Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Migran Atau Sakit Kepala Sebelah

Leni Fauziah

Penyebab Dan Cara Mengatasi Migran Atau Sakit Kepala Sebelah -  Migran atau sakit kepala sebelah memang bukanlah sakit kepala biasa, sakit kepala sebelah sangat menyiksa sekali karena terjadi hanya sebelah dan terasa hingga mata bahkan leher, rasanya seperti ditusuk-tusuk.  Migran atau sakit kepala sebelah ini bisa menjadi penyakit kronis jika terjadi secara berlulang-ulang.

Migran ini biasanya dibebarengi dengan penyakit lainnya seperti asma, atau depresi. Migran lebih berpotensi menyerang wanita ketimbang pria. Migran ini tentu sangat mengganggu aktivitas. Oleh sebab itu migrain harus segera diatasi.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi sakit kepala sebelah atau migran. Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi migrain, kita kenali dulu gejala  dan penyebab migran.
Penyebab Dan Cara Mengatasi Migran Atau Sakit Kepala Sebelah
Penyebab Dan Cara Mengatasi Migran Atau Sakit Kepala Sebelah

Gejala migran atau sakit kepala sebelah

1. Tubuh terasa lemas

Tubuh yang lemas merupakan gejala awal orang akan mengalami migran atau sakit kepala sebelah. Tubuh yang lemas bisa terjadi kepada siapa saja. Bagi yang sudah pernah merasakan migran atau skait kepala sebelah, jenis gejala inilah yang menyebabkan migran atau sakit kepala sebelah.Oleh sebab itu anda harus menjaga kondisi tubuh anda agar selalu segar dan terhindar dari migran.

2. Rasa mual dan ingin muntah

Gejala migran berikutnya yaitu rasa mual dan ingin muntah. Tubuh yang lemas dan terasa mual atau ingin mudah bisa menjadi indikasi anda terserang migran. Hal ini bisa terjadi kepada siapa saja. Jagalah kesehatan anda dengan mengkonsumsi makanan sehat agar tetap sehat dan terhindar dari migran.

3. Sakit perut atau diare

Sakit perut atau diare juga termasuk gejala migran. Ketika anda mengalami sekait perut atau diare baiknya segera diatasi sebelum menjalar ke sakit kepala sebelah.

4. Konsentrasi menurun

Ketika anda mengalami konsentrasi yang menurun, bisa jadi hal itu gejala migrain. Migran akan menyebabkan orang sulit berfkir dan berkonsentrasi.

Penyebab migran atau sakit kepala sebelah

Sakit kepala sebelah atau migran bisa terjadi kepada siapa saja. Penyakit ini terjadi hanya pada sebagian kepala saja seperti bagian kanan atau kiri saja. Penyebab penyakit migran atau sakit kepala sebalah ini beragam. Nah berikut ini beberapa penyebab sakit kepala sebelah yang harus anda hindari.

1. Asap rokok

Rokok memang dapat menyebabkan berbagai penyakit, hal itu sudah tertulis jelas pada setiap bungkus rokok. Tidak hanya mengancam keseahatan perokok saja, namun orang yang ada disekitar juga akan teracamcam kesehatanya, mereka itulah perokok pasif. Dampak terburuk dari asap rokok adalah kanker atau serangan jantung, nah asap rokok juga dapat menyebabkan sakit kepala atau migran. Hindarilah rokok atau asap rokok demi kesehatan tubuh anda.

2. Kurang minum atau cairan

Pada dasarnya tubuh kita membutuhkan air sebanyak 8 gelas dalam sehari, jika kekurangan cairan tubuh akan mengalami dehidrasi, akibatnya kesembangan sel dalam tubuh akan terganggu, organ tubuh tidak bisa bekerja secara maksimal dan akhirnya tubuh akan merasa lelah, lesu hingga sakit kepala atau migran. Cukupilah kebutuhan cairan anda agar terhindar dari dehidrasi dan juga migran.

Baca juga : Bahaya dehidrasi dan cara mengatasinya

3. Telat makan

Telat makan atau keadaan perut yang lapar juga dapat menyebabkan migran atau sakit kepala sebelah. Sering telat makan akan menyebabkan maag dan menjalar ke migran. Makanlah secara teratur dan tepat waktu agar tubuh tetap sehat.

