Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Dan Cara Mengobati Kadas Dan Kurap

Leni Fauziah

Penyebab Dan Cara Mengobati Kadas Dan Kurap - Penyakit kadas dan kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur yang disebut jamur dermatofita. Penyakit kadas atau kurap ini akan membuat kulit terasa sangat gatal bahkan hingga mengelupas dan jarang menimbulkan bau tak sedap. Penyakit kadas dan kurap ini biasanya terjadi pada daerah kulit yang sering mengeripat seperti sela-sela jari dan lain sebagainya. Namun kadas atau kurap ini juga bisa terjadi di kulit bagian mana saja.
Penyebab Dan Cara Mengobati Kadas Dan Kurap
Penyebab Dan Cara Mengobati Kadas Dan Kurap

Penyebab penyakit kadas dan kurap

Seperti yang telah dijelaskan diatas jika penyebab utama dari penyakit kadas dan kurap ini adalah jamur dermatofita. Namu jamur tersebut juga tidak akan langsung muncul dan berkembang pada kulit, melainkan melalui beberapa hal. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan jamur dermatofita berkembang dan menyebabkan kulit mengalami kadas dan kurap.

1. Tidak menjaga kebersihan

Penyebab utama kulit mengalami kadas kurap karena keadaan kulit yang sering kotor, lembab dan jarang terkena sinar matahari. Kulit yang kotor akan terasa gatal, memerah dan akhirnya muncul jamur dan menjadikan kulit mengalami kadas atau kurap.

2. Sering terendam air kotor

Air kotor seperti air sungai, genangan banjir dan lain sebagainy juga menjadi penyebab utama kulit mengalami kadas dan kurap. Keadaan kulit yang sering terkena air kotor atau air genangan akan menyebabkan kulit menjadi terasa gatal hingga akhirnya muncul kadas atau kurap.

3. Lingkungan

Jika anda hidup dilingkungan yang kotor, kumuh dan berpolusi  akan menyebabkan anda memiliki resiko tinggi terserang penyakit kulit seperti kadas atau kurap.

4. Alergi

Alergi terhadap sesuatu seperti bulu binatang atau lain sebagainya juga dapat menyebabkan penyakit kadas dan kurap ini muncul. Seperti yang kita ketahui, alergi akan menyebabkan kulit terasa gatal, alergi dan jika dibiarkan akan menyebabkan penyakit kulit seerti kadas dan kurap.

Gejala penyakit kadas dan kurap

Seperti penyakit pada umumnya, penyakit kadas dan kurap juga memiliki gejala. Nah berikut beberapa gejala yang ditimbulkan dari penyakit kadas dan kurap tersebut.
- Kulit menjadi bersisik dan mengalami penebalan berbentuk lingkaran atau bentuk tak aturan
- Terasa sangat gatal, terlebih jika berkeringat atau dalam keadaan basah
- Terasa panas pada daerah yang akan muncul kadas atau kurap
- Jika terdapat pada kepala akan muncul bercak-bercak dan menyebabkan kebotakan
- Jika digaruk akan memerah dan menyebabkan semakin melebar
- Akan terasa semakin gatal pada malam hari, terutama ketika sedang tidur

Cara mengobati penyakit kadas dan kurap

Dalam mengobati penyakit kadas dan kurap ada 2 tipe pengobatan. Tipe pengobatan pertama yaitu dengan pengobatan medis. Dalam hal ini anda bisa menggunakan salep atau krim obat kadas atau kurap yang bisa anda dapatkan diapotek terdekat. Caranya yaitu anda oleskan salep tersebut pada malam dan pagi hari, terutama ketika anda menjelang tidur atau istirahat. Cara kedua yaitu dengan menggunakan cara tradisional. Meskipun cara tradisional bekan berarti tidak ampuh, cara tradisional juga sangat efektif dalam mengatasi masalah kadas dan kurap. Nah berikut beberapa cara tradional yang bisa anda lakukan untuk mengobati penyakit kadas dan kurap.

