Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Dan Cara Mengobati Penyakit Eksim

Leni Fauziah

Penyebab Dan Cara mengobati Penyakit Eksim - Penyakit eksim adalah penyakit kulit dimana kulit nampak meradangn atau iritasi. Eksim sangat menganggu sekali karena dapat merusak penampilan, terutama jika terjadi pada kulit wajah. Penyakit eksim memang bisa muncul dibagian kulit mana saja, namun biasanya penyakit tersebut muncul pada bagian kulit tangan dan kaki. Penyakit eksim sendiri memiliki beberapa jenis, namun yang biasa terjadi adalah eksim eksim atopik arau dermatis atopik.

Eksim terjadi karena adanya peradangan pada lapisan kulit baik lapisan epidermis maupun lapisan dermis. Seperti yang kita ketahui kulit memiliki 3 lapisan yaitu lapisan epidermis, lapisan dermis dan subkutis. Epidermis merupakan lapisan paling luar yang terbentu pada usia kehamilan 5-6 minggu. 

Nah sahabat berbicara tentang penyakit kulit eksim, kami akan memberikan beberapa informasi tentang penyakit eksim seperti penyebab, gejala dan juga cara mengobatiya. Nah berikut informasi tentang penyakit kulit eksim.
Penyebab Dan Cara Mengobati Penyakit Eksim
Penyebab Dan Cara Mengobati Penyakit Eksim

Penyebab penyakit eksim

Penyebab penyakit eksim belum diketahui pasti, namun para ahli mengatakan jika penyakit eksim diturunkan secara genetik. Namun kondisi lingkungan juga berpengaruh besar terhadap penyakit tersebut. Faktor lingkungan dan gaya hidup dapat menyebabkan penyakit eksim seperti penggunaan sabun atau make up yang tidak sesuai jenis kulit. Alergi, Polusi, asap rokok, terlalu lama berada di ruangan ber AC dan lain sebagainya. Namun semua hal tersebut tergantung dengan sistem imun masing-masing orang, sehingga reakti kulit terhadap lingkungan juga berbeda-beda. Setiap orang memiliki pencetus eksim yang berbeda-beda. Ada yang hanya sekedar memegang sabun atau diterjen langsung merasa gatal-gatal, ada pula yang disebaban oleh gesekan benda atau perabotan rumah tangga.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi kadas dan kurap

Gejala penyakit eksim

1. Muncul rasa panas dan dingin

Gejala pertama yang dirasakan dari penyakit eksim biasanya muncul rasa panas dan dingin secara berlebihan pada kulit yang terserang penyakit eksim.

2. Muncul rasa gatal

Gejala berikutnya yaitu munculnya rasa gatal pada kulit. Rasa gatal ini biasanya terjadi pada malam hari ketika kita sedang tidur.

3. Muncul lepuhan kecil

Eksim yang mulai parah akan memunculkan lepuhan-lepuhan kecil pada kulit dan bersisik serta terkadang muncul pembengkakan pada kulit yang terserang eksim.

4. Eksim ada 2 jenis kering dan basah

Penyakit eksim ada 2 jenis yaitu kering dan basah. Eksim kering akan menujukan gejala seperti kulit kering, bersisik, kemerahan dan rasa gatal yang tak terkira. Sedangkan eksim basah biasanya ditantai dengan pembengkakan, rasa gatal dan kulit yang melebuh serta basah. Eksim basah juga biasanya muncul bintik-bintik kecil berisi nanah.

Cara mengobatu penyakit eksim

Penyakit eksim merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur, jadi untuk mengobati penyakit ini anda disarankan untuk menggunakan pelembab kulit. Jika keadaan sudah cukup parah anda bisa menggunakan salep kulit, dalam hal ini anda berkonsultasi dengan dokter. Namun jika anda ingin menggunakan bahan alami, ada beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit eksim. Berikut beberapa obat alami untuk mengobati penyakit eksim.

1. Biji mahoni

Bahan alami pertama yang bisa anda gunakan untuk obat penyakit eksim adalah biji mahoni, Caranya yaitu siapka 1/2 sdm bubuk biji mahoni, dan madu murni. Campurkan hingga rata dan berikan secangkir air hangat, minum ramuan tersebut 3 kali dalam sehari untuk mengobati penyakit eksim.

2. Kunyit dan asam jawa

Untuk mengobati penyakit eksim anda juga bisa menggunakan kunyit dan asam jawa. Caranya sangat mudah sekali, siapkan kedua bahan tersebut lalu anda bersihkan hingga bersih. Tumbuk kedua bahan tersebut hingga melumat lalu tempelkan pada kulit yang sakit atau terkena eksim kering.

3. Belerang dan bengkoang

Belerang dan bengkoang juga dapat dijadikan sebagai obat eksim. Caranya yaitu ampik 3 sdm tepung belerang, 4 sdm biji bengkoang dan 2 sendok minyak kelapa. Campurkan semua bahan tersebut hingga rata, lalu oleskan pada kulit anda yang sakit 2 kali dalam sehari, maka penyakit eksim dapat disembutkan.

4. Daun kecubung

Ambil 3 lembar daun kecubung dan minyak kelapa secukupnya. Cuci hingga bersih daun kecubung, lalu tumbuk hingga melumat, campurkan minyak kelapa, kemudian anda panaskan dengan api kecil kemudian oleskan pada kulit yang sakit.

5. Wortel dan kapur sirih

Obat penyakit eksim alami lainnya yaitu wortel dan kapur sirih. Caranya yaitu ambil 1 sdm kapur sirih dan wortel. Cuci bersih wortel kemudian anda parut hingga halus, campurkan dengan kapur sirih, lalu tempelkan pada kulit yang sakit dan bungkus dengan perban.

6. Daun sambiloto dan temu lawak

Bahan alami terakhir yang bisa anda gunakan yaitu dengan menggunakan daun sambiloto dan temu lawak. Ambil 5 rimpang temu lawak, segenggam daun sambiloto, 10 gram asam, dan 7 lembar kokilo. Kupas temu lawak dan iris-iris. Campurkan semua bahan menjadi satu, rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Tunggu hingga dingin dan minum ramuan tersebut selama 5 hari, maka penyakit eksim akan sembuh.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi bengkak

Cara mencegah penyakit eksim

- Menjaga kelembaban kulit
- Hindari perubahan suhu dan kelembaban secara mendadak
- Hindari keringat terlalu banyak
- Hindari terik matahari antara jam 10 pagi hingga 3 sore
- Kurangi stres
- Hindari pakaian dengan bahan menggaruk seperti wol dan lain sebagainya
- Hindari sabun berbahan keras
- Hindari hal yang menyebabkan kulit alergi

Demikianlah informasi tentang penyakit eksim dan cara mengobatinya. Penyakit eksim merupakan penyakit yang sangat mengganggu sekali. Semoga dengan tips diatas anda dapat mengobati penyakit eksim. Terimakasih.