Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Bahaya Sinar Ultraviolet Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Leni Fauziah

Bahaya Sinar Ultraviolet Bagi Kesehatan Dan Kecantikan - Sinar ultraviolet atau yang lebih dikenal dengan nama sinar UV adalah sinar yang dihasilkan oleh matahari, meskipun tak terlihat, namun sinar ultraviolet bisa dirasakan. Sinar ultraviolet ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan, namun sinar utraviolet juga dapat membahayakan terlebih jika terkena langsung pada tubuh kita.

Sinar UV dibedakan menjadi 3 yaitu sinar UV-A, UV-B dan UV-C. Sinar UV-A merupakan sinar ultraviolet yang paling banyak menimbulkan radiasi dan sinar ultraviolet ini yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dengan membunuh sel kulit. Sinar UV-B merupakan sinar ultraviolet yang memiliki kemampuan merusak lapisan kulit dermis, namun tidak sampai menembus kedalam dan tidak merusak sel kulit. Sinar UV-C merupakan sinar ultraviolet yang paling berbahaya. Sinar UV-C telah ditahan oleh ozon sehingga tak banyak yang masuk ke bumi, namun saat ini sudah terjadi pemanas global sehingga lapisan ozon semakin menipis, jika hal ini terus dibiarkan akan menyebabkan sinar UV-C masuk ke bumi dan menyebabkan banyak kerusakan.

Berbicara tentang sinar ultraviolet, tentu kita mendengar jika sinar ultraviolet itu berbahaya, lalu apasaja bahaya dari sinar ultraviolet. Nah dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bahaya dari sinar ultarviolet. Berikut bahaya sinar ultra violet bagi kesehatan dan kecantikan.
Bahaya Sinar Ultraviolet Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Bahaya Sinar Ultraviolet Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

1. Menyebabkan penyakit kanker

Sinar ultraviolet yang banyak masuk ke tubuh dapat menyebabkan penyakit kanker. Hal ini dikarenakan sinar ultraviolet menimbulkan kerusakan fotokimia pada DNA dari sel-sel yang ada didalam tubuh. Jika hal ini terus terjadi dapat menyebabkan penyakit kanker, terutama kanker kulit.

2. Menyebabkan penyakit mata katarak

Sinar ultraviolet juga dapat menyebabkan mata katarak. Hal ini pula yang menjadi alasan kita tak boleh menatap sinar matahari. Mata katarak sendiri merupakan keadaan mata yang tertutupi atau terhalang oleh selaput, sehingga pengelihatan menjadi kabur dan tak jelas. Untuk mencegah hal ini terjadi anda baiknya menggunakan kacamata hitam saat berada diterik sinar matahari.

3. Kemerahan pada kulit

Berada terlalu lama diterik sinar matahari akan menyebabkan kulit kemrahan. Sinar ultraviolet UV-B ini akan menyebabkan kulit iritasi sehingga berwarna kemerahan. Hal ini juga biasanya diiringi dengan rasa gatal dan juga rasa tak nyaman pada kulit.

4. Kulit terasa seperti terbakar

Selain menyebabkan kulit kemerahan dan alergi, sinar ultarviolet UV-B juga dapat menyebabkan rasa terbakar pada kulit. Untuk mengatasi hal ini baiknya anda gunakan sunblok atau tabir surya untuk melindungi kulit anda dari sinar ultraviolet.

5. Menyebabkan eritema

Sinar ultraviolet juga dapat menyebabkan eritema yaitu keadaan kulit yang memerah dan bengkak. Hal ini juga disebabkan oleh sinar UV-B, untuk menggindari hal ini anda disarankan untuk selalu menggunakan pakaian dan celana panjang.

6. Membuat kulit menjadi kering

Kulit yang sering terpapar sinar matahari akan membuat kulit menjadi kering dan kasar. Hal ini tentu akan menyebabkan masalah pada penampilan anda.

7. Menyebabkan kulit menjadi gelap

Sudah bukan rahasia lagi jika sinar matahari menyebabkan kulit menjadi gelap. Ya kulit yang sering terpapar sinar matahari akan membuat sel kulit banyak yang mati, muncul bintik hitam dan kulit menjadi gelap.

8. Kulit kehilangan elasitas

Kulit yang sering terpapar sinar ultraviolet akan menjadikan kulit menjadi kering dan elasitas kulit akan hilang. Hal ini bisa kita lihat pada orang-orang yang sering berada diterik matahari, mereka memiliki kulit kering dan tak sehat.

9. Menyebabakn kerutan dan penuaan

Seperti yang telah dijelaskan diatas jika sinar ultraviolet menyebabkan kulit kering. Jika kulit kering terus dibiarkan dapat menyebabkan muncul kerutan dan juga garis halus atau tanda penuaan lainnya. Oleh sebab itu baiknya anda harus hindari sinar ultraviolet untuk menjaga kecantikan kulit anda.


Demikianlah informasi tentang bahaya sinar ultraviolet bagi kesehatan dan kecantikan. Sinar ultraviolet memang dibutuhkan dalam kehidupan, namun juga dapat berdampak buruk. Nah untuk mencegah dampak buruk baiknya anda hindari keluar pada terik siang hari, atau selalu gunakan tabir surya ketika keluar siang hari. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.