Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Cara Cepat Dan Aman Menghilangkan Jerawat Membandel

Leni Fauziah

Cara menghilangkan jerawat membandel - Jerawat merupakan masalah kulit yang bisa timbul kapan saja dan kepada siapa saja. Jerawat meskipun bukanlah penyakit kulit kronis, namun meskipun hanyalah benjolan kecil, kehadirannya sangat mengganggu sekali, hal ini dikarenakan jerawat dapat menghancurkan penampilan. Oleh sebab itu jerawat menjadi musuh utama para kaum muda.

Jerawat memang sangat megganggu sekali, terlebih jerawat yang membandel atau jerawat. Bahkan jerawat terlihat sangat menjijikan. Namun anda tak perlu khwatir, masalah jerawat bisa kita atasi dengan mudah dan cepat. Namun sebelum kita membahasa masalah bagaimana menghilangkan jerawat membandel dengan cepat, kita cari tahu dulu penyebab jerawat agar kita lebih mudah dalam mencegah serta mengatasi jerawat tersebut.
Cara Cepat Dan Aman Menghilangkan Jerawat Membandel
Cara Cepat Dan Aman Menghilangkan Jerawat Membandel

Penyebab jerawat

Penyebab utama jerawat, tentu keadaan pori-pori yang tersumbat sehingga kulit tidak bernafas hingga akhirnya muncul peradangan yang menyebabkan muncul benjolan yang kadang hingga bernanah. Nah kalau sudah muncul nanah ini kita harus segera bertindak agar masalah tersebut cepat teratasi. Namun selain karena hal tersebut, ada banyak faktor lain yang menyebabkan kulit menjadi berjerawat. Berikut penyebab kulit berjerawat.

1. Hormon atau keturunan

Penyebab utama jerawat yang pertama adalah karena keturunan. Genetik yang dibawa oleh orang tua akan diturunkan kepada sang anak. Makan ketika orang tua berjerawat, aktifitas kelenjar minyak pada si anak akan menjadi lebih prsoduktif sehingga jerawat akan mudah muncul. Jerawat karena faktor keturunan ini sangat sulit untuk dihilangkan.

2. Kedaan kulit yang jarang dibersihkan

Kulit yang kotor dan jarang dibersihkan merupakan penyebab utama munculnya jerawat. Ketika kita melakukan aktivitas, kotoran, bedu, polusi dan berbagai zat bahaya lainnya akan menempel pada kulit. Jika hal itu tidak dibersihkan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat hingga akhirnya muncul jerawat. Anda disarankan untuk membersihkan kulit wajah anda setelah setelai beraktifitas agar terbebas dari masalah jerawat atau masalah kulit lainnya.

3. Sering menyentuh kulit wajah

Kulit wajah yang sering disentuh juga berpotensi muncul jerawat. Terlebih jika tangan dalam keadaan kotor. Biasanya hal ini diawali dengan rasa gatal pada kulit yang kemudian muncul benjolan yang disebut jerawat. Oleh sebab itu hindari menyentuh kulit wajah terlalu sering.

Baca juga : Macam-maca jerawat dan cara mengatasinya

4. Kosmetik

Memakai kosmetik tentu bertujuan agar kulit wajah bisa terlihat lebih cantik dan mempesona. Namun tidak semua kosmeti baik untuk wajah. Terkadang kosmetik juga mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kulit wajah, seperti iritasi serta munculnya jerawat. Kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit juga penyebab utama munculnya jerawat. Hal ini akan semakin berbahaya jika kosmetik yang digunakan adalah kosmetik abal-abal, tidak hanya jarawata saja yang ditimbulkan, kosmetik palsu atau abal-abal juga dapat menyebabkan kanker kulit. Lebih baik anda gunakan kosmetik yang memang cocok dengan jenis kulit anda, dan gunakan secukupnya.

5. Tidak membersihkan make up

Setalah melakukan pekerjaan dan aktivita selama seharian tubuh akan merasa lelah dan lesu. Hal ini yang menyebab banyak orang langsung tidur tanpa membersihkan kulit wajah dari make up yang digunakannya. Padahal make up yang telah bercampur dengan debu, polusi, kotoran dan keringat bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Baiknya anda bersihkan make up anda sebelum beristirahat.

