Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Sakit Kepala

Leni Fauziah

Penyebab Dan Cara Mengatasi Sakit Kepala - Sakit kepala merupakan penyakit ringan yang kerap diderita semua orang, namun sakit kelapa bisa berakibat buruk jika berlangsung lama dan tidak ada tindakan untuk mengatasinya. Sakit kepala sering dikaitkan dengan keadaan stres atau tubuh kurang istirahat. Padahal tidak hanya itu, sakit kepala juga disebabkan oleh makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Sakit kepala memang bisa disebabkan oleh makan atau minuman yang kita konsumsi, hanya saja setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda-beda. Nah sahabat, berbicara tentang sakit kepala, kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi sakit kepala tanpa obat. Namun sebelum kita membahas cara mengobati sakit kepala, kita kenali dulu penyebab sakit kepala agar kita lebih mudah dalam mencari solusi untuk mengobati sakit kepala. Berikut penyebab sakit kepala yang sering terjadi.
Penyebab Dan Cara Mengatasi Sakit Kepala
Penyebab Dan Cara Mengatasi Sakit Kepala

Penyebab sakit kepala

1. Stres

Stres adalah pemicu utama sakit kelapa. Semua orang pasti pernah mengalami sakit kelapa kerena stres. Stres sering kali terjadi karena banyaknya masalah yang datang secara bertubi-tubi atau pekerjaan yang menumpuk dan harus cepat diselesaikan. Keadaan tersebut biasanya akan berakibat stres hingga akhirnya sakit kepala. Untuk menghindari hal ini, baiknya anda jangan terlalu memikir serius tentang masalah yang sedang anda hadapi. Rileks dan cobalah untuk tenang agar pikiran bisa berfikir jernih dan terhindar dari sakit kepala.

Baca juga : Dampak buruk stres bagi kesehatan dan kecantikan

2. Kurang tidur atau kebanyakan tidur

Penyebab sakit kepala berikutnya adalah dikarenakan kurang tidur dan kebanyakan tidur. Jam tidur yang tidak teratur tentu akan berdampak pada tubuh kita salah satunya sakit kepala, ketika kita kurang tidur, kepala akan terasa pusing dan tubuh terasa lemas, begitu juga ketika kita kebanyakan tidur, tubuh kita jadi lesu tak bersemangat dan kepala terasa pusing.

3. Hormon

Hormon juga juga menjadi penyebab sakit kepala, hal ini sering terjadi pada wanita. Semua wanita pasti pernah mengalami sakit kepala dikarenakan hormon, yaitu ketika menstruasi, hal ini dikarenakan pada masa menstruasi, hormon estrogen mengalami penurunan yang mengakibatkan sakit kepala pada wanita.

4. Kafein

Bagi anda penggemar kopi, baiknya anda kurangi, hal ini dikarenakan kafein dapat menyebabkan sakit kepala. Kopi merupakan minuman yang paling banyak mengandung kafein. Kafein juga dapat menyebabkan masalah lainnya. Orang dewasa disarankan untuk tidak mengkonsumsi kafein lebih dari 200 mg dalam sehari.

5. Terlambat makan

Meskipun tidak terjadi pada semua orang, namun terlambat makan atau perut dalam keadaan lelah akan membuat sakit kepala pada sebagian orang. Hal ini dikarenakan terlambat akan membuta gula dalam darah menurun dan mengakibatkan sakit kepala.

6. Dehidrasi

Dehidrasi atau kehausan juga dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini dikarenakan kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan keseimbangan sel dalam tubuh terganggu yang menyebabkan manifestasi berupa sakit kepala.

Baca juga : Bahaya dehidrasi dan cara mengatasinya 

7. Asap rokok

Rokok ataupun asap rokok mengandung nikotin yang menyebabakn pembuluh darah pada otak menyempit. Dan hal ini akan semakin buruk ketika terjadi pada penderita migrain. Jika hal itu terjadi akan berakibat sakit kepala.

8. Terlalu banyak olah raga atau aktivitas

Olah raga dan aktivitas fisik memang baik sekali untuk kesehatan. Namun jika hal itu dilakukan secara berlebih tentu dapat menyebabkan sakit kepala. Olah raga akan meningkatkan sirkulasi darah pada kepala dan leher yang menyebabkan pembuluh darah membesar dan menyebabkan sakit kepala. Olah ragala secara teratur dan jangan berlebihan.

9. Cuaca

Juga juga memicu utama sakit kepala. Cuaca yang sering berubah-ubah akan membuat kepala terasa sakit. Hal ini dikarenakan perubahan kelembaban dan tekanan udara dapat mengubah zat kimiawi yang kemudian memicu sakit kepala.

10. Terlalu lama didepan komputer

Terlalu lama didepan komputer akan membuat mata terasa lelah, dan hal ini juga berdampak pada sakit kepala, tentu hal ini banyak dialami orang yang bekerja dikantor. Baiknya istirahat jika sudah terasa lelah.

11. Malas-malasan

Malasa-malasan atau jarang melakukan aktivitas fisik juga akan menyebabkan sakit kepala, tidak hnaya sakit kepala saja, namun juga akan mengundang berbagai penyakit lainnya seperti obesitas, diabetes dan lain sebagainya.

