Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Bahaya Perokok Pasif Yang Wajib Anda Ketahui

Leni Fauziah

Bahaya Perokok Pasif Yang Wajib Anda Ketahui - Perokok pasif merupakan orang yang tidak merokok secara langsung namun terkena asap rokok atau menghirup asap rokok dari orang-orang yang merokok yang ada disekitarnya. Meskipun tidak ikut merokok, namun perokok pasif ini juga terkena dampak buruknya, justru ada yang bilang dampak buruk perokok pasif 3 kali lipat lebih berbahaya dibandingkan dengan perokok aktif itu sendiri. Makin sering orang terkena asap rokok, makin tinggi pula resiko gangguan kesehatan yang ditimbulkan oleh asap rokok tersebut.

Menurut penelitian ada sekitar 4000 senyawa kimia yang terdapat pada asap tembakau atau asap rokok itu sendiri. Diantaranya adalah nikotin, tar, sianida, benzene, cadmium, metanol, amonia, arsenik dan lain sebagainya. Ketika asap rokok di hembuskan oleh perokok, bukan berarti asap rokok tersebut akan hilang begitu saja, asap rokok tersebut akan bertahan di udara sekitar sekitar 3 jam meskipun hal itu tidak terdeteksi oleh indra pengelihatan atau indra penciuman. Mengaetahui akan hal itu, tentunya kita harus jauh-jauh dari orang yang merok.

Berbicara tentang perokok pasif itu sendiri, ada banyak bahaya atau dampak buruk akibat dari perokok pasif. Nah dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai bahaya perokok pasif yang wajib anda ketahui. Apasaja bahayanya yuk kita simak penjelasan dibawah ini.
Bahaya Perokok Pasif Yang Wajib Anda Ketahui
Bahaya Perokok Pasif Yang Wajib Anda Ketahui

Bahaya perokok pasif bagi kesehatan yang wajib anda ketahui

1. Gangguan pernafasan

Masalah pertama dan yang paling sering dialami oleh perokok aktif maupun pasif adalah gangguan pernafasan. Sebagai contoh adalah sulit bernafas, batuk berkepanjangan, asma, alergi dan lain sebagainya.

Baca juga : Penyebab, gejala dan cara mengobati penyakit asma

2. Kanker paru-paru

Sudah bukan rahasia lagi jika rokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, bahkan hal itu sudah tertulis jelas disetiap bungkus rokok. Namun kanker paru-paru ini tidak hanya beresiko pada perokok aktif saja, perokok pasif juga memiliki resiko sama, justru lebih beresiko perokok pasif. Resiko ini akan terus meningkat hingga 20-30% setiap individunya yang masuk dalam kategori perokok pasif.

3. Serangan jantung dan stroke

Tidak hanya kanker paru-paru saja, rokok juga menyebabkan serangan jantung dan stroke. Setiap asap rokok yang dihirup akan menganggu pembuluh darah dalam tubuh, pembuluh darah akan mengalami penyumbatan dan tak bisa mengalir secara normal keseluruh tubuh. Hal inilah yang meningkatkan resiko serangan jantung maupun stroke.

4. Kematian dini

Di setiap bungkus rokok tertulis jelas jika merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker dan serangan jantung. Rokok juga mengandung banyak sekali zat kimia berbahaya yang dapat merusak kesehatan tubuh dan organ tubuh hingga akhirnya menyebabkan kematian dini atau bisa juga kematian mendadak.

5. Infeksi telinga bagian tengah

Infeksi telinga bagian tengah ini merupakan masalah yang bisa beraibat gangguan pendengaran seumur hidup. Penyakit ini biasanya terjadi pada balita usia 1-2 tahun dikarenakan kondisi lingkungan yang sering terpapar oleh asap rokok. Oleh sebab itu sangat penting untuk menjauhkan anak-anak dari rokok.

6. Mengurangi kadar vitamin dan antioksidan dalam darah

Perokok pasif atau sering menghirup asap rokok dapat mengurangi konsentrasi askorbat, yaitu antioksidan penting di dalam darah, bahkan ketika jumlah asap rokok minimal. Hal ini bisa berdampak buruk, dan bagi anak-anak untuk disarankan mengkonsumsi vitamin C sebagai pengganti antioksidan yang telah hilang tersebut.

7. Keguguran

Bagi ibu hamil, menghirup asap rokok atau perokok pasif dapat menyebabkan keguguran. Oleh sebab itu ibu hamil sangat dilarang merokok ataupun berdekatan dengan perokok.

8. Bayi lahir cacat

Bagi ibu hamil tidak hanya beresiko keguguran saja, namun juga beresiko bayi lahir cacat. Hal ini dikarenakan zat berbahaya yang terkandung dalam asap rokok tersebut.

Tips menghindari asap rokok

- Mengusahakan rumah atau lingkungan bebas rokok dengan melarang anggota keluarga merokok
- Memastikan agar pengunjung rumah atau tamu tidak merokok
- Menjaga jarak dari perokok aktif
- Meminta dengan sopan kepada orang yang bersama anda untuk tidak merokok ketika bersama dengan anda
- Sediakan tempat khusu merokok
- Ketika anda bertemu dengan orang yang sedang merokok ditempat umum, baiknya anda segera menjauh

Demikianlah informasi tentang bahaya perokok pasif bagi kesehatan  yag wajib anda ketahui. Rokok tidak hanya berdampak buruk bagi orang yang merokok saja, namun juga berdampak buruk bagi orang yang ada disekitarnya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.