Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Manfaat Dan Efek Samping Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat dan efek samping kunyit untuk kesehatan dan kecantikan - Kunyit meruapakan salah satu rempah-rempah yang banyak tumbuh subur di Indonesia. Kunyit biasanya digunakan sebagai bumbu masak, kunyit memiliki bentuk fisik yang mirik dengan jahe, hanya saja jahe berwarna putih sedangkan kunyit berwarna kuning. Seperti halnya jahe, kunyit juga telah digunakan sebagai obat tradisional sejak jaman nenek moyang kita.

Kunyit memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan sejak 2500 tahun yang lalu kunyit sudah diguanakan oleh orang India sebagai pewarna makanan, namun seiring berjalannya waktu dan tegnologi orang mulai mengerti akan manfaat luar biasa dari rempah-rempah berwarna kuning tersebut. 

Nah mungkin para sahabat masih penasaran apasaja manfaat kunyit bagi kehidupan manusia. Oke dalam kesempatan kali ini, kali ini kami akan menjelaskan manfaat kunyitu bagi kesehatan dan kecantikan. Namun sebelum kita mulai membahas, kita kenali dulu kandungan nutrisi yang terdapat pada kunyit.
Manfaat Dan Efek Samping Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Dan Efek Samping Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kandungan nutrisi pada kunyit

1. Mineral

Kunyit mengandung banyak mineral seperti magnesium, besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, alumunium, dan bismuth.

2. Zat pewarna kurkuminoid

Kurkuminoid adalah sebuah senyawa diarilheptanoid sekitar 3-4% dan terdiri dari curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.

3. Minyak atsiri

Kunyit mengandung sebanyak 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron, dan beta turmeron), kurlon kurmumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.

4. Zat lain

Zat lain yang terdapat pada kunyi diantaranya adalah arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, dammardan tannin.

Manfaat kunyit untuk kesehatan

1. Anti inflamasi

Manfaat pertama dari kunyit adalah anti inflamasi. Kandungan minyak volatile  telah menunjukan aktivitas anti inflamasi yang signifikan dalam berbagai eksperimen. Banyak kandungan minyak volatile lebih kuat dibandingkan dengan minyak atsiri. Hal ini dikarenakan pigmen kuning pada kunyit yang disebut curcumin. Penelitian menyebutkan efek anti inflamasi curcumin sebanding dengan obat hydrocoltisone dan fenibulazon sebagai anti inflamasi.

2. Pencegah kanker

Kandunngan curcumin pada kunyit ini sangat ampuh melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan mencegah serta memerangi sel kanker. Curcumin akan menghancurkan sel-sel kanker pada tubuh sehingga tidak menyebar keseluruh tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan parah. 

3. Baik untuk penderita diabetes

Kunyit baik untuk diabetes karena dapat mengatur insulin. Pangkreas menghasilkan insulin didalam tubuh manusia, anti-glikemik dalam kunyit dapat mengatur dan menyeimbangkan insulin, serta mencagah resistensi insulin dengan menurunkan gula darah juga trigliserida dalam tubuh.

4. Mengurangi lemak

Kunyit dapat mengurangi lemak didalam tubuh. Melalui kandungan curcumin yang terdapat pada kunyit selain dapat mencegah diabetes juga dapat mengatasi lemak berlebih atau menurunkan berat badan. Selain itu curcumin juga dapat mencegah dan menghilangkan akumulasi lemak berbahaya pada tubuh kita.

5. Mencegah penyakit alzhaimer

Penyakit alzheimer atau penyakit kepikunan juga dapat dicegah dengan kunyit. Curcumin yang terdapat pada kunyit dapat mencegah alzheimer dengan mengaktifkan gen yang mengkode produksi protein antioksidan yang akan melindungi otak.

6. Bermanfaat untuk hati

Kunyit mampu mendetoksifikasi xenobiotik beracun zat kimia, dengan demikian, kunyit akan membantu kerja hati dalam menetralisir racun yang masuk kedalam tubuh kita.

