Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Penyebab Kulit Wajah Tampak Tua

Leni Fauziah

Penyebab Kulit Wajah Tampak Tua - Penuaan adalah fase kehidupan yang tak akan pernah bisa dihindari oleh siapapun. Namun penuaan akan menjadi masalah besar jika terjadi di saat usia masih muda. Bagi wanita sendiri itu adalah momok yang sangat menakutkan sekali, hal ini dikarenakan penuaan diusia muda atau penuaan dini akan menyebabkan wanita tak menarik lagi. Oleh sebab itu masalah penuaan dini harus kita hindari.

Kulit wajah yang nampak tua atau penuaan biasanya disebabkan kulit kering. Kenapa kulit kering? Hal ini dikarenakan kelenjar sebum pada kulit kering memproduksi sedikit sekali minyak yang berguna untuk melembabkan serta melindungi kulit dari bahaya polusi dan radikal bebas.

Kulit adalah bagian terluar dari tubuh yang berfungsi sebagai perlindungan pertama. Dalam melakukan perlindungan, tentu kulit mengalami berbagai proses, seperti sel kulit mati, pengelupasan kulit dan lain sebagainya. Dan jika hal itu tidak diatasi atau dikurangi dapat menyebabkan kulit nampak tua.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab atau pemicu kulit menjadi kering sehingga cepat menua. Nah dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa penyebab utama kulit menjadi tua yang harus anda hindari.
Penyebab Kulit Wajah Tampak Tua
Penyebab Kulit Wajah Tampak Tua

1. Kurang cairan

Penyebab utama kulit menjadi kering dan nampak tua adalah karena tubuh atau kulit kekurangan cairan. Cairan sangat penting sekali untuk tubuh dan kulit. Cairan atau air putih akan menghidrasi tubuh dan membuang racun serta membuat kulit menjadi lembab. Selain itu air putuh juga akan membantu dalah menangkal berbagai radikal bebas. Kekurangan air akan menyebaban kulit kering dan keriput, minumlah air putih sehari minimal 8 gelas untuk mencukupi kebutuhan cairan harian.

2. Sinar matahari

Sudah bukan rahasia lagi jika sinar matahari adalah salah satu penyebab kulit rusak. Ya sinar UV matahari dapat menyebabkan kulit kering, keriput bahkan terbakar. Jika anda keluar rumah disiang hari baiknya anda menggunakan tabur surya untuk melindungi kulit anda, dan baiknya anda hindari keluar rumah pada jam 10 pagi hingga jam 3 sore.

Baca juga : Bahaya sinar ultravioled bagi kesehatan dan kecantikan

3. Sering begadang atau kurang istirahat

Istirahat terbaik adalah tidur, dengan tidur kita dapat mengembalikan tenaga kita yang terkuras akibat aktivitas seharian. Ketika tidur pula sel-sel kulit akan melakukan regenerasi dan perbaikan. Jadi ketika anda begadang atau kurang tidur, proses regenerasi kulit atau perbaikan sel kulit yang rusak akan terganggu, akibatnya kulit akan menjadi pucat, kering dan keriput, selain itu juga akan menyabkan munculnya kantung mata. Oleh sebab itu baiknya anda penuhi kebutuhan istirahat malam anda yaitu dengan tidur 8 jam dalam semalam untuk menjaga kecantikan kulit anda.

4. Gaya hidup

Gaya hidup orang jaman sekarang memang jauh berbeda dengan orang jaman dulu, jaman sekarang segalanya segala instan jadi orang tak perlu harus melakukan banyak pekerjaan. Selain itu makanan jaman sekarang banyak mengandung bahan kimia yang selain mengganggu kesehatan juga dapat merusak kulit. Oleh sebab itu kita harus menerapkan gaya hidup sehat agar kita mendapatkan kulit cantik dan awet muda.

Baca juga : Dampak buruk begadang bagi kesehatan dan kecantikan

5. Rokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit dan hal itu telah tertulis jelas disetiap bungkus rokok. Tidak hanya orang yang merokok saja, namun orang yang berada disekitar perokok juga akan terkena dampaknya. Asap roko yang mengandung nikotin selain dapat menyebabkan penyakit serius seperti kanker hingga serangan jantung juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Ya hal itu bisa kita lihat pada orang yang memiliki kebiasaan merokok, kulit mereka nampak pucat, kering dan berkerut. Oleh sebab itu hindarilah rokok sekarang juga untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit anda.