12. Mengesekan gigi

Kebiasaan menggesekan gigi juga menjadi penyebab utama orang mengalami sakit kepala, hal ini sering terjadi ketika malam hari.

13. Aroma menyengat

Aroma menyengat seperti bau bangkai, bau cat atau bau menyengat lainnya juga dapat menjadi pemicu sakit kepala. Hindari bau menyengat jika anda merasa pusing.

15.  Mimuman beralkohol

Minuman beralkohol atau minuman keras memang dikenal sebagai minuman penyebab berbagai penyakit bahkan penyakit serius seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, stroke, depresi dan lain sebagainya. Tidak hanya penyakit serius saja, namun sakit kepala juga bisa disebabkan oleh minuman beralkohol.

16. Minuman dingin

Bagi sebagian orang minuman dingin sperti es krim ataupun es lainnya juga dapat menyebabkan sakit kelapa, terutama mereka yang memiliki masalah gigi sensitiv. Gigi sensitif akan menyebabkan sakit kepala.

Cara mengobati sakit kepala

Setelah kita mengetahui penyebab-penyebab sakit kepala. Nah berikut cara mengatasi sakit kelapa secara alami atau tanpa obat.

1. Minum air putih

Sakit kepala disebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga keseimbanga sel dalam tubuh terganggu. Untuk mengatasi hal ini tentu kita disarankan untuk minum air putih demi mengembalikan cairan yang telah hilang. Orang dianjurkan untuk minum air putih 8 gelas dalam sehari demi menjaga keseimbangan sel dalam tubuh dan menjaga organ tubuh bekerja secara efektif.

2. Mengkonsumsi kentang

Selain kekurangan cairan, sakit kepala juga disebabkan karena tubuh kehilanga elektrolit seperti kalium. Nah kita bisa mengembalikan elektrlit yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi kentang. Kentang banyak mengandung kalium yang akan mengembalikan elektrolit yang hilang. Namun kentang jangan dimasak dengan cara digoreng.

3. Makan pisang

Tidak hanya kentang saja, pisang juga dapat meredakan sakit kepala. Hal ini dikarenakan pisang mengandung banyak potasium serta magnesium yang dapat meringankan migrain. Makan pisang ketika sakit kepala akan membuat sakit kepala lebih ringan.

4. Teh hangat

Teh hangat dicampurkan dengan madu juga dapat menjadi ramuan alami untuk meredakan sakit kepala. Sakit kepala yang disebabkan oleh kafein sangat cocok untuk ditasi dengan ramuan teh dan madu.

5. Wedang jahe

Sudah bukan rahasia lagi jika jahe memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, dan manfaat yang cukup populer dari jahe adalah untuk meredakan sakit kepala. Caranya yaitu buat jahe menjadi minuman atau sering disebut dengan wedang jahe, anda bisa mencampurkannya dengan susu atau madu agar terasa lebih nikmat.

6. Daun alpukat

Ramuan berikutnya yaitu dengan menggunakan daun alpukat. Caranya yaitu rebus daun alpukat dengan air secukupnya, lalu minum air rebusan tersebut sehari 1 gelas.

7. Es batu

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan es batu. Gunakan es batu untuk mengompres kepala anda dengan cara bungkus es batu pada lap bersih, lalu tempelkan atau kompreskan pada kepala anda yang terasa sakit. Secara perlahan sakit kepala akan hilang.

Baca juga : Manfaat es batu untuk kecantikan

8. Bunga matahari

Bunga matahari juga dapat menjadi solusi terbaik untuk mengobati sakit kepala. Caranya yaitu rebus bunga matahari dan jahe dengan air secukupnya. Lalu minum air rebusan tersebut.

9. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih juga merupakan cara yang paling banyak digunakan orang untuk meredakan sakit kepala. Caranya oleskan minyak kayu putih pada kepala anda, minyak kayu putih akan memberikan efek panas dan aroma khas yang akan membuat saraf rileks.

10. Bunga kenanga

Rebus bunga kenanga dengan air secukupnya. Rebus hingga air tersisa setengahnya. Tunggu hingga dingin lalu minum air rebusan tersebut.

11. Makan semangka

Semangka merupakan buah yang kaya akan kandungan air. Semangka dapat mengatasi masalah dehidrasi yang menyebabkan sakit kelapa. Konsumsilah semangka ketika anda merasa sakit kepala.

12. Tidur

Jika anda merasa sakit kepala karena kurang tidur, maka tidu menjadi cara terbaik untuk meredakan sakit kepala yang sedang anda derita. 

13. Makan permen mint

Permen mint mengandung mentol yang dapat membuat kepala dan saraf menjadi rileks sehingga sakit kepala dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi permen mint. Selain perment mint, anda juga bisa mengatasi makanan yang mengandung mint lainnya.

14. Pijat

Cara paling sederhana untuk meredakan sakit kepala yaitu dengan cara memijatnya. Pijat kepala anda kurang lebuh 15 menit atau hingga anda merasa baikan.

Demikianlah informasi tentang penyebab dan cara mengatasi masalah sakit kepala. Cara diatas terbukti efektif, namun jika sakit kepala anda tak kunjung sembuh, baiknya anda periksa kedokter, karena bisa jadi hal itu adalah gejala penyakit yang lebih serius. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.