Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Dampak Buruk Stres Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Leni Fauziah

Dampak Buruk Stres Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit -  Stres merupakan keadaan dimana pikiran mengalami tekanan sehingga membuat orang menjadi tidak nyaman. Semoga orang pasti sangat akrap sekali dengan stres, karena semua orang pasti mengalami stres setiap harinya dengan tingkat yang berbeda-beda. Sejak kecil atau balita kita semua sudah mengalami stress, semakin bertambahnya usia dan beban hidup membuat tingkat stres semakin meningkat.

Stres bisa terjadi karena berbagai faktor dan dimana saja seperti lingkungan keluarga, sekolah, tempat kerja, pekerjaan, masalah keuangan, masalah kesehatan ataupun masalah lainnya. Stres jika sering terjadi dan meningkat hingga stres berat dapat membahayakan kesehatan tubuh. Saat kita menghadapi sebuah masalah atau ancaman, tubuh dan pikiran akan saling berinteraksi dalam menghadapi ataupun menghindari masalah tersebut.

Kita mungkin sudah sering mendengar dampak buruk stres pada tubuh dan pikiran seseorang. Stres dapat menyebabkan berbagaia masalah fisik seperti sakit kepala,  nyeri dada dan lain sebagainya. Stres juga dapat membuat mood seorang berubah menjadi buruk, mudah marah dan mudah emosi. Bahkan stres level tinggi dapat menyebabkan orang depresi dan mempengaruhi perilaku hingga orang menjadi gila.

Nah sahabat berbicara tentang stres. Berikut kami jelaskan beberapa dampak buruk stres bagi kesehatan dan kecantikan kulit.
Dampak Buruk Stres Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
Dampak Buruk Stres Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Dampak buruk stres bagi kesehatan

1. Letih, cepat lelah dan cemas

Dampak buruk pertama dari stres adalah keadaan tubuh yang menjadi lemah, letih, cepat lelah dan mudah cemas. Stres akan mengganggu kualitas tidur penderita, stres juga akan memproduksi hormon kortisol ke dalam aliran darah sehingga menbuat jantung harus bekerja lebih keras serta membuat tubuh mengeluarkan energi eksra, akibatanya tubuh menjadi mudah lelah dan letih.

2. Insomnia

Sperti yang telah disinggug pada poin pertama dimana orang yang mengalami stres akan mengalami gangguan kualitas tidur. Ya orang yang stres akan kesulitan tidur atau insomnia, hal ini karena dalam keadaan stres, pikiran tidak bisa tenang dan tidurpun tidak bisa nyenyak.

3. Melemahkan daya ingat

Oranga yang mengalami stres secara terus-menerus akan berakibat pada melemahnya daya ingat pada otaknya. Hal ini disebabkan karena ujung saraf yang lebih tua akan kesulitan untuk berhubungan dengan sel-sel otak yang baru, selain itu stres yang berkepanjangan akan membuat otak kesulitan dalam memberikan informasi hingga akhirnya menyebabkan orang kesulitan dalam mengingat sesuatu. Jika hal ini terus terjadi dapat menyababkan penyakit alzhaimer.

4. Penyusutan pada otak

Stres yang terjadi secara terus-menerus dapat menyebabkan otak menjadi menyusut. Hal ini biasanya terjadi pada korban kekerasan yang mengalami stres hingga trauma berat. Mereka akan sulit dalam berfikir dan meginngat sesuatu.

5. Menurunkan gairah atau bad mood

Orang yang mengalami stres biasanya akan memiliki mood yang buruk. Hal ini dikarenakan keadaan pikiran yang sedang kacau, dan biasanya mereka akan mudah tersinggung juga mudah marah.

6. Sembelit

Stres juga dapat menyebabkan orang mengalami sembelit. Hal ini dikarenakan hormon pemicu stres dapat memperngaruhi kestabilan metabolisme tubuh. Untuk mengatasu hal ini anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih dan makanan berserat.

7. Meningkatkan dan menurunkan berat badan

Stres dapat menurunkan berat badan secara derasti dan juga bisa meningkatkan berat badan secara derastis. Hal ini dikarenakan ketika orang mengalami stres, energi akan cepat terkuras dan perut akan mudah mengalami lapar, hal ini yang menjadikan berat badan turun derastis, namun bagi sebagian orang stres justru membuat berat badan naik derastis, hal ini dikarenakan mereka akan terus makan ketika mengalami stres. Makan dijadikan sebagai pelampiasan.

