Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tumit Pecah-pecah Dan Kasar

Leni Fauziah

Cara mengatasi tumit pecah-pecah dan kasar - Tumit pecah-pecah atau kasar merupakan masalah kulit kaki yang umum dialami oleh semua orang, terutama mereka yang sering bekerja keras tanpa menggunakan alas kaki. Tumit pecah-pecah sebenarnya bukan merupakan penyakit, namun tumit pecah-pecah kerap menurunakn rasa percaya diri seseorang. Oleh sebab itu banyak orang yang ingin mengilangkan tumit pecah-pecah dengan berbagai cara.

Untu menghilangkan tumit pecah-pecah ada banyak cara. Namun biasanya orang ingin menggunakan cara yang instan, yaitu dengan menggunakan krim pelembab atau serum. Namun krim pelembab atau serum tentunya memiliki efek samping dan harganyapun tidaklah murah. Namun anda tak perlu khawatir, anda bisa menggunakan tradisional dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita untuk menghilangkan tumit pecah-pecah.

Oke sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengatasi masalah tumit pecah-pecah, kita cari tahu dulu apasaja penyebab tumit pecah-pecah, sehingga kita dapat mencari solusi untuk mengatasinya. Berikut penyebab tumit pecah-pecah dan kering.
Penyebab Dan Cara Mengatasi Tumit Pecah-pecah Dan Kasar
Penyebab Dan Cara Mengatasi Tumit Pecah-pecah Dan Kasar

Penyebab tumit pecah-pecah dan kering juga kasar.

- Jarang menggunakan alas kaki
- Sering berjalan di tempat yang kasar tanpa alas kaki
- Sering berdiri terlalu lama
- Kelebihan berat badan sehingga tumit merasa tertekan oleh berat badan
- Suhu yang terlalu dingin atau panas
- Sering mandi menggunakan air panas atau renang di air yang diklorinasi berat
- Penyakit kulit seperti eksim dan psosiasis
- Penyakit kronis tertentu seperti diabetes yang dapat menyebabkan tumit pecah-pecah
- Efek dari obat-obat atau krim tertentu
- Kekurangan vitamin, zat besi dan seng
- Keadaan atau kondisi yang kurang bersih
- Kaki yang terkena kaki terus-menerus terutama ketika sedang berjalan
- Usia yang sudah tua juga menjadi penyebab tumit pecah-pecah

Gejala awal tumit pecah-pecah dan kasar

1. Bersisik dan memerah

Gejala pertama yang muncul dari tumit pecah-pecah adalah kulit tumit menjadi bersisik dan memerah. Jika hal ini dibiarkan akan memberuk, kulit akan menjadi kering hingga akhrinya menjadi pecah-pecah, bisa juga menjadi infeksi.

2. Kulit mengelupas

Gejala berikutnya adalah kulit mengelupas. Jika kulit sudah kering, kemudian kulit akan mengelupas dan mulai pecah-pecah. Jika sudah demikian anda harus segera menghentikannya sebelum semakin parah. 

3. Kulit terasa gatal

Rasa gatal juga muncul ketika kulit tumit mengalami pecah-pecah dan kasar. Hal ini sebabkan oleh menyusutnya lapisan kulit bagian atas yang kering. Penyusutan yang berlebihan akan menyebabkan peregangan pada kulit bagian bawah dan disekitar daerah yang terkena.

4. Pendarahan

Jika sudah sampai pada pendarahan, anda harus segera melakukan tindakan serius. Pendarahan atau keluarnya cairan dari retakan kulit adalah masalah yang sangat serius. Hal ini dikarenakan retakan tersebut telah menembus lapisan bawah jaringan dan jika dibiarkan dapat menyebabkan infeksi.

Cara mengatasi atau mengobati tumit yang pecah-pecah dan kasar

Penyebab utama dari tumit pecah-pecah dan kasar dan kasar dikarenakan keadaan tumit yang kering. Oleh sebab itu kita harus mengembalikan kelembaban kulit  tumit agar menjadi halus kembali. Berikut beberapa cara untuk menghilangkan tumit yang pecah-pecah atau kasar.

