Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Bahaya Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Leni Fauziah

Bahaya Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan Dan kecantikan - Makanan cepat saji atau makanan instan atau bisa juga dikatakan sebagai fast food merupakan makanan yang disajikan dalam waktu yang relatif cepat. Bagi orang yang super sibuk, makanan ini cukup membantu karena tak perlu harus menunggu lama, makanan ini siap untuk disajikan. Makanan cepat saji ini banyak digemari orang, sehingga banyak otlet-otlet atau toko makanan cepat saji yang tumbuh subur. Diantara makanan cepat saji adalah pizza, mie instan, burger, fried chicken dan lain sebagainya.

Makanan cepat saji memang terasa nikmat dilidah dan tak perlu waktu lama untuk menyajikannya, namun makanan cepat saji disebut-sebut sebagai penyebab utama berbagai penyakit, bahkan penyakit serius dan mematikan seperti penyakit darah tinggi dan jantung juga disebabkan oleh makanan cepat saji. Makan cepat saji memang menjadi solusi terbaik bagi orang super sibuk untuk menghemat waktu, namun makanan cepat saji bukan solusi terbaik untuk nutrisi tubuh anda. Banyak efek merugikan yang ditimbulkan dari makanan cepat saji.

Nah sahabat, berbicara tentang makanan cepat saji, kali ini kita harus mengurangi dalam mengkonsumsi makanan cepat saji. Kenapa kita harus menguranginya, jelas karena makanan cepat saji tidak baik untuk kesehatan kita. Nah dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan dampak buruk dari makanan cepat sjai yang wajib anda ketahui. Berikut bahaya makanan cepat saji.
Bahaya Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Bahaya Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Bahaya makanan cepat saji pada kesehatan

1. Penyebab utama obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan memang banyak penyebabnya, namun biasanya penyebab utama dari obesitas adalah makanan cepat saji. Seperti yang kita ketahui, obesitas adalah keadaan yang tak baik untuk tubuh kita, ya obesitas selain dapat membuat penampilan menjadi tidak menarik, juga dapat mengundang berbagai penyakit serius seperti kolesterol, gula, darah tinggi, kanker, serangan jantung dan stroke. Di Amerika sendiri yang merupakan produsen tersebesar makan cepat saji memiliki separuh warganya yang menderita obesitas akibat makanan cepat saji. Oleh sebab itu baiknya anda hindari makanan cepat saji untuk menghindari obesitas.

2. Menjadi ketagihan

Makanan cepat saji yang disajikan dalam waktu yang relatif cepat dan rasanya yang nikmat, membuat banyak orang ketagihan dengan alasan untuk menyingkat waktu. Memang benar sekali, mengkonsumsi makanan cepat saji akan membuat seseorang ingin mengkonsumsi secara terus-meneru atau ketagihan, padahal hal ini tak baik untuk kesehatan tubuhnya.

Baca juga : Manfaat dan bahaya makanan berlemak

3. Menyebabkan kerusakan hati

Makanan cepat saji juga menjadi penyebab utama kerusakan pada hati. Hal ini dikarenakan makanan cepat saji mengandung banyak yodium dan juga minyak jahat yang membuat hati harus bekerja keras membersihkan zat beracun didalam tubuh tersebut. Nah jika hal ini terus terjadi, tentunya akan membuat hati terganggu dan mengalami kerusakan.

4. Meningkatkan resiko diabetes

Diabetes merupakan penyakit serius yang harus mendapatkan penanganan khusu. Penyakit diabetes sendiri dapat dipicu dari makanan cepat saji. Hal ini dikarenakan makanan cepat saji mengandung kalori dan lemak jenuh yang sangat tinggi. Kandungan tersebutlah yang membuat terjadinya resistensi insulin yaitu kondisi dimana sel-sel dalam tubuh tidak dapat memberikan respon insulin yang kemudian berujung pada gagalnya pada penyerapan gula atau glukosa dalam tubuh. Kegagalan dalam penyerapan gula ini akan menyebabkan penumpukan gula didalam darah hingga akhirnya menyebabkan anda terserang penyakit diabetes.

5. Menyebabkan radang pada dinding lambung

Peradangan pada dinding lambung merupakan penyakit yang paling sering terjadi pada lambung. Peradangan pada dinding lambung ini akan membuat penderita merasa perih yang sangat didalam lambungnya. Nah peradangan pada dinding lambung ini juga disebabkan oleh makanan cepat saji, terutama pizza dan keripik gurih.

6. Penyakit tekanan darah tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit serius yang dapat mengancam kesehatan jantung serta dapat menyababkan kematian mendadak. Saat ini banyak sekali orang menderita penyakit tekanan darah tinggi, penyebabnya tak lain karena gaya hidup dan juga makanan cepat saji. Makanan cepat saji mengandung banyak kalori dan juga lemak yang menyebabkan tekanan darah menjadi naik derastis.

Baca juga : 15 bahaya mengkonsumsi daging merah secara berlebihan

7. Serangan jantung

Serangan jantung merupakan penyakit paling mematikan didunia, hal ini karena serangan jantung dapat menyebabkan kematian mendadak tanpa memperlihatkan tanda-tanda. Penyakit jantung juga dipicu oleh makanan cepat saji yang sering di konsumsi. Hal ini karenakan makanan cepat saji mengandung banyak yodium dan kolesterol yang dapat merusak jantung. Yodium yang tinggi yang terdapat pada kentang goreng , minuam bersoda, dan daging olahan membuat tekana darah mningkat dan mengancam kesehatan jantung. Selain itu yodium juga dapat menyumbat pembuluh arteri yang dapat mengancam kesehatan jantung kita.

