Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Macam-macam Jerawat Dan Cara Mengatasinya

Leni Fauziah

Macam-macam Jerawat Dan Cara Mengatasinya - Jerawat merupakan penyakit kulit yang umum diderita semua orang. meskipun umum dan tidak tergolong penyakit berbahaya, namun jerawat selalu menjadi masalah yang sangat serius bagi semua orang. Hal ini dikarenakan jerawat dapat merusak penampilan seseorang. Bahkan banyak orang terutama wanita yang tak berani keluar rumah, tak mau berangkat sekolah, ke kampus dan ketempat kerja dikarenakan jerawat.Mengetahui akan akibat yang ditimbulka tersebut tentu masalah jerawat harus segera diatasi. 

Jerawat sendiri disebabkan oleh pori-pori kulit yang terumbat oleh kotoran, debu, make up atau polusi yang menyebabkan peradangan pada kulit sehingga muncul benjolan yang disebut jerawat. Ada banyak cara untuk mengatasi jerawat, amda bisa menggunakan krim anti jerawat atau menggunakan masker alami uantuk mengatasi jerawat. 

Membahas tentang jerawat kali ini kami akan menjelaskan tentang macam-macam jerawat dan cara mengatasinya. Yuk langsung saja berikut macam-macam jerawat dan cara mengatasinya.
Macam-macam Jerawat Dan Cara Mengatasinya
Macam-macam Jerawat Dan Cara Mengatasinya

1. Jerawat biasa

Jerawat pertama adalah jerawat biasa. Jerawat biasa ini pernah dialami semua orang. Jerawat ini memiliki ciri-ciri yaitu bentuk kecil dan berwarna putih kemerahan. Jerawat biasa muncul dikarenakan pori-pori kulit yang tersumbat atau terinfeksi oleh bakteri propionibacterium. Bakteri tersebut juga dapat menyebabkan gangguan pada kulit wajah. 

Untuk mengatasi jerawat biasanya ini anda bisa menggunakan pasta gigi, baking soda atau bawang putih. Karena jerawat ini merupakan jerawat paling jinak, jadi dapat diatasi dalam semalam saja. Caranya yaitu anda oleskan pasta gigi, atau baking soda arau bawang putih pada jerawat dan diamkan selama semalam. Dan bersihkan pada pagi harinya, maka jerawat akan langsung kering dan sembuh.

2. Jerawat batu

Jerawat berikutnya adalah jerawat batu. Jerawat batu cukup populer karena memang banyak yang menderita jerawat batu. Jerawat batu sendiri lebih besar dan lebih meradang dibandingkan jerawat biasa. Jerawat batu ini jika terus dibiarkan akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Jerawat batu disebabkan oleh kelenjar minyak yang terlalu besar dan pertumbuhan sel yang kurang norma, jerawat batu termasuk dalam kategori jerawat parah.


Untuk mengatasi masalah jerawat batu anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Atau anda bisa mengatasinya dengan masker alami untuk mengatasi jerawat. Anda bisa membaca artikel masker ampuh penghilang jerawat.

3. Jerawat komedo

Mungkin banyak orang tidak tahu jika komedo merupakan salah satu jenis jerawat. Komedo sendiri dibedakan menjadi 2 yaitu komedo putih dan komedo hitam. Komedo putih jauh lebih sulit diatasi ketimbang komedo hitam. Keduanya sama-sama disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat. 


Untuk mengatasi jerawat komedo, anda bisa menggunakan uap air, caranya yaitu anda siapak air panas dalam mangkuk besar, dekatkan wajah anda pada mangkok tersebut dan tutup dengan handuk, Diamkan selama beberapa menit hingga pori-pori terbuka kemudian anda bersihkan komedo tersebut. Anda juga bisa menggunakan masker alami seperti masker putih telur, masker lidah buaya, masker tomat dan lain sebagainya.

4. Jerawat Juvenil

Jerawat juvenil sering juga disebut dengan jerawat puberitas, hal ini dikarenakan jerawat juventil akan muncul ketika anak remaja mengalami puber yaitu memasuki usia 14-17 tahun. Jerawat ini disebabkan oleh hormon yang tak stabil dalam memproduksi sebum.

Untuk mengatasi jerawat juvenil ini anda bisa menggunakan sabun bayi  yang memiliki kesimbangan PH atau anda juga bisa menggunakan masker alami dari bahan-bahan alami seperti masker putih telur, masker lidah buaya dan lain sebagainya.

Baca juga : cara menghilangkan bintik hitam bekas jerawat

5. Jerawat vulgaris

Jerawat vulgaris merupakan kelainan pada kulit yang menyebabkan erupsi komedo terbuka. Jerawat ini akan menyebabkan kulit meradang parah dengan warna kemerahan dan bersisik. Jerawat ini disebabkan oleh produksi minyak pada kulit yang berlebih, kosmetik, gangguan hormonal, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi jerawat vulgaris ini anda harus mengontrol produksi minyak pada kulit. Anda bisa menggunakan masker alami. Namun jika jerawat ini terlihat parah, anda baiknya konsultasi pada dokter kulit terdekat.

Baca juga : Cara alami menghilangkan bopeng bekas jerawat

6. Jerawat rosacea

Jerawat rosacea biasanya muncul pada wanita yang telah berusia diatas 35 tahun. Jerawat rosacea ini pada awalnya akan terlihat kemerahan yang akhirnya dapat menyebabkan peradangan dan membuat kulit menjadi bersisik.

Untuk mengatasinya yaitu dengan cara anda bisa datang ke dokter kulit, atau anda juga bisa mengatasinya dengan menggunakan uap air, kompres dengan air panas dan lain sebagainya.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi penyakit rosacea

7. Jerawat nitrosica

Jerawat nitrosica merupakan jerawat yang harus diwaspadai karena dapat menyebabkan kulit berlubang. Untuk mengobati jerawat nitrosica harus mendapatkan bantuan dari dokter karena memerlukan teknologi kecantikan sperti mikrodermabrasi, tegnologi laser dan tegnologi kecantikan lainnya.

Tips menghindari jerawat

- Gunakan make up sewajarnya dan sesuai dengan jenis kulit anda
- Rajin membersihkan kulit wajah dan pori-pori kulit
- Hindari rokok
- Hindari bedagang atau tidur larut malam
- Hindari makanan berlemak seperti gorengan
- Gunakan sarung bantal yang bersih
- Hindari stres dan lain sebagainya

Baca juga : Cara ampuh mencegah jerawat tumbuh lagi

Demikianlah informasi tentang macam-macam jerawat dan cara mengatasinya. Jerawat merupakan masalah kulit yang dapat merusak penampilan. Semoga dengan adanya informasi diatas jerawat dapat diatasi. Terimakasih.