7. Meningkatkan antioksidan

Curcumin yang terdapat pada kunyit merupakan antioksidan kuat yang dapat menangkal berbagai macam radikal bebas. Sekain itu curcumin juga  meningkatkan enzim antioksidan didalam tubuh. Dengan demikian, curcumin akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat dengan memberikan perlawan dan membunuh radikal bebas.

8. Mengurangi resiko leukimia

Penelitian di London juga menyebutkan jika mengkonsumsi kunyit dapat menurunkan resiko terserang leukimia. Dalam study dikatakan bahwa curcumin dalam kunyit mampu menghambat mutagenitas hidrikarbon aromatik polisiklik, menghambat radiasi kerusakan kromosom, mencegah pembentukan amina heterosiklik berbahaya dan senyawa nitroso yang biasanya terdapat pada makanan olahan. Curcumin juga menghambat perbanyakan sel leukimia dalam kultur sel.

9. Perlindungan kardiovaskular dan melindungi jantung

Curcumin dalam kunyit mampu mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh. Kolesterol yang teroksidasi dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan plak yang dapat mengakibatkan serangan jantung maupun stroke. mencegah oksidasi kolesterol baru dapat mengurangi pembentukan  atau perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung. Kunyit merupakan sumber vitamin B6 yang bermanfaat untuk menjaga tingkatan homocistiene agar tidak terlalu tinggi Vitamin B6 juga dikaitkan dengan mencegah penyakit jantung.

10. Mencegah depresi

Kunyit juga dapat mencegah depresi. Depresi berkaitan dengan menurunnya fungsi neurotropik yang diturunakn dari otak dan menyusutnya hippocampus, area otak  yang berperan dalam belajar dan memori. Hal ini dikarenakan kandungan kunyit yang memiliki fungsi membantu proses neorotropik tersebut sehingga memberika efek anti depresi.

11. Menurunkan tekanan darah

Kunyit cukup ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Caranya yaitu 3 ibu jari segar kunyit, 50 gram daun pegagan, 300 cc madu murni. Cincang kunyit dan daun pegagan kecil-kecil dan rebus dengan air 300 cc hingga tersisa 150 cc.  Minum 3 kali dalam sehari masing-masing 1 sendok makan.

12. Menurunkan demam

Kunyit juga biasa digunakan untuk menurunkan demam. Caranya cukup mudah yaitu parut kunyit segar secukupnya campurkan dengan air panas hingga larut, peras larutan tersebut lalu anda minum untuk menurunkan demam yang panas.

Baca juga : Cara ampuh dan cepat menurunkan demam

13. Menghilangkan bau badan

Bau badan memang mengganggu sekali, karena bau badan kita dijauhi teman-teman kita. Namun anda tak perlu khawatir, bau badan dapat diatasi dengan kunyit. Caranya yaitu parut kunyit segar lalu larutkan dengan air panas secukupnya, beri sedikit gula dan minum 1 gelas setiap mau tidur.

14. Diare

Siapkan 3 biji ketumbar, 1 buah kayu ules, 1 lembar daun tawas, 1/ jari rimpang kunyit, dan 1/2 rasuk angina. Campurkan semua bahan dan rebus dengan segelas air hingga mendidih, minum ramuan tersebut 2 kali yaitu pagi dan sore hari masing-masing 75 ml.

15. Keputihan

Keputihan yang dialami wanita juga dapat diatasi dengan kunyit. Caranya yaitu siapkan 15 gram kunyit yang sudah tua, kupas dan bersihkan, parut dan berikan air asam dan gula jawa, aduk hingga rata dan saring kemudian anda minum 2 kali dalam sehari untuk mengobati keputihan.

16. Radang gusi

Siapkan 1/2 ibu jari kunyi, dan 3 potong gambir. Tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum ramuan tersebut 3 kali dalam sehari.