8. Memicu gejala depresi

Stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan orang mengalami depresi. Jika sudah demikian, si penderita harus dalam pengawasan ekstra. Orang yang mengalami depres dapat menyebabkan prilaku menyimpang, bahkan mereka tak segan melukai diri sendiri hingga bunuh diri.

9. Meningkatkan sel kanker

Stres akan menyebabkan sel kanker berkembang dan semakin kuat. Menurut study yang dilakukan di Wake Forets University mengungkapkan jika stres akan membantu sel kanker bertahan. Ketika orang mengalami stres obat kanker yang diberikan menjadi tidak efektif.

10. Stroke

Orang yang mengalami stres dalam level yang tinggi akan meningakatkan resiko terserangb stroke. Orang-orang yang secara teratur mengalami stres 505 lebih mungkin untuk menderita penyakit stroke fatal dibanding mereka yang tanpa stres.

11. Serangan jantung

Saat menderita stres suplai darah keotak akan terganggu, dan hal ini dapat menyebabkan stroke serta gangguan keseimbangan jantung. Jika terus dibiarkan, orang stres akan mengalami jantung berdebar-debar hingga membuat orang kesulitan untuk bernafas. Stres kronis juga dapat mengaktifkan sarag simpatik yang dapat menyebabkan kerusakan dalam arteri  dan juga membantu dalam pengumpalan darah hingga akhirnya menyebabkan seragan jantung.

Baca juga : Penyebab dan cara menurunkan tekanan darah tinggi

Dampak buruk stres bagi kecantikan

Stres tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan saja, namun juga berdampak buruk bagi kecantikan kulit dan rambut. Berikut beberapa dampak buruk stres bagi kecantikan.

1. Kulit menjadi sensitif

Ketika mengalami stres, sistem kekebalan tubuh akan menurun sehingga menyebabkan tubuh mudah terkena penyakit. Kulita yang merupakan lapisan terluar sekaligus pelindung tubuh menjaid terganggu hingga akibatnya kulit menjadi senstif dan mudah mengalami berbagai masalah seperti alergi, gatal-gatal dan lain sebagainya.

2. Kulit berminyak

Stres akan membuat produksi minyak lebih banyak dari biasanya. Hal ini disebabkan karena stres menyebabkan produksi hormon testosteron meningkat sehingga membuat produksi minyak dalam tubuh ikut meningkat. Nah jika sudah seperti ini, kulit akan menjadi berminyak dan kusam.

3. Mengnggau regenerasi sel kulit

Regenerasi sel kulit sangat penting untuk memperbaiki atau mengganti sel kulit yang telah rusak atau mati agar kulit selalu sehat dan segar serta awet muda. Regenerasi sel kulit biasanya terjadi pada malam hari ketika kita sedang tidur. Orang stresakan mengalami insomnia atau gangguan tidur, hal ini yang membuat regenerasi kulit menjadi terangganggu 

4. Membuat elasitas kulit menurun dan penuaan dini

Stres akan membuat kulit cepat menua, hal ini tentu sangat menakutkan sekali, terlebih jika hal itu terjadi pada usia muda. Ya stres akan membuat regenerasi kulit menjadi terganggu, dan hal ini akan membuat elasitas kulit menurun, dan jika terus terjadi akhinya akan muncul kerutan serta garis-garis halus yang merupakan tanda penuaan. Selain itu stres juga akan mengeluarkan hormon yang mengganggu peredaran darah. Jika peredaran darah terganggu, pasokan air, nutrisi dan oksigan pada kulit juga terganggu hingga akhirnya kulit akan cepat keriput dan menua.

5. Muncul jerawat

Bisa kita lihat, orang stres biasanya akan muncul jerawat pada kulit wajahnya. Hal ini dikarenakan stres menyebabkan produksi minyak sebum pada kulit berlebih. Minyak yang berlebih pada kulit akan menyebabkan banyak kotoran, debu, dan polusi menempel hingga akhirnya kulit mudah berjerawat.

6. Membuat rambut rontok dan kebotakan

Stres pada level yang tinggi akan menyebabkan rambut menjadi rontok hingga kebotakan. Hal ini disebabkan karena adanya hormon androgen saat stres yang membuat kulit pecah-pecah dan akhinta rambut menjadi kusam dan mudah patah serta rontok.

7. Muncul uban

Selain membuat rambut menjadi rontok, stres juga dapat memicu munculnya uban pada rambut. Hal ini bisa anda lihat pada orang yang sering mengalami stres.


Demikianlah informasi tentang dampak buruk stres bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Mengetahui akan dampak buruk stres, baiknya anda kurangi stres, berliburlah ketika anda mulai mengalami stress. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.