Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Cara Alami Dan Cepat Menghilangkan Bekas Luka

Leni Fauziah

Cara Alami Dan Cepat Menghilangkan Bekas Luka - Bekas luka atau noda hitam dikulit tentu sangat mengganggu sekali, terlebih jika bekas luka tersebut berada dikulit wajah, pasti akan membuat kita menjadi tidak percaya diri.  Bekas luka juga selai itu membuat kita tidak nyaman. Untuk itu masalah bekas luka harus segera diatasi. Namun untuk mengatasi bekas luka bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan ketelatenan dan waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasi atau menghilangkan bekas luka sebenarnya ada cara instan dan cepat, namun tentu cara instan itu membutuhkan banyak biaya, karena cara tersebut akan membutuhkan bantuan dokter spesialis kulit. Namun anda tak perlu khawatir, ada cara yang murah bahkan anda tak perlu harus mengeluarkan uang untuk menghilangkan bekas luka. Caranya yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita.

Ada banyak bahan alami yang ada disekitar kita yang dapat membantu dalam menghilangkan bekas luka. Namun bahan alami tersebut tentu tidak bisa memberikan dampak instan, pastinya membutuhkan waktu serta ketelatenan. Lalu bahan alami apasaja yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan bekas luka. Berikut cara alami untuk menghilangkan bekas luka.
Cara Alami Dan Cepat Menghilangkan Bekas Luka
Cara Alami Dan Cepat Menghilangkan Bekas Luka

1. Madu

Bahan alami pertama yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan bekas luka yaitu dengan madu. Tentu kita semua tahu madu, ya madu merupakan cairan manis yang dihasilkan oleh lebah. Madu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam hal ini madu juga efektif sekali untuk menghilangkan bekas luka. Madu akan mengangkat sel kulit mati atau bintik hitam bekas luka dan merangsang pertumbuhan sel baru. Caranyapun sangat mudah sekali, anda oleskan madu murni pada bekas luka, diamkan selama semalam dan bilas atau bersihka pada pagi harinya. Lakukan setiap hari hingga bekas luka hilang.

Baca juga : Manfaat masker madu dan cara membuatnya

2. Minyak zaitun

Minyak zaitu merupakan minyak alami yang memiliki banyak sekali manfaat. Minyak zaitun kerap dijadikan senagai masker wajah untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo dan lain sebagainya. Nah masalah bekas luka juga dapat diatasi dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya sangat mudah sekali, yaitu anda oleskan minyak zaitun pada bekas luka anda, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin hingga bekas luka hilang.

3.  Jeruk nipis

Jeruk nipis adalah bahan alami yang ampuh sekali mengangkat sel kulit mati, meyamarkan nod hitam, flek hitam, bekas jerawat hingga bekas luka. Banyak wanita yang menggunakan minyak zaitun untuk  mengatasi masalah kulit. Nah cara menggunakannya sangat mudah sekali, anda peras jeruk nipis dan ambil airnya, kemudian anda oleskan pada bekas luka, diamkan selama 20  menit lalu anda bilas hingga bersih.

4. Teh hijau

Teh hijau merupakan minuman herbal yang memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan, tidak hanya untuk kesehatan saja, teh hijau juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan kulit. Teh hijau diketahui memiliki antioksidan 200 kali lebih kuat dibandingkan dengan vitamin. Teh hijau mampu mengurangi peradangan serta meghilangkan bekas luka, Cara menggunakannya sangat mudah sekali, jadikan teh hijau sebagai toner untuk menghilangkan bekas luka. Basahi kapas atau handuk bersih, kemudian anda oleskan pada bekas luka, ulangi berkali-kali dan lakukan secara rutin.

5. Mentimun

Mentimun mengandung air hingga 95%, mentimun dapat melembabkan kulit serta mengangkat sel kulit mati, Jadi dengan demikian, mentimun juga dapat mengangkat sel kulit mati bekas luka ataupun bekas jerawat. Caranya sangat mudah sekali, anda hancurkan mentimun hingga menjadi pasta, atau jus, kemudian anda balurkan pada kulit bekas luka, diamkan selama 30 menit atau diamkan selama semalam, bilas dengan air dan lakukan secara rutin.

6. Lidah buaya

Lidah buaya juga ampuh sekali untuk mengatasi atau menghilangkan bekas luka. Lidah buaya memang dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut, namun selain itu lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit seperti kulit kasar, bintik hitam, sel kulit mati hingga bekas luka. Cara menggunakannya mudah sekali, oleskan gel lidah buaya pada kulit bekas luka anda, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

7. Daun mint

Daun mint biasa digunakan sebagai bahan untuk membuatan pasta gigi atau obat kumur, namun daun mint juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan atau kecantikan kulit. Daun mint bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka, baik luka bias, luka bakar maupun beka jerawat. Caranya bersihkan beberapa lembar daun mint, kemudian anda hancurkan dan oleskan atau jadikan scrube pada bekas luka anda.

8. Minyak biji pangkal bunga mawar

 Minyak biji pangkal bunga mawar telah banyak digunakan sebagai produk kecantikan dan telah terbukti secara klinis menghilangkan bekas luka pada kulit dan menghilangkan bekas jerawat. Selain itu minyak biji pangkal bunga mawar mudah untuk kita dapatkan.

9. Daun pare

Daun pare merupakan daun dengan rasa yang sangat pahit. Pare merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Selain buahnya yang memiliki banyak manfaat, daun pare juga dapat dimanfaat untuk kecantikan seperti untuk menyamarkan noda hitam atau bekas luka. Caranya anda cuci bersih daun pare, kemudian anda haluskan dan anda peras, ambil airnya campurkan dengan madu kemudian anda oleskan pada kulit yang terdapat bekas luka, diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat dan efek samping pare untuk kesehatan

10. Beras kencur

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan beras kencur. Mungkin sahabat serin minum ramuan beras kencur. Ya beras kencur sendiri merupakan obat tradisional yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita. Selain sebagai minuman, beras kencur ini juga dapat dijadikan sebagai ramuan untuk menghilangkan bekas luka. Caranya yaitu rendam beras selama kurang lebih 15 menit, tiriskan dan haluskan. Ambil beberapa siung kencur, kemudian tumbuk hingga halus dan campurkan keduanya. Bubuhkan campuran tersebut pada bekas luka anda, lakukan secara rutin hingga bekas luka hilang.

Baca juga : Sejuta manfaat kencur untuk kesehatan

11. Buah mengkudu

Buah mengkudu bermanfaat sekali untuk melawan kuman penyebab infeksi. Hal ini dikarenakan buah mengkudu mengandung senyawa antrakuinon, dan skopoletin yang memiliki sifat anti bakteri, anti jamur dan anti parasit. Caranya sangat mudah, haluskan mengkudu lalu anda balurkan pada bekas luka, diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air.
Demikianlah informasi tentang cara alami menghilangkan bekas luka dengan cepat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.