Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Dampak Buruk Kafein Bagi Kesehatan Dan kecantikan

Leni Fauziah

Dampak Buruk Kafein Bagi Kesehatan Dan kecantikan - Kafein identik dengan kopi, namun sebenarnya kafein tidak hanya terdapat pada kopi saja, kafein juga terdapat pada teh, coklat dan lain sebagainya dengan kadar yang berbeda-beda. Kafein sendiri merupakan zat alami yang terdapat pada tumbuhan yang berfungsi sebagai stimulan pada sistem saraf pusat dan sistem metabolik.

Kafein memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia dan yang paling populer adalah untuk mencegah atau mengilangkan rasa ngantuk, Ya benar sekali kopi selalu menjadi teman orang yang suka begadang atau kerja lembur. Namun meskipun demikian, kafein juga memiliki banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulit kita.
Dampak Buruk Kafein Bagi Kesehatan Dan kecantikan
Dampak Buruk Kafein Bagi Kesehatan Dan kecantikan

Kadar kafein yang masih aman di konsumsi tubuh

Jumlah kafein yang aman dikonsumsi oleh tubuh orang dewasa adalah sekitar 400 miligram setiap harinya. Pada takaran tersebut kafein masih aman untuk tubuh kita. Nah jika mengkonsumsi kafein lebih dari takaran diatas akan berdampak buruk pada kesehatan dan kecantikan. Apasaja dampak buruknya? Berikut beberapa dampak buruk kafein bagi kesehatan dan kecantikan.

Dampak buruk kafein bagi kesehatan

1. Kecemasan dan gangguan tidur

Dampak buruk pertama dari kafein adalah perasaan cemas dan gangguan tidur. Hal ini dikarenakan kafein akan membuat orang menjadi susah tidur jika dikonsumsi secara berlebihan dalam waktu yang panjang. Sedangkan gejala kemasan yang disebabkan oleh kafein adalah serangan panik, dan masalah psilogis lainnya termasuk obsesif dan skozofrenia.

Baca juga : Dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan dan kecantikan

2. Merusak tulang

Kafein menyebabkan pengeluaran kalsium, magnesium, potasium, zat besi dan trace mineral melalui urine hingga akhirnya menyebabkan kerusakan pada tulang atau yang sering disebut dengan istilah osteoporosis.

3. Memicu sakit kepala

Sakit kepala dan kafein memiliki kaitan sangat erat. Hal ini dikarenakan kafein terdapat pada obat sakit kepala. Ya kafein mampu mengobati sakit kepala dengan kadar tertentu, namun kafein juga dapat menyebabkan sakit kepala jika berlebihan. Sebagai contoh anda penggemar kopi dan terbiasa minum kopi, kemudian anda tiba-tiba berhenti minum kopis, anda akan merasakan sakit kepala.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi sakit kepala

4. Menyebabkan kecanduan

Kafein juga dapat menyebabkan kecanduan. Dan jika sudah kecanduan akan merasakan beberapa gangguan diantaranya pusing mengantuk, lemas, cemas, gampang panik, dan cepat marah. Beberapa orang bahkan ditandai dengan badannya yang bergetar.

5. Memicu masalah pencernaan

Kafein merupakan zat yang dapat meningkatkan asam lambung. Nah kondisi demikian inilah yang dapat membuat gangguan pencernaan seperti perut mulas, sakit perut bahkan buang air besar secara terus-menerus atau diare.

Baca juga : Cara cepat menurunkan asam lambung

6. Mengganggu sistem saraf

Kafein jelas mempengaruhi sistem saraf. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga dapat berdampak pada ekstrim seperti tangan yang terus bergetar, merasa pusing, cemas  dan mual sepanjang waktu.

7. Meningkatkan tekanan darah

Kafein yang kita konsumsi akan langsung diserap oleh tubuh kita dan akan langsung masuk ke aliran darah kita. Bahkan dalam waktu kurang dari satu jam, kafein akan mencapai level tertingginya didalam aliran darah kita. Dengan demikian, kebiasaan mengkonsumsi kafein dapat meningkatkan tekanan darah.