Baca juga : Penyebab dan cara mengobati gusi bengkak

17. Manfaat lain dari kunyit untuk kesehatan

Manfaat lain kunyit untuk kesehatan adalah penghilang rasa sakit alami, pengobatan alami athritis dan rheomatoid athriti, Membantu penyembuhan luka, antiseptik dan anti bakeri alami, melancarkan haid, mengobati maag dan lambung, membantu menurunkan berat badan, menyembuhkan amandel dan masih banyak lagi manfaat kunyit untuk kesehatan.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi menstruasi yang tidak teratur

Manfaat kunyit untuk kecantikan

Manfaat Dan Efek Samping Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Dan Efek Samping Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

1. Mencerahkan kulit wajah

Menggunakan kunyit sebagai masker wajah secara teratur dapat membuat kulit wajah menjadi cerah dan cantik alami. Hal ini sudah terbukti dan banyak wanita yang menggunakan kunyit sebagai masker wajah mereka. Mungkin mulai sekarang anda bisa mencoba kunyit sebagai salah satu bahan alami untuk merawat kecantikan kulit wajah anda.

Baca juga : Tips memutihkan kulit wajah dengan cepat dan aman

2. Mengatasi masalah kulit berminyak

kunyit sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit berminyak, hal ini dikarenakan kunyit mampu mengatur porduksi sebum yaitu zat berminyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceos. Untuk mengatasi masalah kulit berminyak anda buat pasta dengan bahan dasar kulit dan kombinasikan dengan 1,5 bubuk cendana, 3 sendok jus jeruk nipis dan kunyit secukupnya, campurkan hingga menjadi pasta, terapkan pada kulit wajah dan leher diamkan selama kurang lebih 10-15 menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

Baca juga : Cara cepat mengatasi masalah kulit berminyak

3. Mengatasi kulit kering

Kunyit juga ampuh mengatasi masalah kulit kering. Caranya yaitu campurkan kunyit yang teah dihaluskan dengan 1 butih putih telur, 2 tetes m inyak zaitun, air perasan jeruk nipis dan sedikit air mawar. Oleskan pada kulit wajah dan leher, bisa jaga untuk siku dan lutut, diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

Baca juga : Cara alami mengatasi kulit kering

4. Mengobati jerawat

Anda juga bisa mengobati jerawat dengan menggunakan kunyit. Caranya sangat mudah sekali, campurkan bubuk kunyit dengan madu dan juga berasan air lemon hingga berbentuk seperti pasta, gunakan sebagai masker pada kulit yang berjerawat dan diamkan selama 20 menit, setelah itu cuci dengan air dingin hingga bersih.

Baca juga : Cara mengobati jerawat dalam satu malam

5. Mengatasi pigmentasi

Efekt anti inflamasi dan antiseptik pada kunyit dapat mengatasi pigmentasi serta dapat mendinginkan kulit yang terbakar akibat paparan sianr matahari. Caranya yaitu campurkan bubuk kunyit dengan jus mentimun dan apiklasikan pada kulit wajah dan leher, diamkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Baca juga : Cara alami mengatasi pigmentasi

6. Menyamarkan kerutan serta mencegah penuaan

Semua wanita pasti takut dengan penuaan, ya penuaan akan membuat wanita terlihat tidak menarik lagi. Namun anda tak perlu khawatir, masalah kerutan atau penuaan dapat diatasi dengan kunyit. Caranya anda buat masker kunyit dengan bahan 2 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan jus tomat. Campurkan semua bahan hingga rata dan aplikasikan pada kulit wajah dan leher selama 20 menit dan bilas dengan air hingga dingin.

Baca juga : Cara mencegah dan mengatasi penuaan dini

7. Mengobati stretch mark

Stretch mark atau  munculnya garis-garis pada kulit tentu sangat mengganggu sekali, hal itu akan membuat penampilan tidak bisa maksimal. Dengan menggunakan kunyit anda bisa menghilangkan strech mark, caranya campurkan kunyit dengan yougurt lalu oleskan pada kulit yang mengalami stretc mark, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air.

Baca juga : Cara menghilangkan stretch mark atau selulit

8. Menghaluskan kulit

Memiliki kulit yang halus dan cantik merupakan dambaan semua orang terutama wanita. Nah anda bisa mewujudkan hal itu dengan melakukan perawatan menggunakan kunyit. Caranya yaitu campurkan bubuk kunyit dengan air secukupnya hingga berbentu pasta enter, lalu aplikasikan pada kulit wajah dan lehe secara merata, diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih, kunyit aka membuat kulit menjadi halus dan cerah.

