Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Dan Cara Mengobati Mata Minus

Leni Fauziah

Penyebab Dan Cara Mengobati Mata Minus -  Mata minus adalah keadaan dimana mata tidak dapat melihat objek secara jelas. Mata minus membuat beberapa aktivitas orang menjadi terbatas, seperti kesulitan membaca tulisan kecil atau dengan jarak cukup jauh, dan lain sebagainya. Mata minus sendiri dibagi menjadi dua yaitu mata minus rabun jauh dan mata minus rabun dekat. Mata minus rabun jauh yaitu kelainan pada mata yang tidak mampu melihat benda atau objek dengan jelas  dengan jarak yang jauh. Sedangkan mata minus rabun dekat adalah kelaian pada mata yang tak mampu melihat benda atau objeks dengan jelas pada jarak yang dekat. Kedua rabun tersebut tentu akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari, dan untuk mengatasi hal tersebut orang biasanya disarankan untuk menggunakan kaca mata atau lensa kontak sesuai dengan kebutuhan mata.

Kaca mata atau lensa kontak memang dapat membantu memperjelas pengelihatan, akan tetapi keduanya tidak dapat membantu penyembuhan mata minus, jadi pengobatan atau penyembuhan mata minus lebih diutamanan. Untuk menyembuhkan mata minus ada banyak cara, anda bisa berkonsultasi pada dokter. Namun ada juga beberapa bahan alami yang dapat membantu untuk mengobati mata minus. Namun sebelum kita membahas bagaimana cara mengobati mata minus, kita kenali dulu penyebab mata minus agar kita dapat menghindari mata minus.

Penyebab Dan Cara Mengobati Mata Minus
Penyebab Dan Cara Mengobati Mata Minus

Penyebab mata minus

1. Gaya hidup yang buruk

Gaya hidup yang buruk tentu akan mengganggu kesehatan kita termasuk kesehatan mata kita. Orang yang hidup didaerah perkotaan cenderung memiliki resiko lebih besar terserang mata minus ketimbang orang yang hidup dipedasaan. Orang hidup dikota biasanya memiliki gaya hidup yang buruk seperti terlalu lama menghabiskan waktu didepan monitor, melihat suatu benda dengan jarak pandang yang tidak jauh dan lain sebagainya.

2. Faktor keturunan

Penyakit mata minus juga merupakan penyakit yang diturunkan. Jik anda memiliki orang tua yang menderita mata minus, anda memiliki resiko lebih tinggi mengalami mata minus. Hal ini karena penyakit mata minus adalah penyakit yang diturunkan.

3. Terlalu lama didepan monitor

Seperti yang telah disindir diatas jika terlalu lama didepan monitor dapat menyebabkan mata minus. Hal ini dikarenakan otot mata akan menjadi tegang dan lama-kelamaan akan menjadi masalah sperti mata minus dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara menjaga kesehatan mata

4. Membaca dengan tidur atau diruangan gelap

Membaca memang baik untuk menambah pengetahuan kita. Namun dalam membaca kita harus dalam posisi yang benar, karena posisi membaca juga berpengaruh pada kesehatan mata kita. Sebagai contoh kebiasaan membaca sambil tidur atau membaca di ruangan yang gelap akan membuat kesehatan mata terganggu hingga akhirnya menyebabkan mata minus.

5. Kurang istirahat

Kurang istirahat seperti sering bedagang dan lain sebagainya juga dapat menyebabkan mata minus. Seperti halnya tubuh kita, mata juga butuh istirahat, jika anda mengalami mata lelah saat bekerja, baiknya anda istirahatlah atau coba gunakan mata anda untuk melihat warna hijau untuk menyegarkan kembali mata anda.

6. Pola makan yang buruk

Makanan adalah faktor terpenting dalam kesehatan tubuh kita seperti kesehatan mata kita. Jika tubuh kekurangan asupan vitamin A dapat menyebabkan kerusakan atau gangguan pada mata kita. Jadi kita harus memenuhi kebutuhan vitamin A dalam makanan kita, dalam hal ini kita dapat mendapatkan vitamin A dari sayuran wortel.

7. Penyakit

Penyakit juga bisa menjadi penyebab mata menjadi minus. Sebut saja pengaruh dari obat-obatan suatu penyakit yang menyebabkan mata menjadi rabun hingga akhirnya menjadi minus. Penyakit yang biasa menyebabkan mata minus adalah glukoma.

Gejala mata minus

Setelah kita mengetahui akan penyebab mata minus, penting bagi kita untuk mengetahui gejala mata minus. Dengan mengetahui gejala mata minus, kita akan lebih cepat melakukan penangan sebelum kondisi mata yang semakin parah. Nah berikut beberapa gejala mata minus yang wajib anda ketahui.

1. Pandangan menjadi kabur

Gejala pertama tentu pandangan anda menjadi kabur atau buram, terutama ketika anda melihat objek pada jarak jauh. Untuk memperjelas pengelihatan biasanya penderita akan menyempitkan mata secara terus menerus atau mendekatkan pandangannya. Jika hal ini terjadi pada anda, baiknya anda periksakan kesehatan mata anda sebelum kondisinya semakin parah.

2. Pandangan menjadi buruk dimalam hari

Penderita mata minus akan memiliki pandangan yang sangat buruk ketika malam hari. Hal ini sangat berbahaya jika penderita mata minus harus mengendari kendaraan di malam hari.