8. Merusak sistem pencernaan

Kebanyakan makanan cepat saji dimasak dengan cara digoreng dan bahan dasarnya kurang sehat untuk tubuh kita. Makanan cepat saji juga tidak mengandung serat yang sangat dibutuhkan sistem pencernaan. Dengan demikian, kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji dapat menyebabkan gangguan atau kerusakan pada sistem pencernaan.

9. Menurunkan kemampuan otak

Mengkonsumsi makanan cepat saji membuat anak menjadi bodoh, hal ini jelas karena makanan cepat saji membuat kemampuan otak menurun derastis. Makanan cepat saji akan membuat perubahan pada otak yang bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan. Penelitian juga menyebutkan jika makanan cepat saji membatasi asupan makanan  tertentu yang membuat otak kekurang nutrisi.

10. Menyebabkan stres

Makanan cepat saji mengandung banyak lemak yang menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh kita seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya. Lemak yang berlebih juga akan membuat suasana hati buruk sehingga orang gampang mengalami stress.

Baca juga : Dampak buruk stres bagi kesehatan dan kecantikan

11. Stroke

Makanan cepat saji mengandung banyak yodium dan juga kolesterol. Selain itu makanan cepat saji juga membatasi asupan makanan tertentu yang membuat otak kekurangan nutrisi, dan jika hal ini terus terjadi dapat menyebabkan stroke.

12. Menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi

Makanan cepat saji juga akan menyebabkan tubuh menjadi kekurangan nutrisi. Kekurangan nutrisi ini akan berdampak buruk pada kesehatan salah salah satunya yaitu sistem kekebalan tubuh menjadi lemak dan tubuh mudah terserang berbagai penyakit.

13. Meningkatkan resiko penyakit kanker

Salah satu faktor yang membuat anda harus menghindari makanan cepat saji sekarang juga adalah karena makanan cepat saji menyebabkan orang beresiko terserang kanker. Makanan cepat saji mengandung penyebab-penyedap makan dan lemak tak baik yang dserap oleh tubuh. Kandungan tersebut yang menyebabkan orang berpotensi besar terserang penyakit kanker.

14. Menyebabkan osteoporosis

Osteoporosis atau tulang keropos juga sisebabka oleh makanan cepat saji. Perlu anda ketahui, makanan cepat saji mengandung banyak yodium, yodium dalam jumlah banyak yang masuk kedalam tubub kita akan berdampak buruk pada tulang, tulang akan keropos dan rusak.

15. Menyebabkan rasa haus terus-menerus

Ketika anda kebanyakan mengkonsumsi makana cepat saji, anda pasti akan merasa haus secara terus menerus. Hal ini dikarenakan makanan cepat saji mengandung banyak garam yang membuat orang selalu merasa haus.

16. Menyebabkan kerusakan pada sistem saraf pusat

Makanan cepat saji mengandung banyak garam, MSG, nitrat, daging olahan dan lain sebagainya. Kandungan tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf pusat sehingga orang akan sering mengalami sakit kepala.

Dampak buruk makanan cepat saji bagi kecantikan

Selain berdampak pada kesehatan, makanan cepat saji juga berdampak buruk pada kecantikan, Ya makanan cepat saji akan merusak kulit anda secara perlahan. Berikut beberapa dampak buruk makan cepat saji bagi kecantikan.

1. Menyebabkan kulit berminyak dan kusam

Makanan cepat saji biasanya dimasak dengan cara digoreng, makanan cepat saji juga mengandung banyak lemak serat kolesterol yang tak baik untuk kulit. Hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi berminyak dan terliaht kusam.

2. Menyebabkan jerawat dan komedo

Kulit yang berminyak dan kusam akan sangat mudah tumbuh jerawat dan juga muncul komedo. Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya jika makanan cepat saji menyebabakn kulit berminyak. Hal inilah yang menyebabkan makanan cepat saji membuat kulit berjerawat dan komedo.

3. Penuaan dini

Penuaan dini merupakan momok paling menakitkan bagi semua wanita. Munculnya kerutan dan garis halus menyebabkan wanita tak menarik lagi. Nah makanan cepat saji yang diolah dengan cara digoreng menyebabkan kulit cepat menua atau penuaan dini.

4. Membuat rambut lepek dan berminyak

Makana cepat saji juga gorengan akan menyebabakn kulit memproduksi minyak berlebih, akibatnya kulit menjadi berminyak, tidak hanya pada kulit wajah saja, namun pada kulit kepala juga akan muncul banyak minyak. Akibatnya rambut menjadi lepek dan berketombe.

5. Menyebabkan rambut rontok dan botak

Kandungan MSG yang tinggi pada makanan cepat saji akan menyebabkan kerontokan pada rambut. Nah jika hal ini terus terjadi tentunya akan menyebabkan kebotakan. Pasti sangat menakutkan sekali bukan jika memiliki rambut yang botak. Oleh sebab itu hindari makanan cepat saji juga gorengan.


Demikianlah informasi tentang bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan dan kecantikan. Makanan cepat saji memang memiliki rasa nikmat dan sangat membantu kita dalam menghemat waktu. Namun mengkonsumsi makanan cepat saji secara berlebig dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Semoga informasi diatas menambah pengetahuan anda dan bermanfaat. Terimakasih.