6. Gaya hidup tak sehat

Gaya hidup tak sehat seperti jarang melakukan aktivitas atau olah raga, kebiaan merokok dan minum alkohol juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Olah raga berfungsi memperlancar peredaran darah, jika orang jarang melakukan olah raga, kulit akan terlihat pucat dan muncul jerawat. Begitu juga dengan kebiasaan merokok dan minum alkohol, keduanya dapat menyebabkan kerusakan pada kulit seperti kulit kering, jerawat hingga penuaan dini.

7. Kulit wajah berminyak dan kusam

 Kulit wajah berminya merupakan penyebab utama munculnya jerawat. Tidak hanya jerawat saja, kulit wajah yang berminyak juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit lainnya seperti komedo, kulit gusam, kulit gelap, penuaan lain sebagainya. Kulit wajah yang berminyak juga tak enak untuk dipandang. Anda bisa mengatasi masalah kulit berminyak dengan membaca cara ampuh mengatasi masalah kulit berminyak.

8. Hormon

Hormon juga menjadi penyebab munculnya jerawat. Maka tak heran ketika menjelang haid, kulit kerap muncul jerawat. Karena pada saat itu hormon tidak seimbang  sehingga mengakibatkan kulit berjerawat.

9. Makanan

Ada beberapa makanan yang menjadi penyebab munculnya jerawat, sebut saja makan berlemak seperti gorengan, ya gorengan adalah makan penyebab kulit berminyak dan berjerawat, baiknya anda hindari makan makanan gorengan. Tidak hanya gorengan saja, makanan asin dan terlalu manis juga menjadi penyebab munculnya jerawat, minuman bersoda juga dapat menyebabkan jerawat. Baiknya anda hindari makanan-makan penyebab jerawat tersebut.

Baca juga : Daftar makanan penyebab jerawat yang harus anda hindari

10. Alergi

Alergi akan menyebabkan kulit iritasi dan bisa juga menyebabkan jerawat. Alergi akan diawali dengan munculnya rasa gatal dan warna kemerahan pada kulit hingga akhirnya muncul benjolan. Alergi bisa disebabkan oleh banyak hal sperti makanan, debu, polusi, bulu binatang dan lain sebagainya.

Cara mengatasi jerawat membandel

Ada banyak cara untuk mengatasi jerawat membandel. Anda bisa menggunakan krim anti jerawat, krim tersebut akan memberikan efek instans, namun juga akan memberikan efek samping yang cukup berbaya bagi kesehatan kulit dimasa depan. Anda juga bisa pergi ke klinik kecantikan atau dokter spesialis kulit, cara ini juga merupakan cara instan untuk mengatasi masalah jerawat, namun bagi mereka yang memiliki kantong pas-pasa tentunya tak akan bisa melakukan cara ini. Namun anda tak perlu khawatir, masih ada cara alami yang murah meriah dan bisa anda lakukan sendiri dirumah. Meskipun sedikit merepotkan, namun cara alami memberikan efek yang baik untuk menyembuhkan jerawat serta tidak memberikan efek samping bahaya bagi kesehatan kulit dimasa depan. Berikut beberapa cara alami untk mengatasi masalah jerawat yang membandel.

Baca juga : Cara ampuh mencegah jerawat tumbuh lagi

1. Bawang putih

Bawang putih merupakan cara alami pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Bawang putih dapat mengatasi jerawat hanya dalam semalam, dan ini juga sering saya gunakan untuk mengatasi jerawat. Cara penggunaannya sangat mudah sekali, yaitu tumbuk bawang putih kemudian tempelkan pada kulit anda yag berjerawat semalama 1 malam, atau anda bisa menggosokan bawang putih pada jerawat anda sebelum tidur dan diamkan selama semalam. Cuci bersih dipagi harinya dan jerawat akan mengering dipagi hari tersebut.