1. Menggunakan pelembab

Cara pertama untuk mengatasi masalah tumit pecah-pecah adalah dengan menggunakan pelembab. Oleskan krim atau pelembab pada bagian tumit yang pecah-pecah setiap malam hari menjelang tidur.

2. Pisang

Pisang juga dapat menjadi obat untuk mengatasi masalah tumit pecah-pecah. Caranya sangat mudah sekali, cukup oleskan pisang yang telah dihaluskan pada tumit yang pecah-pecah sambil anda pijat-pijat. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air hingga bersih.

3. Jeruk nipis atau lemon

Jeruk nipis atau lemon memang dikenal sebagai bahan alami yang sering digunakan sebagai pelembab sekaligun untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga jeruk nipis sangat efisien untuk mengatasi masalah tumit pecah-pecah. Caranya sanga mudah sekali, anda rendam kaki anda pada air yang telah dicampur dengan jus lemon, anda juga bisa menggosokan jeruk nipis pada tumit anda.

4. Mentimun

Cara alami berikutnya yaitu dengan menggunakan mentimun. Mentimun mengandung banyak air yang mampu melembabkan dan mengatasi kulit kering. Caranya anda lembutkan mentimun dengan cara di blender, oleskan mentimun yang telah halus tersebut pada tumit yang pecah-pecah sambil anda pijat selama kurang lebih 30 menit.

Baca juga : Sejuta manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan

5. Gliserin dan air mawar

Campuran gliserin dan air mawar juga ampuh untuk mengatasi masalah tumit pecah-pecah. Caranya yaitu anda rendam kaki anda pada air mawar yang telah anda campur dengan gliserin.

6. Pepaya

Pepaya juga bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah tumit pecah-pecah. Caranya lembutkan pepaya hingga menjadi sperti bubur, oleskan dan pijatkan pada tumit yang pecah-pecah. 

7. Susu dan madu

Campuran susu dan madu juga merupakan cara ampuh untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Caranya yaitu rendam kaki anda dalam susu yang telah dicampur dengan madu selama 20 menit sambil anda pijat-pijat. Lakukan cara ini seminggu sekali atau dua kali untuk mengatasi tumit yang pecah-pecah.

Baca juga : Sejuta manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan

8. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya akan vitamin E yang baik sekali untuk perawatan kulit. Kandungan vitamin E pada buah alpukat juga dapat kita gunakan untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Caranya yaitu anda haluskan bauh alpulat kemudian anda oleskan pada tumit sambil anda pijat-pijat. Diamkan selama 20 menit kemudian anda bilas dengan air hingga bersih.

9. Minyak sayur

Minyak sayur yang dimaksut disini adalah minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak wijen. Bersihkan tumit anda kemudian anda oleskan minyak sayur pada tumit yang pecah-pecah. Baiknya anda lakukan pada malam hari dan diamkan hingga pagi hari.

10. Garam dan kelapa parut

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan garam dan kelapa parut. Campurkan keduanya kemudian anda gosokan pada tumit yang kering dan pecah-pecah, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan 3 kali dalam seminggu maka tumit pecah-pecah akan hilang.

Baca juga : Manfaat luar biasa garam untuk kecantikan

Cara mencegat tumit kaki yang pecah-pecah

- Selalu gunakan alas kaki
- Jangan terlalu sering berjalan pada tempat yang basah
- Oleskan pelembab setelah mandi pada tumit kaki
- Latihan kaki secara teratur
- Selalu bersihkan kaki secara teratur

Demikianlah informasi tentang penyebab da cara mengatasi tumit pecah-pecah dan kasar. Tumit pecah-pecah dan kasar sebenarnya bukanlah masalah serius, namun kerap menurunkan rasa percaya diri seseorang sehingga harus segera diatasi. Semoga tips diatas bermanfaat. Terimakasih.