1. Bawang putih

Bawang putih yang kita kenal sebagai bumbu dapur ini memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Nah dalam mengatasi masalah kadas atau kurap, anda juga bisa menggunakan bawang putih. Bawang putih memiliki sifat anti jamur sehingga sangat efektif sekali dalam mengobati masalah kadas atau kurap. Caranya anda siapkan beberapa siung bawang putih anda hancurkan atau anda tumbuk, kemudian anda tempelkan pada kulit yang sakit, diamkan selama semalam, anda juga bisa menggosokan bawang putih pada kulit yang sakit sebelum tanda tidur.

2. Garam

Garam atau air asin sangat baik sekali untuk membantu dalam proses penyembuhan luka. Oleh sebab itu banyak orang yang menyarankan untuk mandi dilaut ketika kita memiliki luka pada kulit. Air laut ataupun air garam sangat efektir sekali dalam membunuh kuman atau jamur penyebab penyakit kulit termasuk kadas dan kurap. Caranya anda remdam kaki atau tangan anda yang sakit pada air garam atau air laut, anda juga bisa langsung mandi dilaut.

3. Kunyit

Kunyit juga merupakan bahan alami yang baik sekali untuk mengatasi penyakit kulit seperti kadas, kurap dan penyakit gatal lainnya. Kunyit memiliki sifat anti jamur, anti inflamasi serta anti septik yang dapat mengatasi bebagai masalah kulit termasuk masalah kadas dan kurap. Anda langsung bisa menggunakan kunyit dengan cara diparut kemudian anda tempelkan pada kulit, atau anda juga bisa menggunakan minyak kunyit untuk mengobati penyakit kadas kurap dan penyakit gatal lainnya.

4. Pepaya mentah

Obat alami berikutnya adalah pepaya mentah. Jika pepaya matang biasa digunakan sebagai masker wajah untuk kecantikan kulit wajah, nah pepaya mentah dapat menjadi obat ampuh untuk mengatasi masalah kadas, kurap dan penyakit kulit lainnya. Pepaya mentah akan menghandcurkan sel kulit mati dan jamur yang menjadi penyebab kadas dan kurap. Enzim yang terdapat pada pepaya yaitu papain dan chymopapain akan bekerja sebagai penghancur perisai virus, bakteri dan berbagai jamur pada kulit. Dengan demikian, pepaya mentah sangat efektif sekali dalam mengatasi masalah penyakit kadas dan kurap. Caranya anda haluskan pepaya mentah dengan cara diparut, kemudian anda tempelkan pada kulit anda yang sakit.

5. Lidah buaya

Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya, ya lidah buaya merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki banyak sekali manfaat dalam dunia kecantikan.  Lidah buaya biasa digunakan untuk menyehatkan rambut dan perawatan kulit. Nah masalah kadas dan kurap juga dapat kita atasi dengan menggunakan gel lidah buaya. Caranya sangat mudah sekali, anda oleskan gel lidah buaya pada kulit anda yang sakit dan diamkan selamam beberapa menit atau selama semalam.

6. Kapur barus

Cara alami yang terakhir yaitu dengan menggunakan kapur barus putih. Kapur barus memiliki bau yang sangat kuat dan dapat mengatasi berbagai macam infeksi jamur. Dengan demikian, kapur barus sangat ampuh untuk mengatasi masalah kadas dan kurap. Caranya anda taburkan bubuk kapur barus pada kulit anda yang sakit, lakukan berulang kali setiap hari agar kadas dan kurap cepat sembuh.

Cara mencegah penyakit kadas dan kurap

- Selalu menjaga kelembaban kulit agar tetap kering terutama pada sela-sela kaki
- Ganti kaos kaki secara teratur
- Jangan memakai kaos kaki atau sepatu yang basah
- Gunaka sepatu yang memiliki ventilasi yang baik
- Selalu memakai alas kaki
- Hindari membahasi kaki dengan air yang kotor

Baca juga : Manfaat luar biasa pepaya untuk kesehatan

Demikianlah informasi tentang penyebab dan cara mengobati kadas dan kurap. Kadas dan kurap merupakan masalah kulit yang cukup menjengkelkan. Semoga informasi diatas dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kadas dan kurap. Terimakasih.