Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Tips Merawat Rambut Wanita Berjibab

Leni Fauziah

Tips Merawat Rambut Wanita Berjibab - Perawatan rambut bagi wanita berjibab tentunya berbeda dengan dengan perawatan rambut biasa. Hal ini karena kondisi rambut yang tertutp oleh jilbab dan sering kali membuat rambut dan kulit kelapa menjadi lembab. Dan jika hal ini tidak diperhatikan dapat menyabkan bau tak sedap serta menyebabkan kerusakan pada rambut.

Bagi wanita yang mengenakan jilbab memang harus melakukan perawatan ekstra, namun bukan berarti anda tidak disarankan untuk tidak memakai jilbab, justru jibab baik untuk rambut anda karena selain menambah kecantikan dan menutup aurot pada wanita, jilbab juga akan melindungi rambut dari sinar matahari serta polusi dan berbagai hal yang dapat merusak rambut. Lalu bagaimana cara merawat rambut agar tetap sehat dan cantik meskipun mengenakan jibab. Berikut beberapa cara merawat rambut bagi wanita yang berjilbab.
Tips Merawat Rambut Wanita Berjibab
Tips Merawat Rambut Wanita Berjibab

1. Rajin mencuci dan mengeramas rambut

Rambut yang tertutup oleh jilbab cenderung lebih asam karena keringat, dan endapan keringat ini jika diacuhkan dapat menyebabkan munculnya ketombe. Nah untuk mengatasi hal ini tentunya anda para wanita yang mengenakan jilbab untuk rajin mencuci dan mengkeramasi rambut anda.

2. Pastikan rambut kering ketika akan mengenakan jilbab

Ini hal yang paling penting untuk diperhatikan wanita yang mengenakan jilbab. Anda harus memastikan rambut anda kering sebelum anda mengenakan jilbab. Hal ini dikarenakan rambut yang dalam keadaan basah jika tertutpi seperti terutupi jilbab atau helm akan menyebabkan berbagai masalah seperti bau tak sedap, masalah ketombe, kulit kepala yang gatal dan lain sebagai. Jadi sangat penting untuk memastikan rambut anda kering terlebih dulu.

3. Pilih jilbab yang dapat menyerap keringat

Keadaan rambut yang tertutup memang kerap menyebabkan berbagai masalah pada rambut, termasuk ketika serorang wanita yang mengenakan jilbab. Oleh sebab itu sebagai wanita muslimah yang memang diwajibkan untuk mengenakan jilbab harus pandai-pandai dalam memiliki jilbab. Pilihlah jilbab yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat atau setidaknya dapat membuat udara masuk.

Baca juga : Cara mengatasi bau tak sedap pada rambut

4. Jangan terlalu mengikat rambut terlalu kencang atau kuat

Cara merawat rambut berjibab berikutnya yaitu jangan terlalu mengikat rambut terlalu kuat atau kencang. Hal ini dikarenakan mengikat rambut yang terlalu kencang dan kuat dapat menyebabkan rambut patah atau bercabang.

5. Gunakan jilbab maksimal 4 lapis

Di era modern ini banyak sekali model jilbab yang mengikuti perkembangan mode dan zaman. Namun untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut, pastikan anda tidak melebihi 4 lapis ketika menggunakan jilbab. Hal ini agar sirkulasi udara tetap lancar dan tidak terganggu karena banyaknya lapisan jilbab.

6. Jangan gunakan jilbab berwarna gelap

Seperti yang kita ketahui warna yang gelap akan lebih cepat menyerap cahaya dan panas. Hal ini dikarenakan warna gelap tidak bisa memantulkan cahaya. Dengan demikian warna gelap pada jilbab akan menyebabkan rambut dan kulit kepala terasa panas hingga ahkirnya akan menyebabkan munculnya keringat berlebih dan menyebabkan masalah pada rambut. Oleh sebab itu hindari penggunaan jilbab berwarna gelap.

7. Istirahatkan rambut

Ketika anda didalam rumah dan bersantai, baiknya anda istirahatkan rambut anda. Biarkan rambut anda terurai tanpa ikatan dan biarkan rambut anda bernafas. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi kelembaban pada rambut dan kulit kepala yang berpotensi memunculkan ketombe.

8. Sering melakukan perawatan masker rambut

Rambut yang tertutup jilbab tentunya membutuhkan perawatan yang ekstra. oleh sebab itu baik bagi anda untuk sering melakukan perawatan rambut menggunakan masker rambut alami seperti lidah buaya, tomat atau lain sebagainya.

9. Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi

Mengkonsumsu makanan yang bernutrisi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Adapun makanan bernutrisi yang disarankan adalah makanan yang mengandung vitamin B6, B12, C, E dan juga protein. Anda bisa mendapatkannya pada sayuran, buahp-buahan dan kacang-kacangan.

10. Hindari makanan berlemak

Makana berlemak selain tak baik untuk kulit juga tak baik untuk rambut. Makanan berlemak dapat menyebabkan rambut berminyak dan lepek. Oleh sebab itu hindar makanan berlemak seperti gorengan, makannan cepat saji, jung food, kafein dan gantilah dengan memperbanyak mengkonsumsi buah, sayuran dan air putih.

Baca juga : Tips membuat rambut tetap segar dan wangi

11. Rawat rambut dengan menggunakan hair tonic

Bagi anda para wanita yang mengenakan jilbab penting untuk menggukan hair tonic. Pastikan sehabis keramas untuk memberikan kesegaran dengan melakukan streatmen hair tonic. Dengan demikian rambut akan tetap segar dan nutrisi rambut akan terpenuhi.

Demikianlah tips merawat rambut untuk wanita berjilbab. Berjilbab tidak hanya akan melindungi rambut anda, namun juga akan membuat anda lebih cantik mempesona. Semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih.