Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Alergi Pada Kulit

Leni Fauziah

Cara mengatasi alergi pada kulit - Alergi merupakan suatu reaksi tubuh terhadap sesuatu yang dianggap tubuh tidak cocok dan mengganggu kondisi dan keadaan tubuh itu sendiri. Alergi sendiri bisa terjadi pada kulit, sistem pernafasan dan lain sebagainya. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah alergi yang terjadi pada kulit.

Alergi kulit merupakan suatu indikasi bahwa kulit mengalami iritasi yang biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal, warna memerah, dan munculnya benjolan atau bintik-bintik kecil. Alergi yang parah biasanya akan muncul benjolan berisi nanah yang lebih dikenal dengan sebutan vesikel.

Alergi ataupun iritasi pasti pernah dialami semua orang dengan kadar dan penyebab yang berbeda-beda. Tak jarang orang melami alergi dengan penyebab yang belum diketahuinya. Nah sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi alergi pada kulit. Yuk kita cari tahu apasaja hal yang menjadi penyebab munculnya alergi pada kulit.
Penyebab Dan Cara Mengatasi Alergi Pada Kulit
Penyebab Dan Cara Mengatasi Alergi Pada Kulit

Penyebab alergi pada kulit

1. Debu

Debu merupakan salah satu penyebab utama kulit mengalami alergi atau iritasi. Biasanya orang yang memiliki kulit sensitif akan mengalami alergi atau gatal-gatal jika terkena debu. Namun bagi orang yang memiliki kulit normal biasa tak begitu berpengaruh.

Baca juga : Penyebab dan cara mengobati penyakit eksim

2. Hewan peliharaan

Meskipun tidak banyak, namun ada beberapa orang yang memiliki alergi terhapat beberapa hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci atau lain sebagainya.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi kadas dan kurap

3. Makanan terutama sea food

Makanan laut atau sea food juga sering memberi efek alergi terhadap kulit. Banyak orang yang mengalami gatal-gatal setelah mengkonsumsi makanan laut seperti udang, cumi, ikan, kepiting atau lain sebagainya. Hal ini mungkin dikarenakan bau asin dan asin.

4. Farfum

Farfum mengandung bahan kimia yang terkadang tidak cocok pada kulit. Alergi karena farfum biasanya ditandai dengan warna kulit yang memerah, dan mncul ruam pada kulit. Jika anda mengalami hal ini baiknya anda hentikan menggunakan farfum tersebut sebelum semakin parah.

5. Obat atau antibiotik

Obat atau anti biotik memang berguna untuk menyembuhkan penyakit, namun keduanya juga dapat menimbulkan penyakit seperti alergi pada kulit. Biasa obat atau antibiotik yang menyebabkan alergi akan menimbulkan rasa gatal dan kulit memerah.

6.Keturunan

Keturan atau faktor genetik juga dapat menjadi penyebab orang mengalami alergi. Beberapa penyakit memang dapat diturunkan orang tua kepada anaknya termasuk alergi, jadi kalau ada anak mengalami alergi sejak lahir, hal itu bisa dipastikan karena keturunan dari orang tuanya.

7. Bahan antiseptic

Bahan antiseptic juga dapat memicu munculnya alergi pada kulit. Zat tersebut dikenal dengan nama thimerosal. yaitu salah satu senyawa merkuri yang banyak digunakan sebagai pengawet baik dalam antiseptik maupun vaksin.

8. Pewarna rambut

Penawarna rambut juga menjadi salah satu penyebab alergi, Pewarna rambut yang tidak cocok dengan jenis kulit dapat membuat kulit menjadi gatal dan kemerahan. Kandungan logam dan bahan kimia didalamnya yang membuat kulit mengalami alergi atau iritasi.

Baca juga : Cara aman menghilangkan cat rambut

9. Sampo

Sampo berfungsi untuk menutrisi rambut, namun jika sampo tidak cocok dengan jenis kulit tentunya akan membuat kulit menjadi alergi atau iritasi. Jika anda mengalami hal demikian, baiknya anda hentikan dalam memakai sampo tersebut.

Cara mengobati alergi pada kulit

Cara pertama

Siapkan 25 gram kunyit tua dan 30 gram sambiloto, anda cuci bersih kemudian tumbuk menjadi satu dan halus, kemudian anda balurkan pada kulit yang alergi atau sakit.

Baca juga : Bahaya terlalu sering mencuci kulit wajah

Cara kedua

Siapkan 7 lembar daun sambung nyawa, 30 gram sambiloto segar dan 500 cc air. Cuci bersih bahan, kemudian anda rebus hingga mendidih dan minum airnya selagi hangat.

Cara ketiga

Siapkan kunyit segar, daun sambiloto dan sedikit belerang. Cuci bersih kunyoit dan daun sambiloto, kemudian anda haluskan bersama belerang hingga halus dan lembut. Balurkan pada kulit yang alergi atau sakit.

Cara ke empat

Siapkan 30 gram daun pagagan, 10 gram jahe, 500 cc air bersih. Rebus semua bahan hingga mendidih dan anda minum setiap pagi dan sore hari.

Cara kelima

Siapkan 10 lembar daun sirih, dan 60 gram patikan cina. Cuci hingga bersih, kemudian anda rebus dengan 600 cc air hingga mendidih. Saring airnya lalu gunakan untuk mencuci ruam kulit yang alergi atau sakit.

Baca juga : Khasiat luar biasa daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan

Cara keenam

Siapak jeruk lemom, minyak kelapa dan kapas. Campurkan air perasan jeruk lemon dengan minyak kelapa hingga rata, kemudian oleskan menggunakan kapas pada kulit yang alergi dan diamkan selama semalam.

Cara ketujuh

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan gel lidah buaya, caranya mudah sekali yaitu oleskan gel lidah buata yang masih segar pada kulit anda yang sakit. Diamkan selama 1 jam dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat luar biasa lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

Demikianlah informasi tentang penyebab dan cara mengobati alergi pada kulit. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.