4. Gula darah yang rendah

Memiliki kadar gula darah yang rendah akan membuat tubuh terasa lemas dan lesu. Tidak hanya itu saja, kadar gula yang rendah juga akan menyebabkan sakit kepala sebelah atau migran. Anda harus menjaga kadar gula anda agar selalu stabil.

5. Istirahat yang tidak teratur

Istirahat yang tidak teratur seperti kurang tidur atau kebanyakan tidur juga menjadi penyebab utama migran atau sakit kepala sebelah. Orang yang kurang tidur akan merasa pusing, begitu juga orang yang terlalu banyak tidur. Oleh sebab itu istrihatlah secara cukup agar tubuh tetap segar dan terhindar dari migran.

6. Stres

Sudah bukan rahasia lagi jika stres menjadi penyebab utama sakit kepala atau migran. Stres dikarenakan beban pikiran yang menumpuk sehingga kepala terasa berat. Jika anda sudah mulai stres, istirahatlah dan berlibur agar tidak berdampak buruk pada kesehatan  anda.

7. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol juga penyebab utama migran atau sakit kepala. Tidak hanya migran, alkohol juga menjadi penyebab utama penyakit serius lainnya seperti obesitas, diabetes, stroke hingga serangan jantung. Jauhilah alkohol karena alkohol merupakan minuman sumber penyakit.

Cara mencegah migran atau sakit kepala

1. Menjaga emosi

Emosi atau keadaan pikiran yang stres akan menyebabkan sakit kepala, oleh sebab itu anda harus bisa menjaga emosi anda agar tidak stres dan terhindar dari migran.

2. Istirahat yang cukup

Seperti yang dijelaskan diatas jika penyebab utama dari migran adalah istirahat yang tidak teratur. Istirahat yang tidak teratur juga dapat menyebabkan berbagai penyakit lainnya. Oleh sebab itu istirahatllah secara teratur.

3. Pola makan yang teratur

Pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkabn berbagai penyakit seperti maag hingga migrain. Sangat penting menjaga pola makan teratur agar tubuh tetap sehatn dan terhindar dari penyakit.

4. Minum yang cukup

Disarankan bagi kita untuk minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari untu menjaga organ tubuh kita tetap optimal. Kekurangan cairan akan menyebabkan berbagain masalah salah satunya migran atau sakit kepala sebelah.

5. Olah raga

Olah raga merupakan cara terbaik untu menjaga kesehatan tubuh kita. Olah raga juga mampu mencegah migran. Olah ragalah secara tertur agar tubuh tetap segar, bugar dan sehat.

Cara mengatasi migran atau sakit kepala sebelah

1. Istirahat

Ketika anda menderita sakit kepala sebelah atau migran anda disarankan istiharat. Istirahat dapat meredakan sakit kepala yang anda alami. Usahakan istirahat ditempat yang gelap dan jauh dari keramaina.

2. Pijat

Cara berikutnya dengan memijat kepala. Cara ini merupakan cara efektif. Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk memijat kepala anda. Usahakan dilakukan dalam keadaan anda berbaring atau tidur.

3. Kompres dengan es batu

Cara berikutnya yaitu dengan mengompres menggunakan es batu atau air dingin. Es batu akan memberikan efek dingin yang menenangkan serta berguna untuk menyempitkan pembuluh darah sehingga sakit kepala bisa diredakan.

4. Minum air putih

Sakit kepala bisa disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi dan minum air putih merupakan cara terbaik untuk mengatasi sakit kepala atau migran yang anda derita.

5. Minum obat

Jika cara diatas tidak berhasil. anda bisa mencari obat sakit kepala atau migran diapotek terdekat. Ini adalah solusi terbaik untuk anda.

6. Pergi ke dokter

Jika minum obatpun tidak memberikan hasil yang maksimal, anda disarankan untuk pergi ke dokter. Bisa jadi sakit kepala anda disebabkan penyakit kronis lainnya.

Demikianlah informasi tentang penyebab dan cara mengatasi migran atau sakit kepala sebelah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.