Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Cara Mudah Dan Alami Atasi Pigmentasi

Leni Fauziah

Cara Mudah Dan Alami Atasi Pigmentasi - Pigmentasi adalah perubahan warna kulit seseorang yang disebabkan penyakit, luka atau karena penuaan. flek hitam dan lain sebagainya hingga membuat kulit menjadi terlihat gelap dan tak bercahaya. Pigmentasi tidak membahayakan kulit, namun dapat menghilangkan kecantikan kulit dan sekaligus dapat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang.

Pigmentasi bisa terjadi pada setiap bagian kulit seseorang termasuk bagian tangan, kaki, leher, wajah dan lain sebagainya. Penyebab pigmentasi sangat bervariasi, namun kebanyakan pigmentasi disebabkan oleh sengatan sinar UV matahari, hormon yang tidak seimbang, stress, kehamilan, obat-obatan, salah dalam penggunaan produk kecantikan dan lain sebagainya.

Untuk menghilangkan pigmentasi juga anda bisa menggunakan banyak cara. Cara yang biasa digunakan wanita untuk menghilangkan pigmentasi yaitu menggunakan krim pemutih kulit dan produk kecantikan lainnya. Namun pada kenyataannya, produk kecantikan mengandung bahan kimia yang akan menimbulkan masalah baru, selain itu harga pemutih kulit juga tidaklah murah. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi masalah pigmentasi pada kulit. Untuk mengatasi masalah pigmentasi pada kulit kita bisa menggunakan cara alami atau tradional dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Dengan menggunakan bahan-bahan alami selain tak perlu mengeluarkan banyak biaya, bahan alami juga efektif dalam menghilangkan pigmentasi serta tak mengandung bahan kimia, sehingga aman untuk jangga panjang. Berikut beberapa cara alami untuk mengatasi pigmentasi pada kulit.
Cara Mudah Dan Alami Atasi Pigmentasi
Cara Mudah Dan Alami Atasi Pigmentasi

1. Buah alpukat

Bahan alami pertama yang bisa kita gunakan untuk mengatasi pigmentasi pada kulit yaitu dengan menggunakan buah alpukat. Buah alpukat mengandung asam lemak, vitamin C, dan asam oleat yang dapat mengatasi pigmentasi denga cara mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan flek hitam. Alpukat juga dapat meremajakan kulit sehingga kulit nampak awet muda, cara menggunakannya yaitu dengan menggunakan buah alpukat sebagai masker wajah, haluskan buah alpukat dan aplikasikan pada kulit wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

2. Tomat

Tomat merupakan bahan utama untuk membuat samba atau saus, namun dalam dunia kecantikan tomat juga memiliki banyak sekali manfaat, tomat biasa digunakan sebagai masker wajah untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo, kulit berminyak, flek hitam, bekas luka, hingga pigmentasi. Nah dengan demikian, anda bisa menggunakan masker tomat untuk mengatasi masalah pigmentasi. Caranya yaitu haluskan tomat dan oleskan pada kulit wajah, diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

3. Jeruk nipis

Sudah bukan rahasia lagi jika jeruk nipis biasa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Ya jeruk nipis sangat efektif dalam mengatasi berbagai masalah kulit, masalah pigmentasi pada kulit juga dapat diatasi dengan jeruk nipis, jeruk nipis akan mengangkat sel kulit mati, mengurangi kadar minyak dalam kulit, serta menyamarkan bintik hitam pada kulit, sehingga masalah pigmentasi ataupun penuaan dapat diatasi dengan jeruk jeruk nipis. Cara menggunakannya yaitu anda peras jeruk nipis, ambil airnya lalu anda oleskan pada kulit wajah dan leher secara merata selama 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

4. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin E dan pepain yang baik sekali dalam mencerahkan kulit, ya bahkan sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan ekstra dari buah pepaya. Buah pepaya juga dapat digunakan secara langsung untuk mengatasi masalah pigmentasi. Caranya sangat mudah sekali yaitu haluskan buah pepaya, kemudian anda aplikasikan pada kulit wajah dan leher, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Masker pepaya ini juga sangat efketif untuk mengatasi masalah penuaan pada kulit.

5. Susu atau yougurt

Tak perlu ditanyakan lagi akan menfaat susu dan yougurt untuk kecantikan. Keduanya sangat efektif untuk mencerahkan kulit. Susu dan yougurt biasa digunakan sebagai masker ataupun lulur untuk me cerahkan kulit, Nah dengan menggunakan susu atau yougurt sebagai masker ataupun lulur, berbagai masalah kulit seperti pigmentasi dapat teratasi dengan mudah.

