Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Cara Aman Dan cepat Atasi Sembelit

Leni Fauziah

Cara Aman Dan cepat Atasi Sembelit - Sebelit merupakan kondisi dimana buang air besar lebih jarang dari biasanya karena feses atau tinja yang kering atau keras sehingga sulit untuk dikeluarkan dan tak jarang menimbulkan rasa sakit saat buang air besar. Sembelit atau susah buang air besar memang sangat mengganggu sekali. Semua orang pasti pernah mengalami sembelit, namun kebanyakan orang menganggap sembelit adalah penyakit umum sehingga tak perlu mendapatkan penangan khusus. Padahal sembelit jika dibiarkan secara terus-menerus dapat berdampak buruk bagi kesehatan seperti kanker.

Sembelit atau istilah lain yaitu konstipasi ini bisa terjadi pada siapa saja baik pria maupun wanita. Namun semeblit ini biasanya dialami oleh wanita hamil dan juga wanita yang telah berusia lanjut. Orang bisa dikatakan sembelit jika tidak buang air besar selama 3 hari berturut-turut atau hanya buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu. Sedangkan pada anak, sembelit bisa terjadi hingga 5 hari berturut-turtu tidak buang air besar,

Ada banyak penyebab orang mengalami sembelit, namun penyebab utama dari sembelit adalah karena kurang cairan dan makanan berserat. Berikut beberapa penyebab seseorang mengalami sembelit.
Cara Aman Dan cepat Atasi Sembelit
Cara Aman Dan cepat Atasi Sembelit

Penyebab sembelit

1. Kurang cairan

Penyebab utama sembelit karena tubuh kurang minum cairan. Hal ini akan membuat feses atau tinja menjadi kering dan sulit untuk dikeluarkan.

Baca juga : Bahaya dehidrasi dan cara mengatasinya

2. Makanan olahan

Makanan olahan memang pada dasarnya tidak baik untuk kesehatan, tidak hanya menyebabkan sembelit saja, namun makanan olahan juga dapat menyebabkan berbagai penyakit lainnya bahkan jika sering mengkonsumsi makanan olahan dapat terkena serangan jantung maupun kanker. Mengerikan bukan? Oleh sebab itu baiknya anda hindari makanan olahan seperti pizza, sosis, burger dan lain sebagainya.

3. Daging merah

Daging merah seperti daging kambing atau sapi selain dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan serangan jantung juga dapat menyebabkan sembelit. Hal ini dikarenakan daging cukup sulit untuk dicerna. Untuk menghindari hal ini, baiknya anda menyertakan sayuran ketika mengkonsumsi daging merah agar lebih mudah dicerna dan terhindar dari sembelit.

Baca juga : 15 bahaya mengkonsumsi daging merah secara berlebihan

4. Makanan berminyak atau gorengan

Makanan berminyak atau gorengan juga termasuk dalam kategori makanan tak sehat. Makanan berminyak dapat menyebabkan sembelit terutama anda yang berusia 20-30 tahun. Baiknya anda hindari makanan berminyak seperti gorengan.

5. Makanan asin

Sama halnya dengan makanan berminyak, makanan asin juga tidak sehat, Makanan asin dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan mengancam kesehatan jantung. Selain itu makanan adin juga dapat menyebabkan sembelit.

6. Kafein dan biskuit

Kafein jelas dapat menyebabkan sembelit, hal ini dikarenakan kafein dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Seperti yang kita ketahui, tubuh yang kekurangan cairan dapat berakibat sembelit. Sedangkan biskuit adalah makanan yang tinggi gula dan lemak namun sangat rendah serat. Hal ini yang menyebabkan biskuit meningkatkan resiko penyakit sembelit, biskuit juga meningkatkan resiko terserang penyakit diabetes.

7. Penyebab lain

Penyebab lain dari sembelit adalah penyakit tertentu seperti kanker usus besar, kanker rektum, fisura ani, obstruksi usus, penyempitan usus besar, kanker perut, dan lain sebagainya.

Cara mengatasi sembelit

Ada banyak cara untuk mengatasi sembelit, anda bisa langsung konsultasi ke dokter atau juga bisa mengkonsumsi obat sembelit. Namun anda juga bisa mengatasi sembelit dengan cara alami. Berikut beberapa cara alami untuk mengatasi masalah sembelit.

1. Perbanyak minum air putih

Sembelit disebabkan karena tubu kekurangan cairan sehingga feses atau tinja menjadi kering dan sulit untuk dikeluarkan. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini tentu dengan minum banyak air putih. Air putih selain dapat mengatasi masalah sembelit juga dapat membuang racun dari dalam tubuh, mengatasi dehidrasi dan melembabkan kulit. Penuhilah kebutuhkan air sebanyak 8 gelas dalam sehari. Selain perbanyak minum air putih, anda disarankan untuk menghindari minuman kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya.

2. Perbanyak makanan berserat

Makanan berserat akan membuat buang air besar menjadi lancar. Serat akan meningkatkan kandungan air dalam tinja dan memadatkannya sehingga tinja atau feses mudah dikeluarkan. Anda bisa mendapatkan serat pada buah-buahan atau sayuran. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun dibuat sebagai minuman jus.

3. Hindari produk olahan susu

Tidak hanya makanan olahan saja yang harus anda hindari, produk olahan susu seperti keju, dan produk olahan susu yang mengandung laktosa dapat menyebabkan perut kembung, dan sembelit. Jika anda sedang mengalami sembelit baiknya anda hindari makanan olahan susu sperti keju dan lain sebagainya.

4. Minyak jarak

Minum minyak jara juga dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah sembelit. Minyak jarak dapat membantu menstimulasi usus anda. Minyak jarak juga melumasi usus sehingga tinja lebih mudah untuk keluar. Minyak jarak aman diminum asalkan dengan dosis yang wajar, namun jika anda mengalami radang usus, atau penyumbatan usus anda harus berkonsultasi terlebih dulu pada dokter. Jangan minum minyak jarak dalam keadaan hamil.

Baca juga : Manfaat daun jarak untuk kesehatan

5. Olah raga

Olah raga selain menyehatkan tubuh juga dapat mengatasi masalah sembelit. Ya olah raga akan menguatkan otot-otot usus serta pergerakannya sehingga dapat memperlancar sistem penceranaan.

6. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tanamana sejuta manfaat untuk rambut. Namun lidah buaya juga bisa kita gunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah sembelit. Namun dalam menggunakan lidah buaya juga harus berhati-hati, kebanyakan mengkonsumsi lidah buaya akan menyebabkan diare dan keram usus.

7. Temulawak

Temu lawak juga dapat dijadikan sebagai obat sembelit. Caranya yaitu giling temulawak bersama biji sesawi secukupnya. Tambahkan sedikit air lalu anda peras dan minum airnya sebagai jamu untuk mengatasi sembelit.

8. Ketepeng cina

Ampil 7 lembar daun ketepeng cina yang masih muda dan segar, rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Angkat dan saring lalu minum ramuan tersebut.

Demikianlah informasi tentang cara aman mengatasi sembelit. Jika cara tersebut telah anda lakukan, namun tidak membrikan efek apapun, baiknya anda konsultasi ke dokter. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.