Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Cara Mudah Atasi Lidah Terbakar Akibat Makanan Panas

Leni Fauziah

Cara Mudah Atasi Lidah Terbakar Akibat Makanan Panas - Disaat cuaca dingin atau musim hujan seperti ini, menyruput minuman panas, atau sup hangat memang sangat menggiurkan sekali, terlebih ketika perut terasa lapar, pasti lezat sekali. Namun kebanyakan dari kita tak menghiraukan keadaan panas pada makanan atau minuman yang kita konsumsi tersebut, akibatnya mulut atau lidah terasa seperti terbakar.

Keadaan lidah yang terbakar tersebut tentu membuat kita menjadi tidak nyaman. Ya lidah melepuh, kering, dan mati rasa akibat dari makanan panas yang kita konsumsi. Tidak hanya lidah saja, terkadang juga terasa hingga ke bibir dan gusi kita.

Meskipun sebenarnya lidah terbakar akibat makanan peda dapat sembuh dengan sendirinya. Namun kebanyakan orang merasa tidak nyaman dan terganggu hingga akhirnya ingin cepat-cepat mengatasi masalah lidah terbakar tersebut. Nah berikut ini ada beberapa cara mudah dan cepat untuk mengatasi lidah terbakar akibat dari makanan panas.
Cara Mudah Atasi Lidah Terbakar Akibat Makanan Panas
Cara Mudah Atasi Lidah Terbakar Akibat Makanan Panas

1. Es batu atau es krim

Cara terbaik dan paling ampuh untuk mengatasi masalah lidah terbakar akibat makanan panas adalah dengan menggunakan es batu atau es krim. Es batu atau es krim akan memberikan sensasi dingin pada lidah dan mulut anda sehingga lidah akan terasa lebih nyaman dan cepat sembut. Caranya sangat mudah sekali yaitu dengan menghisap es batu atau es krim. 

2. Madu

Madu merupakan cairan manis ajaib yang dihasilkan oleh lebah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, salah satunya yaitu untuk mengatasi sensasi lidah terbakar akibat makanan panas.Caranya yaitu oleskan madu pada lidah anda, madu juga bisa menjadi anti septik yang mencegah infeksi dimulut.

3. Soda kue

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan soda kue. Soda kue merupakana bahan alami alkali yang dapat membantu menetralkan lingkungan asam dalam mulut yang menyebabkan sensasi terbakar pada lidah. Berkumur dengan soda kue juga dapat membunuh kuman, bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan bau mulut dan infeksi pada mulut.

4. Makan yougurt atau susu dingin

Yougurt atau susu dingin juga dapat mengatasi sensasi terbakar pada lidah yang diakibatkan makanan panas. Yougurt atau susu akan memberikan efek dingin pada lidah sehingga dengan cepat menyembuhkan lidah yang terbakar. Caranya sangat mudah sekali, anda diamkan 1 sendok makan yougurt atau susu pada mulut anda selama beberapa saat sebelum anda telan.

5. Menaburi lidah dengan gula

Cara berikutnya yaitu dengan menaburi lidah dengan gula putih. Cara ini mungkin terdengar unik, namun cukup ampuh untuk mengatasi masalah kulit terbakar. Caranya yaitu dengan menaburkan gula putih pada lidah anda yang terbakar, biarkan beberapa saat atau hingga larut dan anda bisa ulangi hingga lidah terbakar anda sembuh.

6. Vitamin E

Vitamin E dapat mempercepat penyembuhan dan mengatasi masalah lidah terbakar dengan cepat melalui perbaikan jaringan lidah. Caranya yaitu bukalah kapsul vitamin E 1,000 dan taburkan minyaknya pada lidah yang terbakar.

7. Makan makanan yang mengandung vitamin B

Salah satu penyebab rasa terbakar pada lidah dikarenakan kekurangan vitamin B. Untuk itu anda disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan sumber vitamin B. Anda bisa mendapatkan vitamin B dari makanan seperti daging, ikan, telur, kedelai, nasi merah, sereal dan  lain sebagainya.

8. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya juga dapat menjadi solusi akan sensasi terbakar pada lidah anda. Caranya sangat mudah sekali, siapkan lidah buaya anda bersihkan lalu anda ambil gelnya dan oleskan pada lidah anda yang terbakar. Lakukan berkali-kali dalam sehari hingga lidah anda sembuh.

9. Minyak lavender

Antiseptik pada minyak lavender memiliki efek penyembuhan pada mulut terbakar. Hal ini dikarenakan minyak lavender mampu meningkatkan sirkulasi darah sehingga penyembuhan lebih cepat. Cara penggunaannya mudah yaitu berikan beberapa tetes minyak lavender pada bola kapas, lalu terapkan pada lidah atau mulut anda.

10. Minum banyak air

Caranya berikutnya yaitu dengan minum banyak air putih terutama air putih yang dingin. Baiknya anda tahan dulu air tersebut pada mulut anda sebelum anda telan. Rasa dingin dari air tersebut akan membantu mempercepat penyembuhan pada lidah anda.
Demikianlah informasi tentang cara mudah dan cepat mengatas lidah terbakar akibat makanan panas. Untuk menghindari atau mencegah lidah terbakar, baiknya anda hindari makanan yang terlalu panas, anda bisa meniupnya terlebih dulu sebelum anda makan. Hal ini agar makanan tersebut menjadi lebih dingin dan aman untuk lidah kita. semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.