Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Daftar Zat Berbahaya Yang terdapat Pada Kosmetik

Leni Fauziah

Daftar Zat Berbahaya Yang terdapat Pada Kosmetik - Pada zaman modern seperti ini bagi wanita kosmtik merupakan kebutuhan utama yang harus selalu dipenuhi, kemanapun wanita perti entah ke kampus, kantor, belanja atau kemapun, kosmetik tak pernah lupa untuk di bawanya. Bahkan tak sedikit wanita yang malu atau tak percaya diri ketika bertemu orang lain tanpa menggunakan make up. 

Mengetahui akan pentingnya kosmtik bagi wanita, kini banyak sekali bermunculan kosmetik di pasaran. Hal inilah yang membuat anda harus lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik untuk perawatan kulit wajah anda. Semakin banyaknya permintaan kosmtik ini kerap dijadikan kesempatan para produksi kosmetik nala untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya dengan mencampurkan zat kimia berbahaya yang tentunya bisa merusak kulit bahkan dapat menyebabkan kanker kulit hingga kematian.

Nah untuk lebih amannya dalam menggunakan kosmetik, pastikan kosmetik yang anda pakai terdaftar dalam Badan POM yaitu badan pengawas obat dan makanan. Belum lama ini badan POM menemukan 977 jenis atau sekitar 595.218 kemasan kosmetik tanpa izin yang beredar dan mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kulit. 

Nah berbicara tentang zat kimia berbahaya yang terdapat pada komestik, kali ini kami akan memberikan  daftar zat berbahaya pada komestik. Berikut daftar zat berbahaya yang terdapat pada kosmetik.
Daftar Zat Berbahaya Yang terdapat Pada Kosmetik
Daftar Zat Berbahaya Yang terdapat Pada Kosmetik

1. Merkuri (Hg)

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata merkuri, ya merkuri merupakan zat berbahaya yang sering di gunakan produsen kosmetik nakal untuk meraup banyak keuntungan. Merkuri banyak di jelaskan di berita pertelevisian tentang dampak bahayanya. Namun meskipun berbahaya, masih banyak saja orang yang menggunakan merkuri sebagai campuran pembuatan kosmetik. Merkuri dapat menyebabkan perubahan warna kulit seperti munculnya bintik hitam pada kulit, alergi, iritasi kulit, kulit terasa panas hingga kerusakan kulit permanen. Penggunaan dalam dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan saraf otak, ginjal hingga kanker.

Baca juga : Pengertian dan bahaya merkuri bagi kesehatan tubuh

2. Timbal (Tb)

Timbal juga merupakan bahan kimia berbahaya yang kerap dicampurkan dalam pembuatan kosmetik. Pada anak-anak timbal dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak serta sistem saraf yang memicu tingkah laku dan belajar serta menurunkan IQ anak, mengganggu pedengaran dan menyebabkan anemia. Sedangkan bagi orang dewasa timbal dapat menyebabkan gangguan saraf pusat, meningkatkan tekanan darah atau hipertensi serta menurunakn fungsi ginjal. Oleh sebab itu penggunaan timbal dalam kosmetik sangat dilarang dan di batasi.

3. Bahan pewarna tekstil

Tak jarang banyak produsen nakal yang menggunakan bahan pewarna tekstil untuk kosmetik seperti lipstik, pemulas kelopak mata dan perona pipi. Bahan pewarna ini sangat berbahaya selain dapat merusak kulit juga dapat menyebankan kerusakan hati.

4. Resorsinol

Resorsinol merupakan zat berbahaya yang juga sering digunakan dalam kosmetik. Resorsinol dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan gangguan sistem imun. Bahaya pemakaian resorsinol pada kulit yang terluka atau teritasi berupa gejala dermatitis, iritasi mata, kulit, tenggorokan, saluran pernafasan, peningkatan detak jantung, dispepsia, hipotermia dan lain sebagainya.

Baca juga : Bahaya mengerikan suntik silikon

5. Coal tar

Coal tar merupakan tar batubara yaitu bahan kimia berbahaya yang biasanya digunakan untuk kosmetik anti ketombe, anti gatal dan lain sebagainya. Bahan kimia ini bersifat carninogenic ketika masuk kedalam kulit dan sangat berbahaya.

6. Butil asetat

Butil asetat merupakan bahan kimia yang sering digunakan dalam kosmetik pembersih dan penghalus kuku. Penggunaan butil asetat secara terus-menerus dapat menyebabkan kulit retak, kering dan pecah-pecah. Selain itu banyak menghirup uap butil asetat dapat menyebabkan pusing.

7. Asam retionat/ retionic acid

Asam retionat/ retionic acid banyak disalah gunakan sebagai kosmetik untuk pengelupasan kulit, mengatasi jerawat, dengan mekanisme kerja pengelupasan kulit. Zat ini berbahaya karena dapat menyebabkan kulit kering, panas terasa terbakar dan teragonik.

8. Hidrokinon

Hidrokinon merupakan zat berbahaya yang sangat dilarang untuk kulit dan rambut, hanya boleh untuk mengeraskan kuku. Namun kenyataan zat ini sering digunakan dalam bahan pembuatan krim pemutih kulit. Penggunaan hidrokinon dalam waktu yang panjang dapat menyebabkan hiperpigmentasi terutama pada daerah kulit yang sering terkena matahari dan menyebabkan kulit menjadi hitam.

9. Partikel nano

Partikel nano seperti khususnya zinc oxide dan titanium dioxide biasanya digunakan dalam krim atau lotion tapir surya. Partikel ini sangat mudah menembus kulit dan merusak otak.

10. Talc

Talc merupakan bahan kimia beracun yang biasa digunakan dalam kosmetik seperti eye shadow, blush, dedoran, sabun dan lain sebagainya. Zat ini bersifat sebagai karsinogen manusia dan diketahi dapat menyebabkan kanker ovarium dan tumor paru-paru.

11. Petrolium distillates

Petrolium distillates  yaitu produk yang berasal dari destilasi minyak bumi. Banyak digunakan dalam kosmetik seperti mascaras, bubuk bau kaki dan lain sebagainya. Sifat dari zat tersebut yaitu carcinogen bagi tubuh manusia.

Demikianlah informasi tentang daftar zat berbahaya yang terdapat pada kosmtik. Untuk mengetahui ciri kosmetik berbahaya, anda bisa membaca artikel "Ciri-ciri krim kulit yang berbahaya". Kosmetik merupakan kebutuhan wajib bagi wanita, namun jangan sampai keinginan untuk tampil cantik menjadi petaka bagi anda. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.