Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh Kita

Leni Fauziah

Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh Kita - Air merupakan sumber kehidupan, kekurangan air akan menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Dehidrasi sendiri merupakan kondisi kekuranga cairan pada tubuh seseorang. Cairan yang paling dibutuhkan manusia adalah air, 73% dari zat pembentuk tubuh manusia adalah air. Air berfungsi sebagai pembentuk sel, pengatur suhu tubuh, pelarut dan membantu proses pencernaan.

Tubuh kita sering kali mengalami dehidrasi, terutama ketika kita melakukan pekerjaan berat atau berolah raga. Namun sering kali kita mengabaikan dehidrasi, dan menganggap hal itu adalah hal biasa. Memang benar, dehidrasi adalah hal sepele, namun jika terus dibiarkan dapat berdampak buruk pada tubuh kita. Akan banyak sel tubuh yang mati akibat dehidrasi.

Macam dehidraasi

Berbicara tentang dehidrasi, dehidrasi sendiri dibedakan menjadi 3 yaitu dehidrasi ringan, dehidrasi sedang dan dehidrasi berat.
Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh Kita
Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh Kita

Dehidrasi ringan

Dehidrasi ringan merupakan dehidrasi yang paling sering kita alami. Dhidrasi ini menimbulkan gejala seperti haus, lesu, lelah, mulut terasa kering dan bisa berakibat pikiran yang tidak bisa focus, Untuk mengatasi dehidrasi ini sangat mudah, yaitu anda hanya perlu minum air putih.

Dehidrasi sedang

Dehidrasi sedang hampir sama dengan dehidrasi ringan, hanya saja penderita dehidrasi sedang akan mengalami sakit kepala, mata terlihat cekung dan kekenyalan kulit akan menurun. Akibat buruk dari dehidrasi sedang ini adalah pikiran yang tidak bisa focus, kesadaran bisa berkurang derastis bahkan dapat menyebabkan pingsan akibat tekanan darah menurun, dan yang paling parah dari dehidrasi tingkat sedang ini adalah gagal ginjal.

Dehidrasi berat

Dehidrasi memang hal biasa, namun jika tidak segera ditangani dehidrasi dapat meningkat menjadi dehidrasi berat. Nah jika sudah demikian tentu akan berdampak buruk bagi tubuh kita. Gejala yang biasa timbul akibat dehidrasi berat adalah tangan dan kaki terasa dingin dan lembab, tubuh terasa lemas dan kadang tak sadarkan diri, tidak kemampuan untuk minum, kulit menjadi kering dan kehilangan elasitasnya, tidak ada air mata dan dampak yang paling serius dari dehidrasi berat adalah koma dan kematian.

Dampak buruk dehidrasi

Seperti yang telah sedikit disinggung tentang tingkatan dehidrasi, nah berikut kami akan jelaskan beberapa dampak buruk dari dehidrasi itu sendiri.

1. Kehilangan konsentrasi

Seperti yang banyak muncul ikla ditelevisi dimana tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan orang kehilangan focus atau konsentrasi. Hal ini memang benar, karena ketika dehidrasi banyak sel yang mati sehingga otak tak bisa berkerja secara maksimal.

2. Cepat lelah

Ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan akan menjadikan tubuh menjadi cepat lelah. Oleh sebab itu agar tubuh tetap segar dan terhidrasi, anda harus rajin minum air putih.

3. Gangguan pencernaan atau sembelit

Dehidrasi juga akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit. Hal ini dikarenakan tubuh yang kekurangan cairan membuat tinja atau feses menjadi kering dan sulit dikeluarkan, akibatnya orang tersebut akan mengalami sembelit atau susah buang air besar.

Baca juga : Cara mudah dan aman atasi sembelit

4. Nafsu makan bertambah

Dehidrasi juga akan menyebabkan berat badan naik. Hal ini dikarenakan orang yang mengalami dehidrasi akan cenderung makan apasaja makanan yang ada disekitarnya. 

5. Asma

Dehidrasi akan menyebabkan saluran pernafasan menyempit, dan jika hal itu terjadi akan menyebabkan orang kesulitan bernafas atau asma.

Baca juga : Penyebab, gejala dan cara mengobati penyakit asma

6. Kolesterol

Kekurangan cairan dalam tubuh juga dapat menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh. Penelitian menyebutkan jika dehidrasi merupakan salah satu penyebab utama naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.

7. Tekanan darah tinggi

Tidak hanya kadar kolesterol saja yang naik, namun tekanan  darahpun akan naik. Ketika tubuh kekurangan cairan akan menyebabkan darah menjadi kental, dan jika hal ini dibiarkan dapat berakibat buruk pada jantung karena Jantung akan berkerja keras. 

8. Gangguan ginjal

Orang yang sering melangami dehidrasi akan membuat ginjal cepat rusak. Ginjal sendiri berfungsi untuk menetralkan racun, dan air putih sangat bermanfaat sekali untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Kekurangan air putih atau cairan akan menyebabkan ginjal bekerja karas dan beresiko terkena gagal ginjal.

9. Koma dan kematian

Seperti yang disingung diatas dimana dehidrasi berat dapat berakitbat sangat fatal pada tubuh kita. Akibat fatal tersebut adalah koma dan kematian. Hal ini dikarenakan banyak sel tubuh yang mati karena kekurangan cairan, sehingga organ tubuh tak bisa berfungsi sebagai semestinya.

10. Kulit kering

Dampak buruk dehidrasi pada kulit yaitu membuat kulit menjadi kering dan kehilangan kelembabannya. Hal ini wajar karena kulit kekuranan cairan.

11. Kulit keriput atau penuaan

Kulit yang kering akibat dehidrasi jika terus dibiarkan akan menyebabkan kulit menjadi keriput. Tentu hal ini sangat menakutkan sekali bukan. Oleh sebab itu penuhilah kebutuhan cairan anda agar kulit tetap lembab dan kenyal serta kencang.

13. Jerawat

Kulit kering dan kusam juga akan membuat banyak masalah pada kulit salah satunya yaitu jerawat. Jerawat akan sangat mudah muncul pada kulit yang kering dan kusam. Kulit kering dan kusam sendiri disebabkan karena kulit mengalami dehidrasi.

Cara menangulangi dehidrasi

1. Minum air putih

Cara paling mudah untuk mengatasi masalah dehidrasi tentu dengan minum air putih. Dengan minum air putih tubuh akan terhidrasi dan kembali segar.

2. Mengkonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran merupakan makanan yang kaya akan kandungan air sehingga baik sekali untuk mengatasi masalah dehidrasi. Buah yang paling baik untuk mengatasi dehidrasi adalah semangka, mentimun, bengkoang, melon dan lain sebagainya

3. Oralit

Oralit adalah sebuah cairan untuk menganti cairan dalam tubuh yang telah hilang. Oralit biasanya diberikan pada anak yang menderita diare agar tidak kekurangan cairan dan tetap terhidrasi.

4. Bawa kerumah sakit

Jika dehidrasi sudah masuk ke level berat, baiknya segera dibawa kerumah sakit. Dehidrasi tingkat berat akan menyebabkan organ tubuh tidak berjalan dan efek buruknya orang akan pingsan, koma hingga kematian.

Demikianlah informasi tentang bahaya dehidrasi dan cara menangulanginya. Dehidrasi memang hal yang biasa dialmi orang, namun jika dibiarkan dapat menyebabkan dehidrasi level berat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.