Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Kebiasaan Yang Bisa Merusak kecantikan Kulit Wajah

Leni Fauziah

Kebiasaan Yang Bisa Merusak kecantikan Kulit Wajah - Memiliki kulit wajah yang sehat memang dambaan semua wanita. Wanita rela mengeluarkan banyak biaya demi melakukan perawatan ke salon atau klinik kecantikan demi mendapatkan kulit wajah yang mereka inginkan. Namun sayang tidak semua usaha mereka menuai hasil, bahkan tak jarang perawatan yang mereka lakukan justru membuat kulit rusak.

Sadar atau tidak kita sering kali melakukan kebiasaan-kebiasaan atau perawatan yang dapat memudarkan kecantikan kita. Tentu anda tak maukan hal itu terjadi pada diri anda. Gaya hidup yang kita jalani terkadang juga tanpa sadari dapat membuat kulit cepat keriput atau menua. 

Nah sahabat agar anda tak melakukan kebiasaan atau gaya hidup yang dapat merusak kulit, anda harus mengetahui apa saja kebiasaan yang dapat merusak kulit, sehingga anda menghindarinya. Nah dalam kesempatan kali kami akan mencoba menjelaskan beberapa kebiasaan yang dapat merusak kecantikan.
Kebiasaan Yang Bisa Merusak kecantikan Kulit Wajah
Kebiasaan Yang Bisa Merusak kecantikan Kulit Wajah

1. Terlalu sering menyentuh kulit wajah

Sadar atau tidak diantara kita pasti sering menyentuh kulit wajah, namun ternyata kebiasaan ini tidak baik untuk kecantikan kulit wajah. Ya menyentuh kulit wajah dapat menyebabkan munculnya jerawat dan masalah lain pada kulit wajah, terlebih jika tangan dalam keadaan kotor. Hal ini dikarenakan adanya perpindahan bakteri dan kuman dari tangan ke kulit wajah, sehingga kulit wajah menjadi kusam dan berjerawat.

2. Malas membersihkan kulit wajah

Bagaimana kulit wajah bisa cantik dan bersih jika anda memiliki kebiasaan malas untuk membersihkan kulit wajah anda sendiri. Membersihkan kulit wajah sangat penting terutama ketika selesai melakukan aktivitas. Hal ini untuk mencegah kotoran yang menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan kulit kusam, berkoedo dan berjerawat.

3. Memencet jerawat

Nah hal ini merupakan kebiasaan yang paling banyak dilakukan semua orang. Ketika muncul jerawat, kebanyakan orang tidak sabar lalu memencet jerawat tersebut. Namun tahukah anda jika memencet jerawat justru akan memperparah keadaan jerawat, terlebih jika dilakukan dengan tangan yang kotor, jerawat akan meredang dan akan makin membesr. Baiknya anda lakukan tips untuk mengatasi jerawat. Anda bisa membacanya  dalam artikel cara mengatasi jerawat hanya dalam satu malam.

4. Terlalu sering melakukan scrub

Scrub memang bertujuan baik yaitu untuk mengangkat sel kulit mati yang masih menempel sehingga kulit menjadi lebih cerah dan cantik. Namun jika scrub dilakukan secara berlebihan tentunya dapat berdampak buruk pada kecantikan kulit anda sendiri. Scrub yang berlebihan akan membuat lapisan kulit menipis, akibatnya kulit mudah berkerut dan menua.

5. Tidak memakai tabir surya

Entah karena terburu-buru atau tak mau repot, banyak orang yang melupakan untuk memakai tabir surya. Padahal pemakaian tabir surya sangatlah penting sekali, tabir surya akan melindungi kulit kita daris sinar UV matahari yang dapat membuat kulit rusak. Oleh sebab itu gunakanlah tabir surya ketika anda keluar dari rumah disiang hari agar kulit anda terlindungi.

Baca juga : Penyebab dan cara mengobati penyakit eksim

6. Menggosok mata

Ketika mata terasa gatal, apa yang akan anda lakukan, ya pasti anda akan menggosok mata anda bukan. Kebiasaan tersebut tentu kurang baik Kulit disekitar mata sangat sensitif dan jika digosok dapat menyebabkan muncu kerutan halus atau tanda penuaan lainnya.

Baca juga : Penyebab dan cara mencegah mata katarak

7. Pemakaian kosmestik yang membahayakan

Memakai kosmetik bertujuan agar penampilan  terlihat lebih cantik dan mempesona, namun tidak semua kosmetik baik untuk kulit anda, ada juga kosmetik yang justru dapat merusak kulit. Anda harus lebih cerdas dan teliti dalam memiliki kosmetik, terlebih sekarang ini banyak muncul kosmetik abal-abal yang justru dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit seperti alergi, gatal-gatal hingga kanker kulit. Tidak hanya itu saja, sebelum anda menggunakan kosmetik, anda harus pastikan terlebih dulu apakah kosmotik tersebut cocok dengan jenis kulit anda.