3. Pusing atau sakit kepala

Pusing atau sakit kepala memang penyakit umum yang diderita semua orang, namun sakit kepala bisa juga disebakan karena danya ketegangan otot mata ketika sedang melihat suatu objek, dan jika hal ini terjadi onda mata anda, kemungkinan besar ada mengalami mata lelah  atau bahkan mata minus. Namun jika hal itu sering terjadi hal itu adalah gejala mata minus, periksakan pada dokter sebelum terlambat.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi sakit kepala

4. Sering mengucek mata atau berkedip

Gejala berikutnya yaitu ada merasa tidak nyaman dengan mata anda, akibatnya anda sering mengucek atau berkedip. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan pengelihatan yang lebih jelas. Namun mengucek mata sebenarnya hal yang sangat tidak dianjurkan, terlebih jika tangan dalam keadaan kotor.

5. Lebih mendekat ke benda atau objek

Gejala mata minus berikutnya adalah dengan mendekat ke benda atau objek saat melihat. Orang yang menderita mata minus akan memiliki pengelihatan yang kabur, sehingga mereka harus mendekatkan benda atau objek yang mereka lihat agar terlihat lebih jelas.

Cara mengobati mata minus

Seperti yang telah di sebutkan diatas, untuk mengobati mata minus kita disarankan untuk konsultasi ke dokter. Namun jika anda tak mau repot dan tak mau mengeluarkan banyak biaya, anda bisa mengobati mata minus dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Berikut cara alami mengobati mata minus. 

1. Jus wortel

Cara paling sederhana dan paling mudah untuk anda lakukan demi menyembuhkan mata minus adalah dengan mengkonsumsi jus wortel. Wortel merupakan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin A. Vitamin A baik sekali untuk menjaga kesehatan mata kita, dengan mengkonsumsi vitamin A akan membuat mata menjadi sehat dan masalah mata minus bisa diatasi. Minumlah 2-3 gelas jus wortel setiap hari sebagai terapi untuk mengobati mata minus anda.

2. Daun sirih

Daun sirih terkenal akan manfaatnya untuk membersihkan organ kewanitaan, namun daun sirih juga bermanfaat untuk kesehatan mata kita. Cara penggunaanya sangat mudah sekali, yaitu anda cuci bersih daun sirih, kemudian anda tempelkan pada mata anda ketika anda tidur. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan omega 3 yang baik sekali untuk kesehatan salah satunya untuk kesehatan mata kita. Ya ikan salmon baik untuk pempertajam pengelengelihatan kita. Anda bisa menjadikan ikan salmon sebagai salah satu obat untuk mengobati mata minus anda dengan cara mengkonsumsinya. Namun baiknya anda masak ikan salmon tanpa menggunakan minyak.

3. Alpukat

Alpukat kaya akan zat lutein yang sangat tinggi. Zat tersebut bermanfaat sekali untuk kesehatan mata dan mempertajam pengelihatan kita. Mengkonsumsi buah alpukat dapat membantu dalam penyembuhan mata minus. Anda bisa mengkonsumsinya dengan menjadikannya sebagai jus alpukat.

4. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran

Selain wortel masih banyak sekali buah-buahan atau sayuran yang kaya akan vitamin A, sebut saja buah pepaya, melon, belimbing dan lain sebagainya. Jika anda memiliki masalah pengelihatan, anda sangat disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran, tidak hanya untuk kesehatan mata saja, buah dan sayuran juga baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Baca juga : Manfaat luar biasa pepaya untuk kesehatan

5. Lepas kaca mata

Kaca mata memang akan membantu memperjelas pengelihatan anda, namun jika dirasa anda tak begitu diperlukan, baiknya lepas kacamata anda. Gunakan kaca mata ketika dalam keadaan yang benar-benar anda perlukan seperti ketika membaca atau didepan monitor.

6. Melihat objek jauh

Mata yang terbiasa melihat obajek dekat biasanya hanya akn terfocus pada objek dekat saja. Cobalah anda pergi ke bukit atau tempat tinggi lainnya yang memiliki pandangan luas. Dengan melihat pemandangan luas dan objek jauh tersebut akan melatih mata anda dalam mempertajam pengelihatan. Terapi ampuh untuk mengatasi masalah rabuh dekat maupun rabun jauh.

7. Melihat benda bergerak

Cara berikutnya yaitu dengan melatih mata untuk melihat benda bergerak. Anda bisa melihat mobil atau kendaraan yang lalu-lalang dijalan. Pastikan anda lihat dan perhatikan setiap gerakannya. Usahakan bayangan yang anda lihat utuh atau tidak rabun.

9. Rajin membersihkan mata dengan air

Air merupakan sumber kehidupan, ya tanpa adanya air makhluk hidup tak akan bisa bertahan hidup. Nah anda bisa menggunakan air untuk membersih mata anda. Bersihkan mata anda setelah selesai beraktivitas. Dengan rajin membersihkan mata, ketajaman pengelihatan akan terjaga.

10. Membersihkan kaca mata

Tidak hanya mata saja yang harus anda bersihkan, kaca mata yang anda pakai juga harus selalu anda bersihkan. Maca mata yang kotor justru akan memperparah keadaan mata anda.

Cara mencegah mata minus

- Hindari melihat atau membaca dengan jarak dekat, idialnya membaca dengan jarak 30 cm
- Ketika membaca baiknya dilakukan diruangan yang terang namun tidak menyilaukan
- Hindari membaca sambil tiduran
- Hindari menonton tv atau monitor dengan jarak dekat
- Hindari penggunaan komputer diruangan gelap
- Rajin melatih mata untuk melihat obek jauh
- Istirahat yang cukup, yaitu tidur malam 8 jam
- Konsumsi makanan bergizi terutama yang banyak mengandung vitamin A

Demikianlah informasi tentang penyebab dan cara mengobati mata minus. Mata minus memang cukup mengganggu sekali. Semoga tips diatas dapat membantu anda dalam meringankan dan menyembuhkan mata minus. Terimakasih.