Baca juga : Cara menghaluskan kulit dengan cepat tanpa biaya

9. Mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan bintik hitam

Sel kulit mati akan membuat kulit terlihat kusam dan gelap, anda bisa mengangkat sel kulit mati menggunakan kunyit. Hal ini dikarenakan kandungan dan tekstur kunyit yang dapat mengelupas sel kulit mati secara lembut tanpa menyebabkan iritasi pada kulit. Caranya jadikan bubuk kunyit sebagai scrub secara teratur.

Baca juga : Cara alami mengangkat sel kulit mati

10. Menghilangkan bekas luka

Memiliki bekas luka sering kali membuat kita menjadi tidak percaya diri, terlebih jika bekas luka terdapat pada kulit wajah. Nah anda dapat mengatasi bekas luka dengan menggunakan kunyit, hal ini dikarenakan kunyit ampuh untuk mengangkat sel kulit mati. Gunakan kunyit sebagai masker untuk menghilangkan bekas luka anda.

Baca juga : Cara cepat dan alami menghilangkan bekas luka

11. Menghaluskan tumit dan siku yang kasar

Kebanyakan orang memiliki tumit dan siku yang kasar, namun bagi sebagian wanita tumit dan siku yang kasar merupakan masalah serius yang dapat membuat tidak percaya diri, anda tak perlu khawatir hal itu dapat diatasi dengan kunyit. Caranya campurkan kunyit dengan santan dan air hangat, namun jangan terlalu encer. Oleskan pada tumit dan siku dan diamkan selama beberapa menit sebelum anda bilas, lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu.

Baca juga : Cara alami dan cepat mengatasi tumit pecah-pecah

12. Mengatasi masalah ketombe dan rambut rontok

Ketombe dan rambut rontok merupakan masalah serius bagi semua orang karena dapat menyebabkan kebotakan. Nah anda bisa mengatasi hal itu dengan melakukan perawatan menggunakan kunyit. Caranya anda oleskan parutan kunyit pada kulit kepala anda. Kandungan nutrisi pada kunyit akan menyehatkan kulit kepala dan rambut sehingga rambut tidak akan mudah rontok dan kulit kepala tidak akan mudah mengelupas.

Baca juga : Cara alami atasi rambut rontok

13. Mengurangi bulu

Bagi wanita memiliki banyak bulu dikulit tentu akan sangat mengganggu sekali, nah anda bisa menggunakan kunyit sebagai lulur untuk mengurangi bulu yang tumbuh banyak di sekujur kulit anda.

Baca juga : Cara aman menghilangkan bulu diwajah

14. Pewarna rambut yang alami

Kunyit memberikan efek kuning, hal ini yang sering dijadikan sebagai pewarna makanan alami. Namun kunyit juga dapat dijadikan sebagai pewarna rambut alami. Caranya jadikan kunyit sebagai masker pada rambut anda.

15. Mengatasi bau ketiak

Kunyit juga dapat mengatasi bau ketiak. Kunyit dapat mengontrol produksi keringat pada ketiak. Caranya yaitu siapkan bubuk kunyit, campurkan dengan sedikit air hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada ketik anda.

Efek samping kunyit

Kunyit  memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, namun bukan berarti kunyit tidak memiliki efek samping. Kunyit juga memiliki efek samping, namun anda tak perlu khawatir, karena efek samping dari kunyit tidaklah serius. Kunyit memiliki sifat pedas yang terkadang dapat membuat lambung terasa perih, kadang juga menyebabkan pendarahan, namun hal itu sangat jarang terjadi. Efek samping yang paling terjadi adalah efek warna kuning pada kunyt yang jika tersentuh pada kulit akan membuat kulit menjadi kuning, namun hal itu dapat dihilangkan dengan cara mencuci dengan air.

Demikianlah informasi tentang manfaat dan efek samping kunyit untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.