8. Kurang tidur

Tidur merupakan aktivitas istirahat yang wajib dilakukan. Tidur selain bermanfaat untuk memulihkan tenaga, tidur juga bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Saat tidur hormon perbaikan sel-sel akan diproduksi lebih banyak. Orang yang kurang tidur atau begadang biasanya akan memiliki kulit yang pucat, berkerut, muncul mata panda dan terlihat lebih tua atau penuaan dini. Tidurlah 8 jam dalam sehari untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantika kulit anda.

9. Tidur tanpa membersihkan make up

Make up berguna untuk mempercantik kulit, namunn ketika make up bercampur dengan debu, polusi dan keringat justru dapat membahayakan kulit. Make yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat hingga akhirnya munculah komedo dan jerawat. Oleh sebab itu anda harus bersihkan make up terutama sebelum tidur.

10. Strees

Sering merasa stres juga dapat berdampak buruk pada kulit wajah, tidak hanya kulit wajah saja, stres juga dapat menyebabkan muncul udan, rambut rontok hingga kebotakan. Stres yang berlebihan akan menyebabkan penuaan dini. Oleh sebab itu baiknya anda hindari stres, buatlah rileks dan berliburlah ketika anda merasa beban pikiran anda terlalu berat.

Baca juga : Dampak buruk stres bagi kesehatan dan kecantikan

11. Gonta-ganti make up

Setiap make up memiliki bahan dan manfaat yang berbeda-beda, penggunaan make up secara  bergonta-ganti akan membuat kulit rusak, iritasi dan kemerahan. Baiknya anda gunakan make up yang memang cocok dengan jenis kulit anda.

12. Menempelkan ponsel pada kulit wajah

Kebiasaan berikutnya yaitu dengan menempelkan ponsel pada kulit wajah saat menelpon. Hal ini tentu tidak baik untuk kulit wajah karena dapat memindahkan kuman dari ponsel ke kulit wajah dan akhinya kulit menjadi kusam dan berjerawat.

13. Melakukan waxing

Waxing bertujuan untuk menghilangkan bulu-bulu halus atau kumis pada kulit wajah. Namun waxing kurang baik untuk dilakukan karena dapat menyebabakn kulit menjadi keriput dan menua. Untuk menghilangkan bulu halus atau kumis anda bisa melakukan cara yang lebih aman dengan membaca artikel cara menghilangkan bulu halus pada kulit wajah

14. Membersihkan kulit wajah dengan air panas

Air panas memang bermanfaat untuk membuka pori-pori kulit sehingga kotoran dalam pori-pori dapat dibersihkan dengan mudah, namun menggunakan air panas yang terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Minyak alami pada kulit akan hilang sehingga kulit akan menjadi keriput, kering, gatal dan memerah.

15. Malas mengganti sarung bantal atau sprei

Tidak hanya kulit wajah saja yang anda bersihkan dan perhatikan, namun tempat tidur juga harus anda perhatikan. Sarung bantal atau sprei yang kotor akibat keringat dan kuman juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah anda, baiknya anda ganti sarung bantal atau sprei seminggu sekali.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi kadas dan kurap

16. Merokok

Merokok tidak hanya menyebabakan berbagai penyakit serius. Merokok juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Merokok dapat membentuk enzim metrix metalloproteinases  yang merusak kolagen. Akibatnya kulit kehilangan kekenyalannya, kulit menjadi keriput, muncul bintik hitam dan kulit terlihat pucat dan kusam.

17. Minum alkohol

Hampir sama dengan merokok, alkohol juga dapat menyebabkan berbagai penyakit serius bahkan kematian mendadak. Oleh sebab itu dalam hukum islam, alkohol diharamkan. Tidak hanya itu saja, alkohol juga berdampak buruk pada kulit seperti menyebabkan penuaan dini dan masalah pada kulit lainnya.

18. Kekurangan cairan

Kurang minum air akan membuat tubuh dehidrasi, tidak hanya tubuh saja, namun kulit juga akan mengalami dehidrasi, akibatnya kulit akan menjadi kering dan mudah keriput. Cukupilah kebutuhan cairan dengan minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari dan perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit anda.


Demikianlah informasi tentang kebiasaan yang dapat merusak kecantikan kulit. Hindarilah kebiasaan-kebiasaan tersebut agar kecantikan anda tidak memudar. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.