Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Manfaat Dan Bahaya Makanan Pedas Yang Wajib Kita Ketahui

Leni Fauziah

Manfaat Dan Bahaya Makanan Pedas Yang Wajib Kita Ketahui - Banyak orang yang menyukai makanan pedas, mungkin anda salah satunya. Ya dinegara kita Indonsia ini memang memiliki banyak sekali ragam kuliner, dan sebagian besar makanan Indonesia memiliki cita rasa yang pedas. Jadi tak heran jika orang Indonesia suka dengan makanan pedas. Namun jika benar anda salah satu penggemar makanan pedas, baiknya anda kurangi dalam mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Ya makanan pedas memang memiliki manfaat bagi tubuh kita seperti memperlancar sistem pencernaan, menyehatkan jantung, serta sumber vitamin A, B, C dan E.

Meskipun memiliki manfaat untuk tubuh, namun makanan pedas yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, terutama lambung. Nah sahabat sebelum kita membahas tentang bahaya dari makanan pedas, kita bahas dulu manfaat dari makanan pedas. 
Manfaat Dan Bahaya Makanan Pedas Yang Wajib Kita Ketahui
Manfaat Dan Bahaya Makanan Pedas Yang Wajib Kita Ketahui

Manfaat makanan pedas

1. Menurunkan berat badan

Makanan pedas memang dapat meningkatkan metabolisme, hal itu terbukti ketika kita mengkonsumsi makanan pedas tubuh akan menjadi berkeringat, sehingga pembakaran lemak dalam tubuh akan berlangsung lebih cepat. Selain itu cabai mengandung senyawa capsaicin yang memiliki efek termogenik dan membantu tubuh membakar kalori dan lemak.

2. Mencegah kanker

Menurut American Association of cancer researh, senyawa capsaicin yang terdapat pada cabai mampu membunuh sel kanker dan leokemik. Senyawa tersebut juga ditemukan pada kunyit juga lada hitam, Kombinasi ketiganya akan sangat ampuh dalam melawan sel kanker.

3. Menyehatkan jantung

Penelitian menunjukan jika orang yang suka makanan pedas akan memiliki jantung lebih sehat. Mereka memiliki resiko serangan jantung atau storke jauh lebih rendah. Alasan karena cabai mampu merusak kolesterol jahat dalam tubuh yang menjadi penyebab utama serangan jantung. Capsaicin yang terdapat pada cabai juga memiliki sifat antiinflamasi.

4. Memperbaiki mood

Makanan pedas dapat meningkatkan hormon bahagia. Dengan demikian anda bisa mengkonsumsi makanan pedas untuk memperbaiki mood anda yang buruk. Makanan pedas juga dapat meringankan depresi dan juga stres.

5. Menurunkan tekanan darah

Makanan pedas mengandung vitamin A dan C yang akan memperkuat dinding pembuluh darah dan otot jantung. Sehingga dengan mengkonsumsi makanan pedas, kita dapat menjaga kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

6. Memperlancar sistem pernafasan

Makanan pedas bertindak seperti espektoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan gangguan pernafasan lainnya.

7. Mencegah penyakit parkinson

Penelitian menyebutkan mengkonsumsi lada 2 kali seminggu dapat mengurangi resiko berkembangnya penyakit parkinson hingga lebih dari sepertiganya. Hal ini berhubungan dengan kandungan nikotin yang terdapat dalam lada mampu mencegah kerusakan saraf.

8. Memperbaiki fungsi pencernaan

Makanan pedas dapat memperlancar sistem pecernaan. Namun berlebihan dalam mengkonsumsi makanan pedas juga dapat menyebabkan diare, jadi lebih baik anda konsumsi makanan pedas sewajarnya saja.

Baca juga : Cara cepat menurunkan asam lambung

9. Meredakan demam

Masalah demam juga dapat disembuhkan dengan mengkonsusmi makanan pedas. Dengan mengkonsumsi makanan pedas, demam akan hilang secara berlahan bersama dengan keluarnya keringat dari tubuh.

10. Menghilangkan gejala flue

Makanan pedas membantu tubuh dalam mengeluarkan keringat dan menghilangkan gejala flue. Makanan pedas akan membantu membuka jalannya nafas, mengurangi sinusitis,  dan gejala flue lainnya.

11. Menyembuhkan luka

Cabai juga dapat menjadi obat tradisional untuk menyembuhkan luka. Caranya yaitu keringkan cabai dengan cara dijemur, kemudian tumbuk hingga halus dan taburkan pada luka. Capsacain pada cabai akan menghilangkan rasa sakit pada luka.

bahaya makanan pedas untuk kesehatan

Selain memiliki manfaat makanan pedas juga memiliki dambak buruk bagi kesehatan, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh sebab itu bagi anda yang gemar makan makanan pedas, baiknya anda kurangi. Nah berikut beberapa bahaya dari makanan pedas.

1. Merusak lambung

Makana pedas merupakan salah satu faktor yang membuat asam lambung meningkat. Hal ini akan merusak lapisan dinding lambung. Makanan pedas yang mengandung banyak asam masuk ke dalam perut akan merusak dinding lambung.

2. Menyebabkan maag akut

Mengkonsumsi makanan pedas akan menyebabkan penyakit maag akut pada lambung atau yang disebut dengan grastistis. Penyakit ini akan menyebabkan perut terasa mual, muntah, kembung dan diare berkepanjangan.

3. Menyebabkan badan menjadi kurus

Seperti yang telah dijelaskan diatas dimana makanan pedas mampu menurunkan berat badan. Namun  makanan pedas tidak bisa mempertahankan berat badan, makana pedas yang dikonsumsi secara terus-menerus akan menyebabkan tubuh kehilangan banyak berat badan hingga akhirnya berat badan menjadi kurus.

4. Sakit kepala

Makanan pedas juga menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala dikarenakan dampak dari penyakit maag atau grastitis.

5. Insomnia

Makanan pedas yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat menyebabkan orang mengalami insomnia atau kesulitan tidur. Baiknya anda hindari makanan pedas menjelang tidur atau malam hari.

6. Hilang nafsu makan

Makanan pedas juga dapat menghilangkan nafsu makan. Oleh sebab itu jangan terlaku banyak makan makanan pedas.

7. Sariawan

Orang yang terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas akan rentan terkena sariawan. Hal ini akan diperparah jika pola hidup orang tersebut tidak sehat. 

8. Sakit perut dan mulas

Sakit perut atau mulas adalah penyakit yang paling banyak dirasakan orang setelah mengkonsumsi makanan pedas. Hal ini dikarenakan makanan pedas akan membuat perut atau lambung terasa panas, hingga menyebabkan perut mulas, diare hingga maag akut.

Baca juga : Cara ampuh mengatasi perut kembung dan masuk angin

9. Kehilangan mati rasa pada lidah

Ketika anda mengkonsumsi makan pedas dengan tingkat yang tinggi, lidah akan mengalami mati rasa. Hal ini biasanya akan hilang secara sendirinya selama 3 hari, namun meskipun dapat hilang dengan sendirinya, mati rasa akan membuat lidah terasa tidak nyaman, tidak bisa menikmati makanan seperti biasa.

Demikianlah informasi tentang manfaat dan bahaya makanan pedas. Makanan pedas memang bermanfaat bagi tubuh, namun mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan sama sekali tidak dianjurkan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.