Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat Yang harus Dihindari

Leni Fauziah

Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat - Jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum diderita semua orang. Meskipun bukan penyakit serius, namun benjolan kecil bernawa jerawat ini sangatlah mengganggu sekali, hal ini dikarenakan jerawat dapat merusak penampilan, terlebih bagi kaum muda, jerawat adalah musuh utama yang yang harus segera diatasi. Namun tahukah anda kenapa jerawat dapat muncul dikulit wajah anda? Bungkin bagi kebanyakan orang tak pernah memikirkan hal itu, mereka hanya menyalahkan jerawat yang tiba-tiba muncul dan menghancurkan penampilan.

Mengetahui penyebab jerawat sangat penting. Karena dengan mengetahui akan penyebab jerawat, maka kita dapat menghindari kemunculan jerawat. Namun tahukah anda jika penyebab munculnya jerawat juga dikarenakan kebiasaan kita sendiri. Ya jerawat bisa muncul di kulit wajah selain karena faktor hormon juga keturunan, jerawat juga sering muncul dikarenakan biasan buruk kita sendiri.

Ada banyak kebiasaan yang tanpa disadari dapat memicu munculnya jerawat. Nah dalam kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentamg beberapa kebiasan buruk yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Dengan mengetahui kebiasan buruk penyebab jerawat, kita akan lebih mudah dalam mencegah munculnya jerawat. Nah berikut beberapa kebiasaan buruk penyebab muncul jerawat.
Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat Yang harus Dihindari
Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat Yang harus Dihindari

1. Terlalu sering mencuci kulit wajah

Mencuci kulit wajah memang sangat penting untuk menghilangkan kotoran dan membuat kulit wajah menjadi segar kembali. Namun terlalu sering mencuci kulit wajah justru akan membuat produksi kelenjar minyak atau sembum semakin meningkat. Jika hal ini terjadi tentu kulit akan menjadi kusam dan jerawat akan mudah muncul.

2. Sering menyentuh kulit wajah

Nah inilah kebiasaan yang paling sering dilakukan orang, terutama kaum wanita yaitu menyentuh kulit wajah. Menyentuh kulit wajah boleh-boleh saja, namun jika dilakukan terlalu sering, bahkan menggunakan tangan yang kotor dapat menyebabkan masalah pada kulit. Kuman yang ada pada kulit akan berpindah pada kulit wajah hingga akhirnya menyebabkan munculnya jerawat.

3. Malas membersihkan keringat

Tubuh yang berkeringat adalah tubuh yang sehat, namun bukan berarti keringat itu sehat. Ketika tubuh berkeringan, kita wajib membersihkannya. Hal ini karena keringat mengandung bakteri yang dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, getal-gatal hingga muncul jerawat. Oleh sebab itu, anda segeralag bersihkan kulit anda dari keringat.

4. Gonta-ganti kosmerik atau salah dalam mengguakan kosmetik

Kosmetik merupakan alata atau sarana untuk menunjang kecantikan seorang wanita, wanita tak pernah lepas dari yang namanya kosmetik. Namun kosmetik juga dapat merusak kulit dan menyebabkan kulit iritasi serta muncul jerawat. Hal itu bisa terjadi karena kebiasaan gonta-ganti dalam memakai kosmetik. Hal itu juga bisa terjadi jika anda memakai kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit anda, terlebih jika kosmetik yang anda pakai adalah kosmetik abal-abal atau kosmetik palsu, tidak hanya jerawat saja, bahkan dapat menyebabkan kanker kulit.

5. Malas membersihkan kosmetik

Kosmetik memang dapat membuat seorang seorang wanita menjadi cantik sempurna, namun kosmetik juga dapat menjadi sumber masalah bagi kecantikan kulit wanita. Kosmetik yang telah bercampur dengan polusi dan juga keringat akan membuat masalah pada kulit. Masalah yang timbul adalah seperti iristasi, gatal-gatal hingga muncul jerawat. Oleh sebab itu baiknya anda bersihkan kosmetik anda sebelum istirahat, kebiasaan tidak membersihkan kosmtik, entah karena lelah atau lain sebagainya akan berakibat buruk pada kulit wajah anda.

Baca juga : Tips membersihkan make up dengan benar

6. Malas membersihkan kulit wajah

Jika dipoin sebelumnya dijelaskna dimana kebiasaan terlalu sering mencuci kulit wajah dapat menyebabkan munculnya jerawat. Nah malas membersihkan atau mencuci kulit ajah juga menyebabka kulit wajah berjerawat. Ya kotoran, debu, dan polusi yang menempel pada kulit wajah jika tidak dibersihkan dapat menyumbat pori-pori hingga akhirnya menyebabkan munculnya jerawat.

7. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya akan menyebabkan berbagai penyakit serius seperti  kanker, stroke, hingga serangan jantung. Rokok juga dapat berakibat buruk bagi kulit, rokok akan menyebabkan kulit kering, keriput dan muncul jerawat. Tidak hanya perokok saja, orang yang berada disekitar perokok juga akan kena dampak sama dari asap rokok tersebut.

Baca juga: Dampak buruk rokok bagi kesehatan dan kecantikan kulit

8. Kebiasaan stress

Stres yang terus berlanjut atau menjadi kebiasaan tidak hanya akan mengganggu kesehatan saja, namun juga akan mengganggu kecantikan kulit. Ketika sedang mengalami stres atau beban pikiran yang meningkat, hormonpun ikut akan meningkat, akibatnya kulit akan mengeluarkan banyak minyak dan membuat kulit menjadi kusam serta mudah berjerawat. Oleh sebab itu jika anda mengalami stres, segera melakukan sesuatu seperti bersantai atau berlibur untuk menenangkan kembali pikiran anda.

Baca juga : Dampak buruk stres bagi kesehatan dan kecantikan

9. Begadang

Kebiasaan bedagang atau kurang tidur juga akan berakibat buruk pada kulit. Ketika sedang tidur malam, sel kulit akan mengalami regenerasi sel, memperbaiki sel yang rusak dan mengganti sel yang telah mati. Jika seseorang sering bedang akan membuat regenerasi sel kulit menjadi terganggu, akibatnya kulit menjadi kering, pucat, keriput dan muncul jerawat.

Baca juga : Dampak buruk kurang tidur untuk kesehatan dan kecantikan

10. Produk rambut

Produk rambut seperti kondisioner yang anda gunakan juga dapat menyebabkan kulit menjadi berjerawat. Ketika produk rambut terkena kulit wajah dan tidak segera dihilangkan dapat menyebabkan kulit wajah menjadi iritasi dan muncul jerawat.

11. Jarang menganti sarung bantal

Sarung bantal juga berpengaruh besar terhadap kecantikan kulit wajah. Jika anda jarang mengganti sarung bantal atau menggunakan sarung bantal yang kotor tentu akan berakibat buruk pada kulit wajah. Tak jarang kulit wajah menjadi iritasi hingga muncul jerawat.

Baca juga : Macam-maca jerawat dan cara mengatasinya

12. Farfum

Farfum berguna untuk membeikan bau harum pada pakaian, namun ketika farfum terkena kulit wajah dapat menyebabkan kulit wajah iritasi, alergi, gatal-gatal hingga muncul jerawat. Berhati-hatilah ketika menggunakan farfum, jangan sampai terkena kulit wajah.

13. Handuk yang multifungsi

Handuk yang multi fungsi seperti handuk yang digunakan  juga sebagai sapu tangan, lap dan lain sebagainya tentu akan membuat kuman yang ada dihanduk berpindah pada kulit wajah, hal ini akan menyebabkan kulit wajah menjadi berjerawat. Pemakaian handuk dengan orang lain juga dapat memicu munculnya jerawat.

14. Terlalu lama berjemur

Seperti yang kita ketahui jika sinar UV matahari dapat menyebabkan masalah pada kulit, salah satuny yaitu munculnya jerawat. Nah baiknya anda hindari kebiasaan berjemur atau keluar pada siang hari tanpa menggunakan pelindung kulit.

Baca juga : Bahaya sinar UV bagi kesehatan dan kecantikan

15. Makanan penyebab jerawat

Makanan juga sangat perngaruh sekali. Ada beberapa makanan yang memang dapat menyebabkan munculnya jerawat, dan anda harus menghindari makanan tersebut. Makanan penyebab jerawat diantaranya adalah makanan berlemak, makanan manis, asin, gorengan, alkohol, dan lain sebagainya.

Baca juga : Daftar makanan penyebab jerawat yang wajib anda hindari

Demikianlah informasi tentang kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut agar kulit wajah anda terbebas dari jerawat dan masalah kulit lainnya, untuk menghilangkan jerawat anda bisa membaca artikel "Cara alami menghilangkan jerawat dalam semalam". Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.