Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Dampak Buruk Dari Kebiasaan Ngemil Bagi Kesehatan

Leni Fauziah

Dampak Buruk Dari Kebiasaan Ngemil Bagi Kesehatan - Ngemil merupakan aktifitas mengkonsumsi makanan ringan yang biasa dilakukan di waktu senggang sambil menonton tv atau ngumpul bersama keluarga. Namun ngemil juga dapat dilakukan pada waktu-waktu sibuk atau sedang sendirian, biasanya hal itu dilakukan oleh orang yang sudah kecanduan ngemil dan biasanya terjadi pada wanita.

Berbicara tentang ngemil, wanita lebih berpotensi memiliki kebiasan mengemil ketimbang pria. Hal ini dikarenakan wanita lebih sering mengalami perubahan mood atau suasana hati, selain itu wanita juga kerap menanggapi sesuatu dengan perasaan yang berlebih, sehingga mengemil merupakan cara yang biasa dipakai wanita untuk meluapkan emosi serta menghilangkan rasa galau.

Meskipun mengemil memiliki dampak positif, namun pakar kesehatan tidak menyarankan seseorang untuk mengemil. Hal ini juga dikarenakan ngemil memiliki dampak buruk, bahkan ngemil memiliki dampak buruk lebih banyak ketimbang dampak positifnya, terlebih saat ini banyak sekali jenis cemilan yang tak sehat seperti gorengan, potato, keripik, roti, dan berbagai snack lainnya yang tidak memiliki nilai gizi namun tinggi kalori dan garam yang tentu kurang baik untuk kesehatan.

Nah sahabat berbicara tentang kebiasaan mengemil, kami akan menjelaskan tentang dampak buruk dari kebiasaan mengemil bagi kesehatan tubuh. Namun kurang adil rasanya jika kita juga tidak membahas dampak positifnya. Berikut dampak positif dan dampak buruk ngemil bagi kesehatan.
Dampak Buruk Dari Kebiasaan Ngemil Bagi Kesehatan
Dampak Buruk Dari Kebiasaan Ngemil Bagi Kesehatan

Dampak positif ngemil bagi kesehatan

Dampak positif dari mengemil adalah bermanfaat untuk memberikan glukosa dalam proses metabolisme yang berlangsung sebelum mengkonsumsi makanan utama atau makanan berat. Ngemil di anjurkan bagi mereka yang memiliki aktifitas berat seperti pekerja buruh pabrik, petani, kuli bangunan, dan pekerjaan berat lainnya. Namun ngemil sangat tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki pekerajaan yang mengandalkan otak seperti pekerja kantoran dan lain sebagainya. 

Dampak negatif dari kebiasaan mengemil

Ada banyak sekali kebiasan negatif akibat dari kebiasaan mengemil. Namun akibat yang paling nyata dan sering terjadi adalah naiknya berat badan yang tak terkendal sehingga menyebabkan obesitas. Nah berikut beberapa dampak negatif dari kebiasaan mengemil.

1. Obesitas atau kelebihan berat badan

Dampak buruk yang pertama dari kebiasaan mengemil adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini bisa kita lihat langsung orang yang memiliki kebiasaan mengemil, kebanyakan mereka memiliki tubuh gemuk dan perut yang buncit. Hal ini akan semakin buruk jika cemilan yang dikonsusmsi adalah cemilan yang tinggi lemak dan kalori seperti gorengan, atau junk food. Jadi bagi anda yang tak ingin tubuh melar atau gemuk, baiknya anda hindari mengemil, terutama di malam hari.

2. Masalah pada pencernaan

Kebiasaan mengemil juga akan menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Sistem pencernaan akan menjadi lambat hingga akhirnya akan terjadi penumpukan lemak dan membuat tubuh menjadi gemuk. Dan jika kebiasaan ngemil dilakukan dimalam hari atau sebelum tidur akan menyebabkan koneksi antara kerongkongan dan perut menjadi mendatar sehingga perut menjadi sering terasa mulas, terutama di malam hari.

3. Masalah pada gigi

Kebiasaan mengemil juga akan menyebabkan masalah pada gigi seperti kerusakan gigi, gigi berlubang, karang gigi dan lain sebagainya. Gigi yang awalnya sudah dibersihkan dengan cara sikat gigi akan kembali kotor karena cemilan, dan cemilan tersebut akan menyelip disela-sela gigi yang menyebabkan sakit gigi, gigi keropos berlubang, muncul karang gigi dan masalah lainnya. Hal itu juga semakin diperparah jika cemilan yang dikonsumsi adalah cemilan manis seperti permin, atau roti.

4. Menyebabkan bau mulut

Tidak hanya masalah gigi saja, namun ngemil juga dapat menyebabkan bau mulut. Mulut yang seharusnya bersih menjadi kotor kembali karena mengemil. Dan pastinya tidak mungkin anda akan terus melakukan sikat gigi berkali-kali selama ngemil.

6. Gizi yang tak seimbang

Kebanyakan cemilan memiliki nilai gizi sangat rendah bahkan tidak memiliki nilai gizi sama sekali, namun mengandung banyak sekali bahan berbaya seperti pengawet, pemanis buatan pewarna makanan, kalori yang tinggi dan kandungan garam yang tinggi. Tentu hal itu tidak baik untuk kesehatan, dan bagi anak hal itu dapat mengganggu pertumbuhan serta perkembangan otak.

7. Pola makan terganggu

Ngemil akan menganggu pola makan, hal itu pasti, karena ketika kita ngemil perut menjadi terasa kenyang dan kita menjadi menunda jam makan yang seharusnya tidak terjadi. Hal jika hal itu terus-terusan terjadi bisa berdampak tidak baik untuk kesehatan serta dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan.

8. Diabetes dan tekanan darah tinggi

Masalah diabetes dan tekanan darah tinggi juga bisa terjadi karena kebiasan mengemil. Cemilan yang kita konsumsi banyak mengandung gula serta garam. Gula dapat menyebabkan diabetes sedangkan garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan jika dibiarkan dapat menyebabkan serangan jantung.


Demikianlah informasi tentang dampak buruk dari kebiasaan mengemil bagi kesehatan. Ngemil memang memiliki dampak positif, namun dampak buruknya jauh lebih banyak, oleh sebab itu para ahli kesehatan menyarankan untuk menghilangkan kebiasaan mengemil, jika memang harus ngemil, pilihlah cemilan yang sehat seperti buah-buahan atau sayuran. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.