6. Alkohol

Sperti halnya rokok, alkohol juga merupakan sumber penyakit. Ya dalam hukum islam sendiri alkohol diharamkan karena memang dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Alkohol juga dapat merusak kulit, kebiasaan minum alkohol akan menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput hingga akhirnya kulit terlihat nampak tua dari usia yang sebenarnya.

7. Salah dalam menggunakan kosmetik

Dalam era modern seperti ini wanita tak pernah bisa lepas dari yang namanya kosmetik. Ya kosmetik sangat penting bagi wanita untuk menunjang penampilannya, namun apa yang terjadi jika seorang wanita salah dalam memilih kosmetik. Hal itu bisa kita tebak, kulit akan menjadi iritasi, kering, keriput dan rusak. Oleh sebab itu anda harus lebih teliti dalam memilih kosmetik, jangan sampai kosmetik yang anda beli justru merusak kulit dan membuat anda terlihat tua.

8. Tidak membersihkan make up ketika akan tidur

Make up memang bermanfaat untuk menunjang kecantikan. Namun make up juga dapat menjadi bencana bagi kulit anda ketika make tidak dibersihkan. Ya make up yang sudah bercampur dengan debu, polusi dan keringat akan merusak kulit dan membuat kulit menjadi nampak tua. Oleh sebab itu baiknya anda bersihkan make up sebelum tidur. Dalm hal ini anda bisa membaca "Cara membersihkan make up dengan benar". 

9. Ruangan ber AC

Rungan ber AC memang akan membuat kita menjadi nyaman, namun tauhkan anda jika rungan ber AC dapat membuat kulit menjadi kering dan tak nyaman, jika hal ini terus terjadi kulit akan menjadi keriput dan menua. Nah untuk menghindari hal ini anda disarankan untuk selalu menggunakan pelembab.

10. Kadar gula yang tinggi

Kadar gula tinggi dapat menyebabkan penyakit serius yaitu diabetes. Nah sekalin dapat menyebabkan diabetes gula yang berlebih juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Gula akan merusak kolagen kulit sehingga kekenyalan kulit akan hingga dan kulit akan menjadi kering dan keriput. Hindarilah makanan manis terutama minuman manis seperti minuman bersoda.

11. Minum menggunakan sedotan

Mungkin banyak orang yang tidak tahu jika kebiasaan minum menggunakan sedotan dapat menyebabkan kulit cepat menua. Ketika kita minum menggunakan sedotan, kulit bagian pipi akan mengkerut dan jika hal ini sering terjadi akan menyebabkan muncul garis-garis halus serta keriput yang merupakan tanda-tanda penuaan. Oleh sebab itu hindarilah minum menggunakan sedotan sekarang juga.

Baca juga : Rahasia kulit cantik dan awet muda

12. Kekurangan vitamin dan mineral

Tidak hanya tubuh saja, namun kulit juga membutuhkan vitamin serta mineral. Kekurangan vitamin dan mineral dapat menyababkan kerusakan pada kulit seperti kulit kering, dan keriput. Nah untuk memenuhi nutrisi dan vitamin anda bisa mengkonsumsi buah dan sayuran serta anda juga bisa menggunakan masker wajah dari bahan-bahan alami.

13. Bantal atau sprei

Bantal dan seprei juga dapat menyebabkan kulit cepat menua, sarung bantal atau seprei yang kotor tentunya tak baik untuk kulit sehingga dapat menyebabkan kulit rusak dan keriput. Baiknya anda selalu rajin mencuci sarung bantal dan seprei anda secara berkala untuk menghindari hal tersebut.

14. Diet tak sehat

Diet bertujuan untuk menurunkan berat badan. Namun diet tak sehat selain dapat membahayakan tubuh juga dapat menyebabkan kerupakan pada kulit. Kulit akan menjadi keriput dan tak sehat lagi. Oleh sebab itu jika anda melakukan diet, lakukanlah dengan cara yang benar dan sehat.


Demikianlah informasi tentang penyebab utama kulit wajah menjadi nampak tua. Hindari penyebab tersebut agar kulit anda tetap awet muda dan cantik. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.