8. Merusak pembuluh darah

Selain meningkatkan tekanan darah tinggi, kafein juga sangat beresiko menyebabkan plak pembuluh darah. Nah, jika hal ini terjadi maka si penderita bisa mengalami kematian mendadak.

9. Memicu penyakit jantung dan stroke

Penyakit jantung dan stroke disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi serta tersumbatnya aliran darah. Kafein berperan besar dalam meningkatkan tekana darah, sehingga kafei juga beresiko memicu penyakit serangan jantung serta stroke.

10. Meningkatkan resiko encok

Dari beberapa penelitian membuktikan jika kafein erat kaitannya dengan penyakit encok. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya orang biasa mengkonsumsi kafein mengalami encok.

11. Sulit hamil dan meningkatkan resiko keguguran

Bagi wanita, kafein dapat menyebabkan sulit hamil serta keguguran. Penelitian menyebutkan jika kafein metabolisme dan hormon estorgen pada wanita. Hal ini membuat wanita yang mengkonsumsi akan mengalami kesulitan kehamilan. Dan bagi wanita hamil kafein dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin. Dan hal ini bisa berakibat keguguran.

12. Menyebabkan sering haus

Kafein adalah zat deuretik yang membuat kita dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Terlebih jika mengkonsumsi kafein sebelum melakukan olah raga, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan sehingga tubuh akan mengalami dehidrasi serta kehausan.

Baca juga : Bahaya dehidrasi dan cara mengatasinya

13. Sering buang air kecil

Seperti yang telah dijelaskan pada point sebelumnya jika kafein dapat menyebabkan meningkatnya frekuensi buang air kecil. Orang yang biasa mengkonsumi kafein akan sering buang air kecil.

14. Menyebabkan gejala vasomotor

Wanita yang mengkonsumsi kafein bisa menimbulkan gejala vasomotor atau vasomotor symptom. Gajala tersebut dapat menyerang wanita yang mengalami menopause dan dapat memperparah keadaan menopause yang dialami wanita.

Dampak buruk kafein untuk kecantikan

Tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan saja, namun kafein juga berdampak buruk pada kecantikan kulit kita. Kafein dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi dan menyebabkan berbagai masalah kulit. Berikut beberapa dampak buruk kafein pada kecantikan kulit.

1. Menyebabkan penuaan dini

Dampak buruk kafein pada kulit adalah penuaan dini. Kafein akan menyebabkan orang mengalami penuaan lebih cepat dari seharusnya. Hal ini dikarenakan kafein berkonstribusi dalam penurunan dalam produksi hormon-hormon selama usia muda yaitu DHEA, melatonin dan lainnya. Kafein membuat kulit dehidrasi sehingga sel kulit menjadi banyak yang mati.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi penuaan dini

2. Menyebabkan kulit kering dan bersisik

Orang yang terbiasa mengkonsumsi kafein akan memiliki kulit yang kering dan bersisik. Hal ini dikarenakan kafein menyebabkan kulit mengalami dehidrasi dan sel kulit banyak yang mati. Dengan demikian, kulit akan menjadi kering dan bersisik.

Baca juga : Cara alami mengatasi kulit kering

3. Munculnya flek hitam

Dengan banyaknya sel kulit yang mati, pada kulit akan muncul flek hitam yang membuat kulit menjadi terlihat gelap dan kusam.

Baca juga : Cara alami menghilangkan flek hitam

4. Memicu timbulnya jerawat

Kafein juga dapat memicu munculnya jerawat. Hal ini dikarenakan kafein meningkatkan hormon adrenalin yaitu hormon penyebab stres. Sedangkan stres sendiri merupakan penyebab munculnya jerawat.

5. Menyebabkan munculnya kantung mata atau mata panda

Kebiasaan mengkosumsi kafein akan menyebabkan orang sulit tidur atau mengalami gangguan tidur. Dan hal ini akan menyebabkan munculnya lingkaran hitam pada kulit disekitar mata atau yang sering disebut dengan istilah mata panda atau kantung mata.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi kantung mata

Demikianlah informasi tentang dampak buruk kafein bagi kesehatan dan juga kecantikan. Kafein memang memiliki banyak manfaat, namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kecanduan serta merusak kesehatan dan kecantikan kulit. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.