Situs Tentang Cara Merawat Kulit Wajah.

Manfaat Dan Bahaya Makanan Berlemak

Leni Fauziah

Manfaat Dan Bahaya Makanan Berlemak - Lemak merupakan hal yang sangat identik dengan kegemukan. Ya benar sekali, jika lemak identik dengan kegemukan, maka makanan berlemak merupakan makanan yang bisa menyebabkan kegemukan. Karena hal inilah banyak orang terutama kaum wanita yang menghindari makanan berlemak agar berat badan tetap ideal dan bentuk tubuh tetap indah.

Nah sahabat berbicara tentang lemak, kali ini kami akan menjelaskan tentang manfaat dan bahaya makanan berlemak. Lemak sendiri merupakan unsur yang dibutuhkan oleh tubuh, lemak memiliki fungsi sebagai unsur yang membantu metabolisme tubuh dari vitamin yang larut di dalam lemak. Lemak dibedakan menjadi 2 yaitu lemak baik dan lemak jahat. Jadi selama ini pandangan orang tentang lemk buruk itu salah, karena lemak baik sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, sedangkan lemak yang menyebabkan kegemukan dan berbagai penyakit lainnya merupakan lemak jahat.
Manfaat Dan Bahaya Makanan Berlemak
Manfaat Dan Bahaya Makanan Berlemak

Lemak baik

Lemak baik merupakan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu lemak tak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda. Lemak baik ini bisa kita dapatkan pada makanan seperti kacag almond, kacang mete, minyak zaitun, minyak kanola, minyak kacang, selai kacang, alpukat, minyak bunga matahari, kacang kedelai, ikan tuna, minyak jagung unggas dan lain sebagainya. Lemak baik memiliki manfaat sebagai berikut.

1. Sebagai persediaan energi didalam tubuh

Lemak dibutuhkan oleh tubuh sebagai simpanan enegi, jadi selain karbohidrat, lemak juga menjadi cadangan energi yang sewaktu-waktu dapat digunakan oleh tubuh kita. 1 gram lemak dapat dirumah menjadi 9 kalori energi. Ketika kita makan berlebih, energi akan di simpan dalam bentuk lemak, dan akan digunakan ketika tubuh membutuhkannya.

2. Mengontrol kolesterol dalam darah

Di dalam tubuh ada 2 jenis lemak yaitu lemak baik atau HDL dan lemak jahat atau LDL. Mengkonsumsi lemka baik akan meningkatkan HDL sehingga dapat mencegah pembentuka plak di dalam pembuluh darah yang dibentuk oleh LDL. Dengan mencegah plak dalam pembuluh darah akan menurunkan resiko penyakit tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.

3. Pelindungi organ dalam

Organ dalam kita selain di lindungi oleh tulang dan rangka juga di lindungi oleh lemak. Hampir semua tubub kita ditutupi oleh lemak baik lemak tipis maupun tebal. Selain itu lemak juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh.

4. Bahan untuk membentuk sel

Membran sel merupakan bagian terluar dari sel yang melindungi sel. Membran ini di bentuk oleh lapisan lemak, jadi lemak sangat penting untuk membangun atau membentu sel.

5. Meningkatkan kesuburan

Lemak merupakan bahan utama untuk mensistensis berbagai hormon termasuk hormon kewanitaan. Wanita yang memiliki berat badan ideal dan sudah memasuki usia puber akan memiliki siklus menstruasi yangb teratur dibanding dengan wanita yang memiliki berat badan atau lemak yang kurang.

6. Transportasi dan penyerapan vitamin

Seperti yang telah di singgung diatasi, dimana vitamin akan larut di dalam lemak. Lemak akan menyerap vitamin untuk difungsikan pada tubuh.

7. Manfaat lainnya

Manfaat lainnya dari lemak adalah mengurangi peradangan dalam tubub kita, menyeimbangkan denyut nadi, menjaga jantung, otak sistem saraf dan lain sebagainya.

Lemak jahat

Lemak jahat merupakan lemak yang menyebabkan gangguan kesehatan. Lemak ini dibedakan menjadi 3 yaitu lemak jenuh, lemak cis dan lemak trans. Kebanyakan lemak ini ditemukan pada makanan seperti permen, minyak sayur, semua jenis gorengan, makanan kemasan, makanan cepat saji, daging merah,es krim, keju, tepung terigu dan lain sebagainya. Berikut bahaya terlalu banyak lemak jahat di dalam tubuh.

Baca juga : Cara cepat menurunkan asam lambung

1. Obesitas atau kegemukan

Sudah bukan rahasia lagi kelebihan lemak di dalam tubuh dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan. Obesitas ini selain dapat merusak penamilan juga dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti diabetes hingga serangan jantung.

2. Kolesterol yang tinggi

Mengkonsumsi makanan berlebih yang berlebih dapat menyebabkan kolesterol naik, tentu keadaan ini tidak baik untuk tubuh kita. Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kerusakan arteri, penumpukan plak pada pembuluh darah, penyimpitan pembuluh darah hingga akhirnya mengancam kesehatan jantung kita. 

3. Kerusakan dinding arteri dan tekanan darah tinggi

Sudah bukan rahasia lagi jika makanan berlemak dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kerusakan pada dinding arteri. Hal ini akan memberikan efek buruk bagi kesehatan jantung. Jika terjadi kerusakan pada arteri juga dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan juga ginjal. Kolesterol yang tinggi akan menekan arteri yang akan menyebabkan kerusakan pada arteri seperti pendarahan arteri atau penumpukan plak pada arteri. Jika hal ini terus dibiarkan dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah yang mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

Baca juga : Penyebab dan cara menurunkan tekanan darah tinggi

4. Serangan jantung dan stroke

Keadaan terburuk dari kelebihan makana berelemak adalah terserang penyakit jantung atau stroke. Ya lemak jahat yang menumpul di dalam tubuh akan menyumbat arteri hingga menyebabkan tekanan darah tinggi serta kolsterol dan jika terus dibiarkan akan menyebabkan serangan jantung, stroke hingga kematian mendadak.

5. Meningkatkan resiko kanker

Pola makan yang buruk seperti terlalu banyak mengkonsumsi makan berlemak dapat berpotensi terserang kanker. Berbagai jenis kanker yang sering terjadi karena lemak yang berlebih adalah kanker usus, kanker empedu, ginjal dan berbagai jenis kanker lainnya.

6. Kerusakan otak

Lemak yang berlebih juga akan menyebabkan kerusakan pada otak. Hal ini pula yang menyebabkan kenapa orang gemuk biasanya bodoh. Kandungan lemak jenuh dapat merusak bagian hipotalamus yaitu bagian otak yang mengatur keseimbangan energi. 

7. Sembelit

Makanan berlemak yang berlebih juga menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit. Makanan berlemak membutuhkan waktu lebih lama untuk di cerna di dalam tubuh, hingga terkadang organ lambung tidak bisa kosong sepenuhnya. 

Cara menurunkan lemak di dalam tubuh

- Olah raga secara teratur
- Diet sehat
- Hindari makanan belemak dan makanan cepat saji
- Hindari rokok dan alkoho
- Makan secara teratur sesuai jadwal


Demikianlah informasi tentang manfaat dan bahaya dari makanan berlemak. Dari semua jenis lemak, lemak trans merupakan lemak yang paling berbahaya karena lemak tersebut yang menyebabkan tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, kanker dan kematian mendadak. Lemak tersebut terdapat pada daging merah seperti daging kambing. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.