Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Bahaya Terlalu Sering Mencuci Kulit Wajah

Leni Fauziah

Bahaya Terlalu Sering Mencuci Kulit Wajah - Memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah serta terbebas dari berbagai masalah seperti jerawat, komedo dan lain sebagainya merupakan dambaan semua orang. Untuk mendapatkan kulit yang bersih dan cerah, pastinya kita juga harus rajin mencuci kulit wajah kita agar tehindar dari debu, kotoran dan polusi yang bisa menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan kulit kusam dan berjerawat.

Meskipun mencuci kulit wajah itu baik untuk menjaga kebersihkan kulit wajah, namun jika dilakukan terlalu sering juga bisa berdampak buruk pada kulit wajah. Terlebih jika anda menggunakan sabun saat mencuci kulut wajah, pasti akan membuat kulit wajah menjadi kering, dan iritasi serta rasa kaku dan tidak nyaman pada kulit wajah.
Bahaya Terlalu Sering Mencuci Kulit Wajah
Bahaya Terlalu Sering Mencuci Kulit Wajah

Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan pada kulit wajah akan selalu memproduksi minyak kulit alami yang berguna untuk melumasi kulit wajah dan melindungi kulit wajah, Dengan minyak tersebut kelembaban dan kekenyalan kulit wajah akan terjaga. Namun sebaliknya, jika anda terlalu sering mencuci kulit wajah akan menghilangkan minyak dalam kulit secara keseluruhan, sehingga kulit akan terasa kaku, kering, tidak nyaman, dan tak jarang terasa gatal yang kemudian muncul jerawat dan masalah kulit lainnya.

Lalu berapa kali idealnya kita mencuci kulit wajah kita? Idealnya kita mencuci kulit wajah kita yaitu 5 kali dalam seminggu seperti saat kita sedang berwudhu untuk melakukan solat. Namun semuanya juga tergantung pada jenis kulit masing-masing. Hal ini dikarenakan setiap jenis kulit berbeda-beda. Berikut beberapa jenis kulit dan berapa kali idealnya mencuci kulit wajah.

1. Kulit normal

Kulit normal merupakan kulit yang sehat tanpa ada masalah. Kulit normal ini idelanya anda cuci sebanyak 5 kali atau ketika waktu wudhu. Anda juga bisa menggunakan pembersih kulit atau pelembab kulit untuk menjaga kelembaban serta kecantikan kulit wajah.

2. Kulit berminyak

Kulit berminyak membutuhkan perawatan lebih. Seperti yang telah dijelaskan diatas jika minyak alami pada kulit bermanfaat untuk menjaga kekenyalan kulit dan kelembaban kulit. Namun minyak yang berlebih juga akan menyebabkan kulit menjadi kusam dan berjerawat. Nah bagi anda yang memiliki kulit wajah berminyak, disarankan anda untuk menggunakan sabun khusus kulit wajah ketika mencuci kulit wajah, terutama di pagi dan malam hari. 

3. Kulit kering

Kulit kering juga harus mendapatkan perawatan khusus. Kulit kering akan semakin parah jika terlalu sering di cuci, sehingga menyebabkan kulit pecah-pecah dan terkelupas. Cucilah kulit kering anda dipagi hari dan gunakan pembersih. Pilihlah pelembab khusus untuk kulit kering.

4. Kulit berjerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling sering dialami semua orang terutama kaum remaja. Meskipun kecil, namun jerawat sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasi masalah jerawat, langkah pertama anda harus mengetahu apa yang menjadi penyebab kulit wajah anda berjerawat. Dengan demikian akan lebih mudah bagi anda untuk mengatasi atau melakukan pencegahan. Jangan lupa juga untuk rajin mencuci kulit wajah anda 5 kali dalam sehari atau ketika wudhu.


Demikianlah informasi tentang cara mencuci kulit wajah yang benar. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.