan berat badan yang disebabkan oleh makanan manis ini tidak bisa diatas dengan diet bias, karena lemak akibat gula cukup sulit untuk diatasi.

Baca juga : Cara jitu menurunkan berat badan dan mengatasi perut buncit

3. Meningkatkan tekanan darah

Teralu banyak mengkonsumsi gula ataupun makanan manis dapat menyebabkan naiknya tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang melibatkan pasien penderita stroke dengan tekanan darah  tinggi dan normal. Peluang untuk bertahan hidup sangat rendah bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi.

4. Meningkatkan resiko penyakit jantung

Mengkonsumsi makanan manis atau gula yang berlebih menyebabkan tekanan darah tinggi, kolestrol hingga akhirnya akan mengancam kesehatan jantung. Nah untuk menghindari berbagai penyakit diatas, baiknya anda kurangi dalam mengkonsumsi makanan manis.

5. Membunuh secara perlahan

Gula ataupun makanan manis akan membunuh penikmatnya secara perlahan. Mengkonsumsi froktosa berlebihna berhubungan dengan peningkatan resiko kondisi resistensi lepin. Leptin merupakan hormon yang memberi tahu otak jika sudah merasa kenyang. Namun jika tubuh mengamai resistensi leptin, otak tidak akan merasa puas meskiun tubuh sudah merasa kenyang. Lama-kelamaan orang akan selalu ingin makan dan menyebabkan obesitas dan berbagai penyakit yang akan membunuhnya secara perlahan.

6. Mengganggu pertumbuhan hormon

Gula atau makanan manis selain menyebabkan resisten terhadap insulin juga mengganggu pertumbuhan hormon. Sedangkan hormon berperan penting dalam pemeliharaan otot dan libido.

7. Merusak gigi

Makanan manis atau gula juga berakibat buruk pada gigi. Gula ataupun makanan manis akan menyebabkan gigi berlubang dan rusak. Hal ini dikarenakan bakteri yang terdapat pada mulut akan memecah makanan manis menjadi asam dan hal ini akan membuat gigi rusak. Oleh sebab itu banyak orang tua yang melarang buah hatinya mengkonsumsi permen, ataupun makanan manis lainnya.

Baca juga : Penyebab dan cara mengobati gigi berlubang

8. Meningkatkan resiko kanker

Selain penyakit serangan jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes, gemar mengkonsumsi makanana manis juga dapat meningkatkan resiko penyakit serius lainnya, yaitu penyakit kanker. Semua orang memang memiliki resiko terserang kanker, namun orang yang suka dengan makanan manis akan memiliki resiko lebih besar. Hal ini disebabkan karena makanan manis akan membuat sel kanker tumbuh subur yang akhirnya menyebabkan penyakit kanker.

9. Racun yang merusak hati

Meskipun tak separah alkohol, gula atau makanan manis juga dapat menjadi racun dijiak dikonsumsi secara berlebihan. Froktosa ataupun glukosa dalam tubuh yang berlebihan akan memberikan efek racun pada hati. Efek ini hampir sama dengan yang disebabkan oleh alkohol.

10. Menurunkan kemampuan otak

Gula atau makanan manis akan membuat sel menua dan cepat mati, begitu juga dengan sel otak. Dan jika mengkonsumsi gula secara berlebihan, akan banyak sel otak yang mati sehingga otak mengalami penurunkan kemampuan, orang akan menjadi bodoh dan sulit untuk berfikir.

11. Meningkatkan stres

Gula ataupun makanan manis juga dapat meningkatkan stres. Makanan manis dapat berpengaruh pada suasana hati dan menyebabkan depresi. Hal ini dikarenakan kandungan gula dapat merangsang jalur pada otak yang mempengaruhi sikap dan prilaku dalam menangani stres.

12. Menurunkan sistem kekebalan

Makanan manis yang dikonsumsi secara berlebihan juga akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini akan membuat orang mudah terserang berbagai penyakit.

13. Menyebabkan masalah pada kulit

Gula ataupun makanan manis akan menybabkan kulit menjadi kusam dan berminyak, Dan hal ini akan menyebabkan berbagai masalah kulit seperti komedo, jerawat, kerutan dan berbagai masalah kulit lainnya.

Baca juga : Cara mengatasi kulit berminyak

Demikianlah informasi tentang bahaya dibalik makanan manis. Makanan manis memang nikmat, namun dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Oleh sebab itu kurangilah dalam mengkonsumsi gula atau makanan manis. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.