6. Mentimun

Mentimun adalah buah yang mengandung banyak air, bahkan hingga 95%. Nah masalah pigmentasi juga bisa disebabkan karena kulit kekurangan cairan, masker mentimun dapat menjadi solusi dalam mengatasi pigmentasi. Caranya yaitu jadikan mentimun sebagai masker wajah. Mentimun juga baik sekali untuk menghilangkan flek hitam, sel kulit mati dan masalah penuaan.

7. Kentang

Kentang telah dikenal ampuh dalam menghilangkan bekas kecoklatan pada kulit, kentang biasa digunakan sebagai masker untuk mengaatasi masalah kulit. Masalah pigmentasi pada kulit juga dapat diatasi dengan menggunakan kentang. Caranya yaitu jadikan kentang sebagai masker kulit wajah anda.

8. Lidah buaya

Lidah buaya sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Namun lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit, salah satu manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit yaitu untuk mengatasi masalah pigmentasi pada kulit. Caranya yaitu anda oleskan gel lidah buaya pada kulit anda yang mengalami pigmentasi.

9. Madu

Madu merupakan cairan ajaib yang dihasilkan oleh lebah. Madu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, bahkan madu sudah digunakan sebagai obat dan bahan alami perawatan kecantikan sejak ribuan tahun yang lalu. Nah anda juga bisa menggunakan madu untuk mengatasi masalah pigmentasi. Caranya oleskan madu pada kulit wajah dan leher, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air, tidak hanya pigmentasi saja, masalah kulit lainnya seperti jerawat, komedo, keriput, kulit berminyak dan lain sebagainya juga dapat diatasi dengan masker madu.

10. Pisang

Meskipun tak sepopuler masker lainnya, namun masker pisang juga ampuh untuk mengatasi masalah kulit seperti pigmentasi. Pisang sangat efektif dalam mengatasi masalah kulit mengelupas, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit dan mengatasi masalah kulit lainnya. Caranya yaitu anda haluskan pisang, kemudian anda aplikasikan pada kulit wajah dan leher, anda juga bisa mengkombinasikannya dengan madu atau susu. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

11. Bengkoang

Bengkoang merupakan buah yang sangat ampuh dalam mencerahkan kulit serta menyamarkan bintik-bintik hitam. Dengan menggunakan masker bengkoang secara rutin, kita akan mendapatkan kulit yang putih dan cantik alami, masalah pigmentasi pada kulit juga dapat diatasi dengan bengkoang. Cara menggunakanya yaitu anda parut bengkoang, kemudian anda peras dan ambil airnya, diamkan airnya selama beberapa menit hingga mengendap, gunakan endapan atau sari bengkoang tersebut sebagai masker wajah. Sari bengkoang tersebut sangat efektif sekali untuk mencerahkan kulit serta mengatasi masalah pigmentasi.

12. Scrub lemon dan gula

Cara berikutnya yaitu dengan cara crub lemon dan gula. Campurkan air perasan lemon dan gula, kemudian anda oleskan dan gosokan pada kulit wajah dan leher, diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

13. Cuka

Cuka juga bisa menjadi solusi atau obat untuk mengatasi masalah pigmentasi. Anda bisa menggunakan cuka apel. Caranya yaitu oleskan cuka apel pada kulit wajah dan leher, diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air hingga bersih.

14. Makanan sehat

Makanan juga sangat berpengaruh dalam mengatasi masalah pigmentasi. Anda disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan sehat seperti makanan yang mengandung banyak vitamin E, dan air. Dalam hal ini anda bisa mendapatkannya pada buah-buahan atau sayuran.

15. Madu dan almond

Cara berikutnya yaitu kombinasi antara madu dan lemon. Campurkan 1 sendok bubuk almond dan 1 sendok madu dan sedikit air lemon, campurkan hingga rata dan menjadi pasta. Oleskan pada kulit wajah dan leher, diamkan selama  beberapa menit dan bilas dengan air hingga bersih.


Demikianlah beberapa cara mudah dan alami untuk atasi pigmentasi. Pigmentasi memang tak membahayakan kulit, namun dapat mengurangi kecantikan dan dapat membuat kurang menjadi tidak percaya diri. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.