Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Cara Cepat Dan Aman Membersihkan Karang Gigi

Leni Fauziah

Cara Cepat Dan Aman Membersihkan Karang Gigi -  Karang gigi atau plak gigi merupakan kotoran yang menempel pada gigi dalam waktu cukup lama sehingga mengeras dan sangat sulit untuk dibersihkan. Pada dasarnya karang gigi ini merupakan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan tidak dibersihkan dalam waktu yang cukup lama. 

Gigi memiliki banyak sekali celah yang membuat sisa makanan terselip dan mengendap disana hingga akhirnya menjadi karang gigi. Sisa makanan yang terselip pada celah gigi sangat sulit untuk dijangkau dengan sikat gigi, hingga lama-kelamaan menjadi karang gigi.

Karang gigi sangat mengganggu sekali, ya karang gigi selain membuat orang menjadi tidak percaya diri saat berbicara atau tersenyum, karang gigi juga akan menyebabkan berbagai masalah pada gigi seperti gigi berlubang, gigi geser, bau mulut dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan karang gigi menjadi tempat yang nyaman untuk sarang kuman dan bakteri.

Nah sahabat, berbicara tentang karang gigi, kali ini kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara menghilangkan karang gigi dengan cepat dan aman. Namun sebelum kita membahas tentang cara menghilangkan karang gigi, kita kenali dulu penyebab munculnya karang gigi.

Cara Cepat Dan Aman Membersihkan Karang Gigi
Cara Cepat Dan Aman Membersihkan Karang Gigi

Penyebab munculnya karang gigi

Seperti yang telah dijelaskan diatas dimana karang gigi disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dalam waktu yang cukup sehingga mengeras dan membentuk karang. Namun hal itu akan semakin diperparah oleh beberapa hal. Berikut hal yang menjadi penyebab munculnya karang gigi.

- Malas menggosok gigi terutama sebelum tidur
- Kebiasaan merokok
- Sering mengkonsumsi makanan manis seperti kue, coklat, bronis dan lain sebagainya
- Malas berkumur

Baca juga : Penyebab gigi kuning

Cara mengatasi atau membersikan karang gigi

Untuk membersihkan karang gigi anda bisa pergi ke dokter gigi. Dengan bantuan dokter gigi, masalah karang gigi akan dengan cepat untuk diatasi, namun untuk pergi ke dokteri gigi juga dibutuhkan biaya yang tentu tidak sedikit. Namun anda tak perlu khawtir, masih banyak cara menghilangkan karang gigi yang lebih murah bahkan tanpa biaya. Berikut cara alami menghilangkan karang gigi dengan cepat dan murah.

1.  Baking soda dan lemon

Cara paling ampuh dan paling cepat untu menghilangkan karang gigi adalah dengan menggunakan baking soda dan lemon. Kedua bahan alami tersebut bahkan dapat merontokan karang gigi hanya dalam waktu 5 menit. Caranya sangat mudah sekali, anda diamkan baking soda secukupnya dan air perasan jeruk nipis atau lemon. Campurkan kedua bahan hingga berbentuk pasta, lalu gunakan sebagai pasta gigi, sikat gigi anda seperti biasa dengan menggunakan sikat gigi dan pasta baking soda tersebut, sikat selama 5 menit dan diamkan sebentar dan kumur dengan air hingga bersih.

2. Menggunakan kulit jeruk

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan kulit jeruk. Jeruk mampun menghilangkan karang gigi yang menempel pada gigi. Caranya sangat mudah sekali, ambil kulit jeruk, kemudian anda gosokan pada gigi anda secara berulang kali dan lakukan setiap hari. Kulit jeruk juga mengandung vitamin C yang baik sekali untuk gigi anda.

3. Menggunakan pasta gigi khusus

Untuk menghilangkan karang gigi, mungkin anda juga perlu menggunakan pasta gigi khusus. Pasta gigi yang dapat merontokan karang gigi yaitu pasta gigi yang mengandung fluroid, atau tartal control. Kedua zat tersebut sangat ampuh untuk mengatasi karang gigi.

4. Cengkeh

Cengkeh juga bahan alami yang dapat mengatasi atau membersihkan karang gigi. Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali, yaitu anda gosokan cengkeh pada karang gigi secara berulang kali. Setelah itu berkumur hingga bersih.

Baca juga : Manfaat cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan

5. Biji wijen

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan biji wijen. Bijin wijen cukup efektif untuk mengatasi masalah karang gigi. Caranya yaitu kunyahlah segenggam biji wijen, namun jangan anda telan atau anda makan,. Kemudian anda gosok gigi bersamaan dengan biji wijen tadi. Biji wijen akan menjadi scube alami untuk gigi anda sehingga karang gigi akan hilang dan bersih. Lakukan selama kurang lebuh 5 menit setiap hari dan berkumurlah dengan air hingga bersih.

6. Mengkonsumsi apel

Buah apel kaya akan vitamin dan kandung airnya. Buah apel juga dapat membantu kita dalam menghilangkan karang gigi. Buah apel juga dapat membuat gigi menjadi putih dan bersih, Caranya sangat mudah sekali yaitu anda kunyah buah apel, dengan mengunyah buah apel gigi akan menjadi bersih. Hal ini juga berlaku pada buah lainnya seperti tomat, mentimun, jeruk, strowberry,  melon dan lain sebagainnya.

7. Biji asam kawak

Sebelum adanya sikat gigi, orang jawa jaman dulu menggunakan biji asam kawak untuk membersihkan gigi dan juga karang gigi. Biji asam kawak ini memang efektif sekali untuk menghilangkan karang gigi atau plak gigi. Caranya yaitu tumbuk biji asam kawak hingga halus, kemudian anda campurkan dengan sedikit air hangat dan gunakan sebagai pasta gigi. Lakukan secara rutin hingga karang gigi hilang.

8. Flossing

Flossing merupakan cara alternatif untuk menghilangkan karang gigi. Dengan melakukan flossing, maka sisa makanan atau kuman yang menyelip pada celah gigi dapat dibersihkan secara menyeluruh. Anda bisa melakukan flossing dengan menggunakan benang yang anda selipkan pada celah gigi lalu anda tarik maju mundur.

Cara mencegah munculnya karang gigi

- Rajin menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari
- Perbanyak minum air putih
- Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran
- Rajin berkumur, terutama setelah makan
- Rutin pergi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali
- Hindari makanan yang dapat merusak gigi seperti makanan manis, permen dan lain sebagainya
- Hindari rokok 
- Hindari minuman bersoda atau alkohol
- Kurangi dalam mengkonsumsi kopi
Demikianlah informasi tentang cara cepat dan aman membersihkan karang gigi. Karang gigi selain membuat kita menjadi tidak percaya diri juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada gigi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.