Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Dan Cara Mengobati Penyakit Rosacea

Leni Fauziah

Penyebab Dan Cara Mengobati Penyakit Rosacea - Penyakit Rosacea adalah kondisi penyakit kulit yang umum terjadi pada kulit wajah. Rosaceajuga biasa disebut dengan jerawat parah. Hal ini dikarenakan Rosacea merupakan jerawat yang telah bernanah, bersifat kepangangan atau kronis, dengan penampilan seperti terbakar dan terlihat sangat jelas. Kondisi Rosacea sangat mengganggu penampilan seseorang.
Penyebab Dan Cara Mengobati Penyakit Rosacea
Penyebab Dan Cara Mengobati Penyakit Rosacea

Jenis-jenis Rosacea 

Rosacea  sendiri ada beberapa jenis. yaitu sebagai berikut

1. Rosacea eritematotelangiekstasis

Yaitu jenis yang ditandai dengan wajah kemerahan permanen. Pembuluh darah penderita mungkin dapat terlihat dipermukaan kulit. Kulit menjadi kering, bersisik dan memerah.

2. Rosacea papulopustular 

Penderita Rosacea jenis ini akan memiliki kemerahan secara terus menerus dari wajah dan kadang juga muncul benjolan seperti jerawat.

Baca juga : cara menghilangkan bintik hitam bekas jerawat

3. Rosacea fimatosa

Yaitu Rosacea yang berkaitan dengan penebalan kulit

4. Rosacea okular

Rosacea  jenis juga akan berpengaruh pada mata.

Penyebab Rosacea 

Penyebab penyakit Rosacea sendiri belum di ketahui secara pasti. Jenis kelamin dan usia dinilai berbengaruh besar terhadap penyakit tersebut. Penyakit Rosacea cenderung menyerang wanita yang berusia antara 25-50 tahun. Rosacea juga merupakan penyakit yang diturunkan, jadi jika anda memiliki orang tua dengan penyakit Rosace, kemungkinan besar anda juga akan mengalaminya. Meskipun penyakit Rosacea belum diketahui pasti akan penyebabnya, namun ada beberapa hal yang dapat membuat penyakit Rosacea semakin buruk. Berikut beberapa hal yang membuat Rosacea semakin buruk dan harus anda hindari.
- Makanan pedas
- Makanan atau minuman panas
- Alkohol
-Temperatur yang terlalu
- Sinar UV matahari
- Stres atau marah
- Olah raga berat

Baca juga : Macam-macam jerawat dan cara mengatasinya

Gejala penyakit Rosacea 

Sama halnya dengan penyakit lainnya. Penyakit Rosacea juga memiliki beberapa gejala. Berikut beberapa gejala penyakut Rosacea.
- Benjolan kecil seperti jerawat pada kulit wajah atau hidung
- Kemerahan pada karesteritik 
- Terlihat pembuluh darah kecil pada pipi dan hidung
- Sensasi rasa seperti terbakar
- Cenderung memerah dan meradang

Cara mengobati penyakit Rosacea 

Untuk menyembuhkan penyakit Rosacea ini lebih baik anda pergi ke dokter kulit untuk melakukan konsultasi, namun jika anda ingin melakukan pengobatan tradisional, anda juga bisa melakukannya sendiri dirumah. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati penyakit Rosacea. Berikut cara alami mengobati Rosacea.

1. Flax seed oil

Flax seed oil mengandung banyak omega 3 asam lemak esensial. Hal ini dapat memperbaiki kondisi kulit serta mengurangi peradangan sel, juga membantu meningkatkan kesehatan seluler dan memberikan keseimbangan hormon.

2. Lidah buaya

Lidah buaya mampu melembabkan kulit dan meremajakan kulit serta membantu kulit menjadi lebih halus, awet muda serta mengurangi rasa sakit pada kulit dan juga mengatasi masalah pada kulit.

Baca juga : Manfaat luar biasa lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

3. Chamomile

Chamomile yaitu minyak yang dapat menembus lapisan epidermis untuk meringankan peradangan dan menstimulasi regenerasi sel sehat. Hal ini merupakan hal sangat penting dalam penyembuhan penyakit Rosacea.

4. Minyak borage

Minyak borage yaitu minyak yang kaya asam gamma linolenat (GLA), lemak baik yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Minyak borage ini dapat mengurangi peradangan kulit, kulit kering, kulit gatal dan lain sebagainya.

5. Evening primose oil

Evening primose oil yaitu minyak yang mengandung asam gamma linolenat (GLA) yang cukup tinggi. GLA merupakan lemak yang sangat menyehatkan sekali bagi tubuh dan kult kita. Evening primose oil ini dapat mengurangi peradangan. merangsang sintensis oil, memperbaiki kerusakan pada kulit.

Cara mencegah penyakit Rosacea 

- Hindari sengata sinar matahari secara langsung atau gunakan tabir surya
- Jangan terlalu lama tinggal ditempat panas
- Kurangi stres
- Melakukan perawatan kulit dengan baik seperti menggunakan masker alami
-  Hindari makanan pedas
- Hindari alkohol
- Hindari makanan panas

Demikianlah informasi tentang penyebab dan cara mengobati penyakit Rosacea. Rosacea termasuk dalam kategori jerawat kronis yang harus mendapatkan perhatian ekstra, karena Rosacea terdapat pada kulit wajah yang tentunya dapat merusak penampilan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.