Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Dampak Buruk Makanan Asin Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Leni Fauziah

Dampak Buruk Makanan Asin Bagi Kesehatan Dan Kecantikan - Apakah anda termasuk orang yang menyukai makanan asin? Ya hampir semua orang menyukai makanan asin dan gurih. Makanan asin sendiri berasal dari garam, makanan atau masakan tanpa garam akan terasa hambar dan tidak enak. Oleh sebab itu garam sangat berjasa sekali dalam setiap masakan.

Makanan asin atau garam memang dibutuhkan oleh tubuh kita, terutama garam yang mengandung yodium. Namun mengkonsumsi garam ataupun kebiasaan makan makanan asin juga akan berdampak buruk bagi kehatan dan kecantikan kulit kita. Nah sahabat berbicara tentang makanan asin. Berikut kami berikan beberapa dampak buruk dari kebiasaan makan asin bagi kesehatan dan juga kecantikan.
Dampak Buruk Makanan Asin Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

1. Menyebabkan tekanan darah tinggi

Sudah bukan rahasia lagi jika makanan asin menyebabkan tekanan darah naik. Orang yang memiliki tekanan darah dilarang untuk mengkonsumsi makanan asin. Garam ataupun makanan asin akan dengan cepat meningkatkan tekanan darah, oleh sebab itu baiknya anda kurangi dalam mengkomsumsi makanan asin.

Baca juga : Penyebab dan cara menurunkan tekanan darah tinggi

2. Serangan jantung

Penyakit jantung atau serangan jantung adalah kondisi dimana pasokan darah dalam jantung berhenti dikarenakan aliran darah tersumbat dan jantung tidak bisa lagi memompa darah keseluruh bagian tubuh. Serangan jantung merupakan penyakit paling mematikan didunia, serangan jantung dapat menyebabkan orang mati mendadak tanpa adanya gejala. Kondisi ini biasanya disebabkan karena kebiasaan mengkonsumsi makanan asin. Makanan asin akan menyebabkan tekanan darah naik hingga akhirnya pembuluh darah menjadi sempit dan darah tidak bisa mengalir dengan lancar.

3. Stroke

Hampir sama dengan halnya serangajn jantung. Penyakit strok juga disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi. Tekanan darah yang tinggi akan menyebabkan aliran darah ke otak berhenti dan otak tidak bisa bisa mendapatkan oksigen, akibatnya banyak sel yang mati hingga akhirnya menjadi stroke. Kondisi ini juga disebabkan kebiasaan makan makanan asin.

4. Penyakit ginjal

Kebiasaan mengkonsumsi makanan asin atau kelebihan garam akan menyebabkan ginjal harus bekerja keras untuk mengeluarkan kalsium dari dalam tubuh. Ginjal akan mengeluarkan kalsium dan zat asing lainya dengan cara menyaring lalu membuangnya lewat urine. Namun karena kebiasaan makan makanan asin akan membuat ginjal harus bekerja keras hingga akhirnya akan menyebabkan berbagai penyakit ginjal seperti batu ginjal ataupun gagal ginjal.

5. Membuat tulang keropos atau osteoporosis

Osteoporosis atau tulang keropos juga bisa disebabkan karena kebiasaan mengkonsumsi makanan asin. Makanan asin akan menyebabkan tubuh tidak bisa menyerap kalsium dengan baik, akibatnya tulang kekuranga kalsium dan mengalami osteoporosis. Untuk menghindari hal ini baiknya mulai sekarang anda kurangi dalam mengkonsumsi makanan asin.

6. Menyebabkan diabetes

Diabetes tidak hanya disebabkan oleh makanan manis saja, namun kebiasaan makanan asin juga dapat menyebabkan penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan garam yang masuk kedalam tubuh akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap tekanan darah. Dan hal ini akan berakibat pada penyakit diabetes.

7. Demensia atau menjadi bodoh

Banyak orang tua yang melarang anaknya mengkonsumsi makanan asin karena nanti bisa menjadi bodoh. Hal itu memang benar adanya. Garam atau makanan asing akan membuat memori otak berkurang sehingga orang akan menjadi kesulitan dalam belajar atau mengingat sesuatu. Orang yang terbiasa mengkonsumsi makanan asin akan mengalami kesulitan dalam berfikir. 

8. Kanker perut

Makanan asin juga meningkatkan resiko terserang kanker perut. Hal ini dikarenakan garam ataupun makanan asin yang masuk kedalam lambung dan usus akan menyebabkan pertumbuhan bakteri H pylori, bakteri tersebut akan menyebabkan peradangan pada usus dan lambung hingga akhirnya menyebabkan kanker. Penumpukan garam juga akan menyebabkan pertumbuhan bakteri jahat dan kerusakan sel pada perut.

9. Obesitas atau kelebihan berat badan

Makanan asin juga dapat menyebabakn obesita ataupun kelebihan berat badan. Seperti yang kita ketahui jika obesitas ataupun kelebihan berat badan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Makanan asin akan menyebabkan nafsu makan seseorang meningkat derastis, selain itu juga akan menyebabkan orang menjadi haus hingga akhirnya orang akan menjadi gemuk atau kelebihan berat badan.

10. Asma

Kebiasaan mengkonsumsi makanan asin juga akan menyebabkan penyakit asma terutama bagi mereka yang masih berusia dibawah 12 tahun. Hal ini dikarenakan makanan asin akan menyebabkan alergi sehingga membuat penderita mengalami sesak nafas, oleh sebab itu baiknya anda kurangi takaran garam pada masakan anda agar buah hati tidak terserang penyakit asma.

11. Menyebabkan penyakit meneire

Kebiasaan mengkonsumsi makanan asin juga dapat menyebabkan penyakit meneire yaitu penyakit yang ditandai dengan kerusakan pada bagian yang diawali dengan rasa mual, muntah, hingga kurang pendengaran. Kelebihan makanan asin akan menyebabkan tubuh selalu merasa haus, hingga akhrinya dalam tubuh akan terjadi penumpukan air dan menyebabkan kerusakan parah.

Dampak buruk makanan asin pada kecantikan kulit

Makanan asin juga akan  berdampak buruk pada kulit wajah kita. Ya makanan asin akan dikonsumsi secara berlebih akan membuat tubuh sulit menyerap air, sehingga kita akan selalu merasa haus. Dan efek pada kulit yaitu kulit akan meradang dan kering. Jika hal ini berlangsung terus-menerus kulit akan mengalami berbagai masalah seperti kulit kering, kusam berminyak, munculnya jerawat dan komedo, dan yang paling parah adalah kulit akan mengamali keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Demikianlah dampak buruk makanan asin bagi kesehatan dan kecantikan kulit kita. Baiknya anda kurangi dalam mengkonsumsi makanan asin karena bisa berdampak buruk pada kesehatan dan kecantikan kulit anda. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.