Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Leni Fauziah

Penyebab Dan Cara Mengatasi Gigi Sensitif - Gigi sensitif merupakan keadaan gigi yang sering terasa ngilu terutama ketika makan makanan dingin seperti mimun es atau lain sebagainya. Gigi sensitif tentunya sangat menganggu sekali, gigi gilu membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas kita. Pada dasarnya gigi sensitif ini terjadi akibat lapisan email gigi yang semakin menipis.

Lapisan email sendiri merupakan lapisan terluar gigi yang melindungi lapisan tengah pada gigi. Jika lapisan terluar mengalami penipisan tentu lapisan tengah akan terbuka dan gigi akan sering mengalami rasa ngilu dan tidak nyaman ketika makan, terutama makan makanan dingin. Lapisan tengah pada gigi disebut dengan dentin yang terdiri dari tabung kecil yang berhubungan dengan saraf. Isinya penuh dengan cairan yang berhubungan dengan ujung saraf.
Penyebab Dan Cara Mengatasi Gigi Sensitif
Penyebab Dan Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Penyebab gigi sensitif

Seperti yang disebutkan diatas jika penyebab gigi sensitif adalah menipisnya email pada gigi. Menipisnya lapisan email tersebut dkarenakan banyak faktor. Nah berikut ini kami akan memberikan beberapa faktor yang menjadi penyab email gigi menipis atau menyebabkan gigi sensitif.

Baca juga : Penyebab gigi kuning

1. Menyikat gigi terlalu keras

Menyikat gigi terlalu keras tidak akan membersihkan gigi, justru akan membuat lapisan terluar gigi atau email akan tergerus hingga akhirnya menjadi tipis. Jika sudah demikian, lapisan tengah akan terbuka dan gigi akan sering merasa ngilu.

2. Menggeretakan gigi

Kebiasaan menggeretakan gigi akan membuat lapisan terluar gigi atau email terkikis, sehingga dentin atau lapisan tengah gigi akan terpapar tanpa perlindungan.

3. Sering mengkonsumsi makanan masam

Makanan juga dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif, terutama makanan masam. Makanan masam akan mengikis lapisan terluar gigi sehingga lapisan terdalam akan keluar tanpa perlindungan, akibatnya gigi akan sering mengalami rasa ngilu.

4. Gigi patah

Gigi patah juga menyebabkan gigi menjadi sensitif. Gigi pada ini biasanya terjadi karena gigi menyunyah benda keras seperti es batu, permen, atau untuk membuka sesuatu. Gigi yang patah akan menyebabkan dentin tak memiliki pelindungan sehingga sangat rentan mengalami paparan yang menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Baca juga : Bahaya menggunakan kawat gigi

5. Pasta gigi

Ada beberapa jenis pasta gigi keras yang dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif. Namun gigi sensitif yang disebabkan oleh pasta gigi ini biasanya bersifat sementara dan akan hilang ketika pemakain pasta gigi tersebut dihentikan.

6. Gangguan pada gusi atau gingivitas

Ketika gigi mengalami gangguan atau perubahan struktur akan menyebabkan gigi yang awalnya terlindungi oleh gusi menjadi terbuka hingga menyebabkan gigi sensitif. 

7. Gusi turun

Gusi turun juga dapat menyebabkan gigi sensitif. Hampir sama dengan gingivitas, gusi yang turun menyebabkan gigi yang awalnya terlindungi menjadi terbuka. Akibatnya gigi menjadi sensitif.

Cara mencegah gigi sensitif

Ada beberapa cara untuk mencegah agar gigi tidak menjadi sensitif. Berikut beberapa cara untuk mencegah gigi sensitif.
- Selalu menjaga kebersihan gigi setiap hari dengan menyikat gigi 2 kali sehari yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum tidur.
- Tidak menyikat gigi dengan tekanana yang kuat
- Mengurangi makanan atau minuman yang mengandung banyak asam
- Hindari menggeretak gigi entah saat diam, maupun ketika sedang tidur
- Pergi ke dokter gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali

Cara mengatasi masalah gigi senistif

1. Menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif

Cara pertama yaitu dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Sekarang sudah banyak pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, anda bisa mendapatkannya ditoko atau minimarket terdekat.

2. Air garam

Cara berikutnya yaitu dengan berkumur menggunakan air garam. Air garam berkaitan dengan sifat osomosisnya, sehingga dapat menenangkan rasa sakit pada gigi dan gusi anda.

3. Es batu

Es batu memang menjadi salah satu pemicu gigi sensitif, namun es batu juga dapat digunakan untuk mengatasi gigi sensitif. Caranya yaitu dengan cara mengompres, bungkus es batu dengan kain bersih, lalu lalu kompreskan.

4. Bawang putih

Bawang putih juga merupakan obat mujarap untuk mengatasi gigi sensitif. Caranya yaitu kupas bawang putih kemudian tumbuk, beri sedikit garam dan tempelkan pada gigi yang sakit.

5. Minyak cengkeh

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan minyak cengkeh. Caranya yaitu Siapkan minyak cengkeh dan sejumput bubuk merica, campurkan kedua bahan kemudian oleskan pada gigi anda yang sakit.

6. Jeruk nipis

Jeruk nipis juga dapat menjadi obat ampuh untuk mengatasi masalah gigi sensitif. Caranya yaitu anda peras jeruk nipis dan ambil airnya. lalu anda teteskan pada gigi yang sakit.


Demikianlah informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah gigi sensitif. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.