Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Awet Dan Tetap Lurus

Leni Fauziah

Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Awet Dan Tetap Lurus - Memiliki rambut yang lurus dan lembut merupakan dambaan semua wanita. Rambut yang panjang dan lurus serta lembut akan membuat wanita terlihat cantik mempesona, tak heran wanita rela melakukan apapun demi mendapatkan rambut yang lurus dan lembut.

Rambut yang lurus bisa didapatkan dengan cara alami yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami. Namun kebanyakan wanita tidak sabar sehingga mereka melakukan smoothing, meskipun kurang baik untuk rambut, namun jika smoothing dilakukan dengan cara yang benar dan mendapatkan perawatan yang baik, masalah kerusakan pada rambut akibat obat smoothing dapat dihindari.

Lalu bagaimana cara merawat rambut smoothing agar tetap lurus dan lembut serta tidak merusak rambut. Rambut yang telah dismoothing memang harus mendapatkan perawatan ekstra, jika tidak, impian anda untuk mendapatkan rambut yang lurus dan lembut, justru akan membuat rambut anda rusak karena salah dalam melakukan perawatan. Nah berikut beberapa cara untuk merawat rambyt smoothing dengan benar agar awet dan selalu lurus dan lembut.
Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Awet Dan Tetap Lurus
Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Awet Dan Tetap Lurus

1. Tidak mencuci rambut selama 3-5 hari

Perawatan pertama yang harus anda lakukan setelah melakukan smoothing adalah dengan menjaga rambut anda agar tidak terkena air selama kurang lebih 3-5 hari. Hal ini untuk menjaga obat smoothing bekerja dan meresap pada rambut. Jadi anda tidak boleh keramas selama kurang lebih 3-5 hari.

2. Rajin melakukan perawatan rambut menggunakan masker alami

Seperti yang kita ketahui jika smoothing menggunakan obat kimia yang tentunya bisa berakibat buruk pada kesehatan rambut anda. Nah untuk meminimalisir efek buruk dari obat kimia tersebut, anda disarankan untuk selalu melakukan perawatan menggunakan masker rambut alami seperti madu, santan, minyak kelapa, air kelapa, telur, susu dan masker alami lainnya. Baiknya anda lakukan perawatan minimal seminggu sekali secara rutin.

3. Hindari menggunakan hairdryer

Agar kelembaban rambut yang telah dismoothing selalu terjaga, baiknya anda hindari menggunakan hairdryer. Ketika anda mencuci rambut, biarkan rambut kering dengan sendiri. Hairdryer justru akan merusak rambut anda yang telah dismoothing.

Baca juga : Tips mencegah kerusakan rambut setelah berenang

4. Lakukan trim

Cara berikutnya yaitu dengan melakukan trim yaitu memotong rambut anda yang terlihat kasar. Anda bisa melakukannya sebulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan anda. Lakukan ketika rambut terlihat kasar atau tidak rapi.

5. Gunakan sisir berbahan kayu dan tidak rapat

Agar rambut yang anda smoothing selalu awet dan tahan lama, baiknya anda gunakan sisir rambut yang berbahan kayu dan tidak begitu rambut. Hal ini dikarenakan sisir listri akan memberikan efek listrik pada rambut sehingga akan merusak kelurusan dan kelembutan rambut yang telah dismoothing.

Baca juga : Manfaat air kelapa untuk kecantikan kulit dan rambut

6. Gunakan catok rambut dengan suhu rendah

Ketika anda ingin mencatok kembali rambut anda, baiknya jangan menggunakan suhu yang tinggi. Rambut anda yang telah dismoothing akan cepat rusak jika sering terkena catok dengan suhu yang tinggi. Selain itu jangan lupa selalu menggunakan pelembab rambut. 

7. Hindari mengikat atau mengepang rambut

Untuk mempertahankan kelurusan dan kelembutan rambut agar tahan lama, tentu anda disarankan untuk tidak mengikat rambut atau mengepannya. Mengikat atau mengepang rambut dapat membuat rambut menjadi rusak dan tidak lurus lagi.

8. Hindari mengecat rambut

Jika rambut anda telah dismoothing, baiknya anda hindari menggunakan bahan kimia lainnya untuk rambut anda seperti mengecat rambut atau lain sebagainya. Baiknya biarkan rambut anda selama setidaknya 3 bulan tanpa bahan kimia lainnya.

9. Gunakan sarung bantal berbahan lembut

Untuk menjaga rambut anda yang telah dismoothing agar selalu lurus dan lembut, baiknya anda gunakan sarung bantal yang berbahan halus. Gunakan sarung bantal berbahan satin atau sutra. Menggunakan sarung bantal yang berbahan halus juga akan melindungi kulit dari keriput.

10. Lakukan crimbath atau spay

Anda juga bisa melakukan cerimbath atau spay sekali dalam 2 minggu. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan vitamin pada rambut anda.

Demikianlah informasi tentang cara merawat rambut smoothing agar awet dan tetap lurus. Rambut smoothing mengandung bahan kimia yang tentunya harus mendapatkan perawatan ekstra. Namun jika anda ingin mendapatkan rambut lurus tanpa smoothing anda bisa membaca artikel tentang "cara meluruskan rambut tanpa smoothing atau rebonding". Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.