Baca juga : Sejuta manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan

2. Jeruk nipis

Jeruk nipi juga bahan alami yang murah meriah yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Jeruk nipis memang sering digunakan untuk perawatan  kulit serta mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat. Caranya sangat mudah sekali. Peras buah jeruk nipis kemudian anda oleskan pada kulit anda yang berjerawat, anda bisa mencampurnya dengan madu, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Sejuta manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan

3. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal akan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Namun tidak hanya untuk rambut saja, lidah buaya juga baik untuk kulit. Lidah buaya mampu mengatasi berbagai masalah pada kulit salah satunya yaitu jerawat. Caranya yaitu potong lidah buaya dan oleskan gel lidah buaya pada kulit yang berjerawat pada pagi dan sore hari, jerawat akan sembuh dalam waktu 2 atau 3 hari. Mudah bukan.

Baca juga : Sejuta manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

4. Madu

Madu merupakan cairan manis yang dihasilkan oleh lebah. Madu memliki sejuta khasiat untuk kesehatan dan kecantikan, oleh sebab itu madu sering disebut dengan cairan ajaib. Nah untuk menghilangkan jerawat dengan madu sangat mudah sekali, caranya anda siapkan madu murni, kemudian anda oleskan pada kulit anda, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Perawatan dengan madu juga dapat membuat kulit menjadi cerah, kenyal, cantik alami.

Baca juga : Sejuta manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan

5. Putih telur

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan putih telur. Putih telur sering digunakan para wanita sebagai masker kulit wajah untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah serta menghilangkan keriput atau kerutan pada kulit wajah. Namun tidak hanya itu saja, masalah jerawatpun dapat diatasi dengan putih telur. Caranya sangat mudah sekali, yaitu oleskan putih telur pada kulit wajah dan diamkan selama 20 menit atau hingga terasa kaku, baru anda bilas dengan air hangat.

6. Tomat

Tomat merupakan sayuran yang sering dijadikan sebagai bahan utama pembuatan sambal atau saus. Namun dalam dunia kecantikan tomat juga memiliki banyak sekali manfaat. Tomat biasa dijadikan masker wajah karena manfaatnya untuk kecantikan kulit wajah. Salah satu manfaat dari masker tomat adalah untuk mengatasi masalah jerawat. Caranya sangat mudah sekali, haluskan tomat dengan cara diblender, kemudian anda aplikasikkan pada kulit wajah dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Baca juga : Sejuta manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan

7. Es batu

Es batu berguna untuk mendinginkan minuman, namun siapa sangka jika es batu juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Ya es batu dapat menghilangkan jerawat, bahkan jerawat membandel sekalipun dapat diatasi dengan menggunakan es batu. Caranya sangatlah mudah yaitu bungkus es batu dengan kain bersih lalu anda tempelkan pada kulit yang berjerawat selama beberapa detik atau menit dan ulangi hingga 10-20 kali sampai jerawat sembut. Es batu juga akan mengecilkan serta membersihkan pori-pori kulit dari kotoran.

Baca juga : Manfaat es batu untuk kecantikan

8. Baking soda

Baking soda biasa digunakan ibu-ibu untuk pembuatan kue, namun baking soda juga dapat kita gunakan untuk menghilangkan jerawat. Baking soda sudah banyak digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Caranya campurkan baking soda dengan garam laut dan air hingga menjadi pasta, oleskan pada jerawat anda selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Baca juga : Manfata serta efek samping baking soda untuk kesehatan dan kecantikan

9. Mentimun

Mentimun juga dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah jerawat. Mentimun mengandung banyak air yang dapat menghilangkan minyak serta kotoran pada kulit yang menjadi penyeba kulit berjerawat. Caranya yaitu iris tipis-tips mentimun lalu tempelkan pada jerawat anda selama kurang lebih 20 menit dan rasakan efek dinginnya.

10. Kentang

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan kentang. Kentang dapat mengatasi jerawat. Caranya yaitu jadikan kentang sebagai masker wajah, haluskan kentang lalu aplikasikan pada kulit wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin.

Demikianlah cara cepat dan aman menghilangkan jerawat yang membandel. Jagalah kebersihkan kulit anda agar terhindar dari masalah jerawat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.